• Home
  • Blog
  • Kunyit
  • Daftar Lengkap Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Anda: Bagian 1

Daftar Lengkap Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Anda: Bagian 1


By Cindy Wijaya

Siapa yang tidak mengenal kunyit? Anda juga pasti sudah cukup familiar dengan kunyit sebagai salah satu herbal yang banyak dimanfaatkan dalam sejumlah pengobatan tradisional. Mungkin ulasan ini sudah beberapa kali Anda jumpai dalam sumber lainnya. Namun kami akan mencoba mengupas mengenai manfaat kunyit dengan lebih mendalam.

Artikel ini mengupas manfaat kunyit dengan lebih lengkap sesuai dengan sejumlah riset terbaru yang dikembangkan terkait dengan manfaat kunyit. Apa saja sebenarnya manfaat kunyit bagi kesehatan Anda? Berikut ini daftar lengkapnya.

1. Sebagai anti inflamasi

Dalam WebMD, secara resmi diakui manfaat kunyit sebagai anti inflamasi. Ini berkat kandungan kurkumin dalam kunyit yang memang memiliki peran anti inflamasi. Ini dibuktikan dalam jurnal Thorne Research tahun 2009, Anti-inflammatory properties of kurkumin, a major constituent of Curcuma longa: a review of preclinical and clinical research.

Dikatakan bahwa kurkumin memiliki peran memblokade molekul NF-kB yang memiliki peran dalam proses pembentukan inflamasi pada tingkat sel. Ini membuat mengasup dan pengaplikasian kunyit secaral topikal pada luka membantu mengatasi peradangan, pembengkakan, dan penimbunan sel darah putih berlebihan.

Kunyit juga bekerja sebagai antiseptik. Sifatnya cukup aktif dalam melawan serangan bakteri dan anti kuman. Sehingga akan membantu mempercepat penyembuhan inflamasi secara tuntas. Sifatnya sebagai astringent juga berperan menenangkan dan meredam peradangan.

2. Membantu mengatasi keluhan pencernaan

Sejak lama kunyit sudah dimanfaatkan secara tradisional sebagai terapi tradisional dalam sejumlah keluhan pencernaan. Sebuah study yang diungkap dalam laman Whfoods membuktikan bahwa kunyit memiliki peran dalam membantu penyembuhan keluhan pencernaan seperti crohn Disease, peradangan pada lambung, kenaikan asam lambung, peradangan pada usus 12 jari dan jenis peradangan pencernaan lain.

Kinerja kunyit pada sistem pencernaan cukup kompleks. Selain kemampuannya sebagai anti inflamasi yang akan membantu meredakan peradangan dan iritasi pada pencernaan, kunyit juga membantu menstimulasi produksi enzim-enzim pencernaan, mengendalikan produksi asam lambung berlebih dan membantu menstimulasi proses regenerasi sel pada dinding usus yang rusak akibat peradangan.

3. Sebagai antioksidan

Kunyit adalah salah satu sumber antioksidan dengan kemampuan yang paling kuat. Bahkan sejumlah pakar menyarankan untuk tidak mengonsumsi kunyit dengan jenis obat medis kecuali dengan jarak setidaknya 1 jam karena kunyit akan menurunkan manfaat dari obat medis tadi.

Kemampuan kunyit dalam meningkatkan kadar antioksidan tubuh berasal dari tiga sumber. Dari kandungan anti oksidan di dalam kunyit itu sendiri dan dari kemampuannya untuk menstimulasi produksi enzim yang meningkatkan kinerja hati dalam menetralkan racun. Juga dari kemampuannya mendorong terbentuknya enzim anti oksidan alami.

Dalam sejumlah riset juga dibuktikan kinerja kurkumin dalam membantu proses netralisasi merkuri. Juga kemampuannya menekan produksi senyawa HCA, salah satu residu dari daging yang memicu sejumlah masalah kesehatan karena sifat karsinogennya. Kunyit juga membantu meningkatkan penyerapan anti oksidan lain seperti antosianin dan betakaroten.

4. Membantu mengendalikan kadar gula darah

Salah satu pemicu terjadinya peningkatan gula darah adalah produksi insulin yang tidak sesuai dengan jumlah asupan gula dalam tubuh. Atau justru akibat dari menurunnya produksi insulin. Dan kunyit rupanya megandung tumerone yang memiliki peran untuk menstimulasi produksi insulin.

Selain membantu mendorong produksi insulin, ternyata kunyit justru memperbaiki struktur dan kinerja sel sehingga memperbaiki daya serap sel akan gula serta memperbaiki masalah resistensi sel terhadap insulin.

Sifat anti inflamasi yang terkandung di dalam manfaat kunyit juga bekerja baik untuk mengatasi peradangan yang berkolerasi dengan diabetes. Sejumlah kasus diabetes mengarah pada peradangan berat dan gangren. Ada peran kunyit terhadap percepatan perbaikan sel dan kesembuhan peradangan sehingga mencegah luka berkembang menjadi gangren.

5. Membantu mencegah kanker

Sejumlah riset dikembangkan dan menemukan adanya peran kunyit untuk membantu mencegah pembentukan sel kanker. Dalam sejumlah riset dikatakan peran kunyit relatif sangat besar dalam mengatasi pembentukan sejumlah sel pra-kanker sebelum berkembang lebih jauh menjadi kanker.

Dalam laman authoritynutrition dijelaskan adanya kesinambungan antara kembang kol dengan kunyit yang akan sangat membantu pencegahan kanker prostat, Juga bekerja mencegah pembentukan kanker payudara, mencegah pembengkakan pada sel-sel kelenjar payudara. Juga mencegah pembentukan melanoma dan mendorong sel melanoma dalam ukuran kecil untuk mati dan mengering.

Dalam riset lain dikatakan kunyit memiliki peran dalam membantu mencegah terjadinya metastasis sel kanker pada tikus. Di tengarai kemampuan ini juga sama efektifnya pada pasien manusia.

Sejumlah senyawa dalam kunyit terbukti juga mencegah kerusakan sel darah, membantu menjaga sistem produksi sel darah yang akan mencegah terjadinya leukemia dan beberapa sindrom berkaitan dengan kerusakan sel darah lain.

Setidaknya terjadi penurunan resiko kanker mencapai lebih dari 15% pada mereka yang rutin mengonsumsi kunyit dengan rutin selama 6 bulan. Kemampuannya sebagai anti oksidan juga membantu kunyit mencegah oksidasi sel yang dapat mengacu pada pembentukan sel pra kanker. Kunyit diklaim juga berperan pada pembentukan kanker kolon, kanker oral, kanker serviks, dan jenis kanker lainnya.

6. Meredakan keluhan asam urat, reumatik, dan sakit tulang belakang

Kemampuan kunyit sebagai anti inflamasi memiliki peran besar dalam membantu mengatasi kerusakan dan peradangan sendi pada kasus asam urat, reumaik dan sakit tulang belakang. Kunyit mendorong pembentukan regenerasi sel sehingga membantu penyembuhan persendian dan otot.

Selain itu, kunyit mengandung kemampuan analgesik sehingga setidaknya dalam jangka pendek membantu meredakan keluhan nyeri sendi yang terjadi. Yang menarik, bila sebagian senyawa analgesik memberi beban berat pada sistem pencernaan, maka analgesik alami satu ini justru membantu kinerja pencernaan.

Kunyit sendiri membantu mengendalikan kelebihan asam urat pada persendian yang menjadi salah satu pemicu utama kerusakan pada sendi. Kunyit juga membantu memperbaiki fungsi hati dan ginjal dalam membuang lebih banyak purin dari dalam aliran darah. Sebagaimana diketahui purin adalah residu protein tertentu yang menjadi pemicu terjadinya produksi asam urat berlebihan pada sendi.

Begitu luar biasanya khasiat kunyit yang dijabarkan di artikel ini berkat kandungan-kandungan yang dimiliki kunyit. Efek maksimal dari khasiat-khasiat tersebut didapatkan dari ekstrak kunyit yang sebagian besarnya terdiri dari kandungan kurkumin.

Masih banyak informasi mengenai manfaat kunyit yang tidak boleh Anda lewatkan. Dan karenanya Anda bisa mengikuti kelanjutan dari informasi manfaat kunyit untuk kesehatan ini dalam bahasan artikel yang selanjutnya: Daftar Lengkap Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Anda—Bagian 2.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}