Kesehatan Jantung: Sumber Kehidupan


By Cindy Wijaya

Sakit jantung merupakan pembunuh manusia nomor satu di dunia ini, kematian mendadak seringkali terjadi. Oleh karena itu Anda harus menjaga sumber kehidupan ini agar senantiasa sehat, sehingga Anda dapat hidup dengan umur yang lebih panjang. Pada kesempatan artikel bertopik kesehatan kali ini, kesehatan jantung akan menjadi pokok pembahasan. Mari baca selengkapnya.

Beragam penelitian sudah dilakukan oleh ahli medis dengan tujuan mengenai gejala awal dari seseorang yang terkena serangan penyakit jantung, mulai bayi, remaja muda hingga orang dewasa serta orang tua. Beragam penelitian terkait gejala yang umum timbul tersebut sudah tentu membuat cukup banyak orang lebih waspada ketika memperhatikan adanya pola perubahan di tubuh, di mana itu mungkin saja adalah gejala beragam kemungkinan penyakit, termasuk kemungkinan terkena penyakit jantung.

Ciri-Ciri Terserang Penyakit Jantung

Supaya tak diberikan penanganan terlalu terlambat, yang meningkatkan resiko seseorang kehilangan nyawa, maka sebaiknya Anda mengetahui ciri-ciri apa saja yang terlihat jika seseorang terserang penyakit jantung.

  • Sakit di bagian kepala

    Sakit di bagian kepala akan terasa, khususnya apabila Anda terkena sinar matahari. Ini merupakan salah satu tanda seseorang memiliki masalah berkaitan dengan organ jantung mereka. Kondisi ini memungkinkan denyut jantung orang tersebut menjadi semakin lambat, tetapi juga bisa menjadi lebih cepat. Untuk seorang wanita, wajib waspada apabila mengalami migrain tiba-tiba, sebab berdasarkan penelitian disebutkan jika penyakit jantung dapat terjadi dikarenakan efek dari penyimpanan sirkulasi darah.

  • Sesak nafas

    Ciri yang berikutnya yaitu sesak nafas. Apabila seseorang sesak nafas, itu dapat disebabkan karena pembuluh darah menghambat aliran darah. Di mana seharusnya aliran darah tersebut didistribusikan menuju seluruh tubuh yang bisa mengakibatkan tak teraturnya denyut jantung, penebalan katup dan otot jantung yang telah mengalami kelainan.

  • Mudah lelah

    Ciri fisik berikutnya yang akan sangat terasa penderita sakit jantung akan merasa mudah lelah. Walaupun orang tersebut sebenarnya baru saja bangun tidur, tetapi tetap terasa lelah. Itu tanda ada yang tidak beres dengan jantungnya. Juga, walaupun tak melakukan aktivitas yang membutuhkan tenaga, tetapi rasa lelah tetap menerjang. Apabila ini yang terjadi, maka sesegera mungkin berkonsultasi ke dokter. Cek untuk memastikan kesehatan jantung Anda, jangan tunggu parah.

Baca Juga:  Pijat Refleksi Jantung, Pengobatan Inovatif untuk Memerangi Penyakit Jantung

Bahan-Bahan Alami untuk Kesehatan Jantung

Sekarang yang tak kalah penting, makanan yang Anda konsumsi. Makanan memang memegang 90% peranan terkait kesehatan jantung Anda. Apabila Anda mengkonsumsi makanan yang salah, yang mengandung kolesterol jahat tinggi terlalu sering, resiko terserang penyakit jantung pun aka meningkat. Lalu makanan apa sajakah yang baik untuk kesehatan jantung seseorang?

Bahan dasar susu

Makanan dengan bahan dasar susu merupakan makanan yang bagus bagi jantung. Contoh makanan lainnya yaitu tahu, keju, kubis dan brokoli. Alasan mengapa makanan berbahan dasar susu ini baik karena makanan tersebut kaya kalsium, jadi memiliki peran yang bagus dalam menstabilkan denyut jantung.

Kandungan kalium tinggi

Jenis makanan lain yang bagus untuk kesehatan jantung adalah makanan dengan kandungan kalium yang tinggi. Denyut jantung dapat menjadi stabil apabila kebutuhan tubuh akan kalium terpenuhi. Contoh makanan ini yaitu buah jeruk, pisang, alpukat dan juga tomat. Juga makanan-makanan seperti kacang kedelai, air kelapa dan ikan salmon juga sama-sama memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi.

Sekian tentang artikel seputar kesehatan jantung. Jantung adalah salah satu sumber utama kehidupan yang Anda nikmati, jadi masuk akal apabila Anda sebisa mungkin mengupayakan jantung tetap sehat dan kuat.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}