Bagikan Artikel Ini:

Terakhir Diedit:

Apakah Anda salah seorang pengguna softlens? Mungkin Anda hampir setiap hari dan sepanjang hari menggunakan lensa kontak sebagai ganti kacamata untuk bisa melihat dengan jelas. Jika demikian, sudah seharusnya Anda mengetahui cara memakai softlens yang aman agar kesehatan mata tidak terganggu.

Hal yang paling pertama harus diingat oleh para pengguna softlens ialah sering-sering menggantinya meskipun Anda tidak mengenakannya setiap hari. Misalnya apabila softlens yang Anda miliki hanya untuk sekalai pakai, buanglah setelah Anda memakainya sekali, meski kelihatannya masih bersih/bagus. Ini dapat sangat mengurangi risiko terkena infeksi mata.

Sebelum Anda menyentuh softlens, entah untuk memasukkan atau mengeluarkannya dari mata, selalu cuci tangan terlebih dahulu. Lalu keringkan tangan agar softlens tidak menempel ke tangan. Jika Anda hendak memakai pelembap kulit, pakailah setelah kontak lens terpasang di mata supaya lotion tidak menempel di softlens.

Untuk cara memakai softlens, gunakan jari telunjuk untuk mengambilnya dari tempatnya lalu letakkan ke telapak tangan. Bilas dengan cairan yang direkomendasikan oleh dokter mata Anda kemudian taruh softlens di ujung jari telunjuk. Tarik kelopak mata bawah dengan jari tengah tangan yang sama dan tahan kelopak mata atas dengan tangan lainnya. Dengan lembut letakkan softlens langsung ke bagian iris mata. Berkediplah setelah terpasang.

Untuk melepaskan softlens, tarik kelopak mata bawah Anda dan arahkan pandangan mata ke atas atau samping dan dengan lembut geser softlens ke bagian putih mata dengan telunjuk. Kemudian gunakan telunjuk dan jempol untuk secara perlahan mencubit softlens untuk menariknya.

Ada banyak cara untuk membersihkan softlens. Larutan bilas serbaguna memungkinkan Anda membersihkan, membilas, mensterilkan, dan menyimpan softlens. Ada yang mengklaim bahwa hanya dengan membilas softlens saja sudah cukup bersih, tapi para ahli menyarankan agar softlens digosok supaya lebih bersih. Dan jangan gunakan larutan hidrogen peroksida untuk membilas softlens.

Baca juga  Cara Menggunakan Lensa Kontak yang Tepat!

Jangan gunakan air biasa untuk membersihkan lensa jika kehabisan larutan pembersih. Air terkadang mengandung mikroba berbahaya yang bisa menyebabkan infeksi mata serius. Ini juga alasannya kenapa Anda dilarang mandi saat menggunakan softlens. Dan jangan pernah berpikir untuk membersihkan softlens dengan air liur.

Ingatlah untuk membersihkan tempat softlens dengan hati-hati. Anda harus membilasnya setidaknya setiap malam dengan larutan disinfektan. Usap tempat softlens dengan tisu dan biarkan sampai mengering agar bakteri-bakteri tidak menempel. Ganti tempat softlens setiap 3 bulan atau lebih sering sesuai kebutuhan.

Apabila Softlens Menimbulkan Ketidaknyamanan

Biasanya ketidaknyamanan timbul jika ada sesuatu di bawahnya atau dipakai terbalik. Untuk mengatasinya, ambil lensa dari mata dan bilas dengan larutan bilas untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Sebelum memakainya, lihat softlens dari samping. Jika ada tanda di pinggirannya dan Anda bisa membacanya, softlens tidak terbalik. Posisi lensa yang benar bentuknya seperti “U” bukan “V”. Jika ketidaknyamanan tidak juga hilang, berkonsultasilah dengan dokter mata.

Beginilah cara memakai softlens yang aman. Sebaiknya Anda tetap memiliki kacamata dan mengenakannya sesekali ketika mata jadi lelah atau terjadi sesuatu yang bikin Anda tidak bisa pakai softlens.

Cindy Wijaya

Cindy sudah menulis beragam artikel kesehatan sejak tahun 2014. Senang meriset serta berbagi tentang berbagai topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Saat ini bekerja sebagai penulis dan editor untuk Deherba.com. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.