Blog Herbal No. 1 Indonesia

Kenapa Tiba-Tiba Pandangan Mata Kabur?


By Cindy Wijaya

Pandangan mata kabur dan berbayang dapat dialami oleh siapa pun. Masalah apapun pada salah satu bagian mata kita, seperti pada korena, retina, atau saraf optik, bisa menjadi penyebab mata kabur dan berbayang.

Jika pandangan mata secara perlahan menjadi kabur seiring waktu, itu biasanya disebabkan oleh suatu masalah kesehatan jangka panjang. Tetapi penyebab kenapa tiba-tiba pandangan mata kabur biasanya disebabkan oleh suatu masalah yang terjadi saat itu.

Dalam artikel ini akan dijelaskan sejumlah kemungkinan penyebab pandangan mata tiba-tiba berbayang.

Penyebab Mata Kabur dan Berbayang Tiba-Tiba yang Umum

Mengalami pandangan mata kabur dan berbayang bisa membuat kita sulit untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Meski tiba semua penyebabnya berbahaya, tapi ada yang memang butuh diperiksa dan ditangani oleh dokter.

Berikut adalah sejumlah penyebab mata tiba-tiba berbayang yang umum terjadi. (Sumber: artikel “What causes sudden blurry vision?” oleh All About Vision)

Mata Tegang:

Ketegangan pada mata sering menjadi penyebab kenapa tiba-tiba pandangan mata kabur, terutama kalau kita menghabiskan banyak waktu menatap layar dan perangkat elektronik. Penyebab mata tegang lainnya adalah membaca dan menyetir, khususnya di malam hari dan dalam cuaca buruk.

Katarak:

Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata yang bisa berkembang seiring menuanya usia, yang pada akhirnya menjadi penyebab kenapa tiba-tiba pandangan mata kabur. Katarak juga bisa menyebabkan rabun senja, yaitu mata tidak bisa beradaptasi dengan kondisi cahaya rendah, seperti pada malam hari.

Abrasi Kornea:

Abrasi kornea, atau kornea yang tergores, cukup umum terjadi dan bisa karena benda asing (pasir, debu, make up, dll) yang menyentuh atau masuk ke mata. Untungnya kondisi ini biasanya sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Migrain Visual:

Migrain visual (disebut juga migrain aura) adalah sakit kepala yang disertai dengan pandangan mata kabur dan berbayang. Migrain visual bisa terjadi secara tiba-tiba dan memengaruhi pandangan Anda, lalu menghilang dalam waktu 30 menit. Kadang-kadang gejala pada penglihatan terjadi tanpa adanya sakit kepala.

Jika Anda mengalami bintik-bintik buta, segera periksa ke dokter mata untuk memastikan apakah ada kondisi yang mendasarinya, seperti ablasi retina.

Ablasi Retina:

Ablasi retina, atau retina lepas, terjadi ketika retina peka cahaya terlepas dari bagian belakang mata. Jika tidak diobati, kondisi ini bisa terus memburuk dan menyebabkan hilangnya penglihatan secara permanen.

Biasanya kondisi ini terjadi akibat penuaan atau cedera, tapi juga bisa karena komplikasi diabetes. Saat mengalami ablasi retina, Anda mungkin melihat seperti ada cahaya berkedip atau floater di mata, yang kadang gelap atau hitam.

Anda mungkin juga mengalami adanya area penglihatan yang kabur atau tidak ada (bintik-bintik buta), kadang-kadang digambarkan seperti tirai yang menutupi penglihatan. Segeralah periksa ke dokter jika mengalami gejala-gejala seperti itu.

Penyebab Mata Kabur dan Berbayang Tiba-Tiba yang Berbahaya

Sering kali penyebab kenapa tiba-tiba pandangan mata kabur tidaklah serius. Namun kadang masalah penglihatan ini bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan yang cukup serius dan membutuhkan pertolongan medis secepatnya.

Stroke:

Stroke bisa menyebabkan pandangan mata tiba-tiba berbayang. Tanda-tanda lain dari stroke yang harus diwaspadai adalah pusing, kehilangan keseimbangan, bicara cadel, lemas atua mati rasa di satu tangan, mata berkedut, dan wajah terkulai.

Stroke Ringan:

Stroke ringan, atau serangan iskemik transien, mirip dengan serangan stroke, namun gejala-gejalanya berlangsung dalam waktu singkat. Serangan iskemik transien adalah tanda peringanan dari serangan stroke yang akan datang.

Diabetes:

Anda mungkin mengalami pandangan mata tiba-tiba berbayang dan kabur, atau bercak-bercak kehilangan penglihatan tanpa menyadarinya. Penting untuk melakukan pemeriksaan mata secara menyeluruh setiap tahun untuk mengetahui kondisi ini lebih awal sebelum kerusakan terjadi.

Neuritis Optik:

Ini adalah peradangan pada saraf optik yang menyebabkan pandangan mata kabur dan berbayang, menjadi abu-abu atau redup, dan seringnya hanya terjadi pada satu mata. Jika saraf optik meradang, itu merusak selubung pelindung (myelin) yang mengelilingi saraf.

Beberapa gejala pada penglihatan akibat neuritis optik yaitu bintik-bintik buta, pandangan kabur, kehilangan penglihatan, dan pandangan terdistorsi (berubah bentuk). Kondisi ini biasanya merupakan reaksi autoimun atau tanda multiple sclerosis.

Degenerasi Makula Basah:

Kondisi ini disebabkan oleh kebocoran pada pembuluh darah di retina. Gejala awalnya termasuk pandangan mata kabur atau terdistorsi yang tidak biasa. Terdapat perawatan laser yang dapat memperlambat kehilangan penglihatan akibat kondisi ini, tapi tidak bisa memulihkan penglihatan sepenuhnya.

Konjungtivitis (Mata Merah):

Kondisi ini biasanya akan pulih dengan sendirinya, tapi pengobatan dengan obat antibiotik atau antivirus seringnya bisa mempercepat pemulihan dan mengurangi risiko penularannya.

Kesimpulan tentang Kenapa Tiba-Tiba Pandangan Mata Kabur

Sering kali penyebab mata tiba-tiba berbayang tidaklah serius dan bisa pulih dengan sendirinya. Tapi kadang penyebabnya adalah masalah kesehatan yang cukup serius dan butuh ditangani oleh dokter.

Karena itu, kalau Anda mengalami perubahan penglihatan secara tiba-tiba, sakit mata, penglihatan berkurang pada satu mata, atau gejala apapun dari masalah penglihatan yang serius, segera periksa ke dokter. Jangan pernah mencoba mengobati kondisi Anda sendiri tanpa konsultasi dengan dokter.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang penyebab pandangan mata tiba-tiba berbayang. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}