10 Tips Mengatasi Mata Lelah Karena Komputer dan Gadget


By Cindy Wijaya

Maureen
rIBUAN SuDAH KAMI BANTU
lawan penyakit dengan herbal YG TEPAT!

Jika Anda lama bekerja dengan komputer, HP, atau gadget lain, kemungkinan Anda pernah mengalami kondisi mata lelah. Ini dicirikan dengan rasa lelah dan tidak nyaman di mata, mata terasa kering, sakit kepala, penglihatan buram, dan kadang juga disertai sakit di leher dan bahu. Bagaimana cara mengatasi mata lelah?

Dalam dunia yang serba teknologi sekarang, sulit untuk menghindari penggunaan layar gadget. Karena itu kondisi mata lelah menjadi masalah yang sangat sering dialami orang-orang masa kini.

Meski begitu ada berbagai tips yang bisa Anda terapkan untuk membantu mencegah dan mengatasi mata lelah karena komputer, HP, dan gadget lain.

Tips Mengatasi Mata Lelah Karena Layar Komputer & Gadget

Cobalah terapkan 10 tips mudah ini untuk mengurangi lelah, tegang, dan gejala-gejala lain yang ditimbulkan oleh kondisi mata lelah karena komputer dan gadget:

Gunakan Pencahayaan yang Benar

Penyebab mata lelah sering kali akibat cahaya yang terlalu terang dari sinar matahari luar ruangan yang masuk melalui jendela atau dari pencahayaan dalam ruangan yang kuat.

Saat Anda menggunakan komputer, pencahayaan di sekitar harus setengah terang dari yang biasanya pada kebanyakan kantor.

Hambat cahaya dari luar ruangan dengan menutup tirai. Kurangi pencahayaan dalam ruangan dengan menggunakan lebih sedikit lampu, atau gunakan bola lampu yang lebih redup.

Juga, jika mungkin, posisikan layar komputer sehingga jendela berada di samping bukan di depan atau di belakangnya.

Banyak penggunan komputer merasa dapat mengatasi mata lelah mereka jika menghindari bekerja di bawah lampu pendar (fluorescent). Jika memungkinkan, matikan lampu pendar di atas kepala Anda dan gunakan lampu lantai yang punya pencahayaan LED “putih lembut” yang tidak langsung.

Kadang-kadang beralih ke pencahayaan pendar “spektrum penuh” yang lebih mendekati spektrum cahaya yang dipancarkan sinar matahari dapat lebih nyaman untuk pekerjaan komputer daripada tabung pendar biasa. Tapi bahkan pencahayaan spektrum penuh dapat menimbulkan ketidaknyamanan kalau terlalu terang.

Coba kurangi jumlah tabung lampu pendar yang dipasang di atas ruang kerja komputer Anda jika Anda merasa tidak nyaman dengan pencahayaan di atas kepala.

Minimalkan Silau

Silau akibat cahaya yang memantul dari dinding dan permukaan benda, juga pantulan dari layar gadget juga bisa menyebabkan mata lelah karena gadget. Pertimbangkan untuk memasang layar anti-silau (anti-glare) pada layar Anda.

Jika memungkinkan, cat dinding yang berwarna putih cerah dengan warna yang lebih gelap lalu dilapisi matte (yang tidak memantulkan cahaya).

Jika Anda memakai kacamata, belilah lensa yang punya lapisan anti-reflective (AR). Lapisan AR mengurangi silau dengan cara meminimalkan jumlah cahaya yang terpantul dari permukaan depan dan belakang lensa kacamata Anda. Ini membantu untuk mengatasi mata lelah karena hp, komputer, atau gadget lainnya.

Ganti Layar Monitor

Gantilah layar monitor model tabung lama (disebut cathode ray tube atau CRT) dengan layar LED panel datar yang punya permukaan anti-reflective.

Layar monitor CRT dapat menimbulkan gambar “berkedip”, yang merupakan penyebab utama mata lelah karena komputer. Sekalipun kedipan itu tidak terlihat, itu tetap dapat menyebabkan mata lelah dan tegang selama bekerja depan komputer.

Masalah mata akibat kedipan itu lebih rentan lagi jika kecepatan refresh monitor Anda kurang dari 75 Hz. Jika Anda terpaksa menggunakan monitor CRT di tempat kerja, sesuaikan pengaturan tampilan ke kecepatan refresh setinggi mungkin.

Kalau Anda sanggup mengganti ke layar LED, pilihlah yang punya resolusi setinggi mungkin. Resolusi terkait dengan “titik pitch” pada layar. Umumnya, layar dengan titik pitch rendah memiliki gambar yang lebih tajam. Pilih layar dengan titik pitch 0,28 mm atau lebih kecil.

Selain itu, pilihlah layar yang ukurannya cukup besar. Untuk komputer desktop, pilih layar yang punya ukuran diagonal minimal 19 inci.

Atur Tampilan Layar Anda

Menyesuaikan pengaturan layar dapat membantu mengatasi mata lelah karena gadget. Pada umumnya pengaturan seperti ini yang dapat membantu:

  • Kecerahan (brightness): Atur kecerahan layar sampai kira-kira sama dengan kecerahan ruang kerja di sekitar Anda. Untuk mengecek, lihat latar belakang putih dari laman web ini. Kalau terlihat seperti melihat cahaya dari sumbernya langsung (lampu, matahari, dsb), berarti terlalu terang. Kalau terlihat kusam dan abu-abu, mungkin itu terlalu gelap.
  • Ukuran dan kontras teks (text size and contrast): Atur ukuran teks dan kontras sampai mata merasa nyaman, terutama saat membaca atau membuat dokumen panjang. Biasanya, teks warna hitam dengan latar belakang putih adalah kombinasi terbaik untuk kenyamanan.
  • Temperatur warna (color temperature): Ini menggambarkan spektrum cahaya tampak yang dipancarkan oleh tampilan warna di layar. Cahaya biru lebih bisa menyebabkan mata lelah daripada cahaya oranye dan merah. Kurangi temperatur warna layar Anda untuk mengurangi jumlah cahaya biru yang dipancarkan oleh warna di layar untuk kenyamanan jangka panjang.

Berkedip Lebih Sering

Berkedip sangat penting saat bekerja dengan komputer dan gadget apapun. Berkedip akan melembapkan mata untuk mencegah mata kering dan iritasi.

Menurut penelitian, orang-orang lebih jarang berkedip saat menatap layar gadget—hanya sepertiga dari biasanya—dan banyak kedipan yang dilakukan selama bekerja depan komputer hanya berkedip sebagian.

Air mata yang melapisi mata menguap lebih cepat jika terlalu lama tidak berkedip dan ini bisa membuat mata kering. Selain itu, banyak lingkungan kantor punya kondisi udara yang kering yang semakin membuat mata kering.

Kalau Anda mengalami gejala mata kering, periksakanlah ke dokter mata dan konsultasikan dengannya apakah perlu memakai tetes air mata buatan untuk mengatasi mata kering. Tetes mata ini berbeda dengan tetes yang diformulasikan untuk mengatasi mata merah.

Untuk mencegah mata kering selama penggunaan gadget, coba lakukan ini: Setiap 20 menit, berkedip 10 kali dengtan menutup mata seolah-olah sedang tidur (sangat lambat). Ini membantu untuk membasahi mata Anda.

Lakukan Latihan Mata

Penyebab lain dari mata lelah adalah karena hp, komputer, atau gadget lain adalah terlalu lama fokus. Untuk mengatasi mata lelah semacam ini, coba alihkan pandangan dari layar setidaknya setiap 20 menit sekali dan tataplah objek yang jauh (sedikitnya 6 meter) selama 20 detik. Latihan ini berguna untuk membuat otot di dalam mata lebih rileks sehingga membantu mengurangi mata lelah dan tegang.

Latihan lain untuk mengatasi mata lelah adalah menatap jauh ke suatu objek selama 10-15 detik, lalu menatap sesuatu dari dekat selama 10-15 detik. Lakukan ini 10 kali. Latihan ini berguna untuk mencegah fokus mata Anda “terkunci” (kondisi yang disebut spasme akomodatif) setelah menatap layar dalam waktu lama.

Kedua latihan mata ini akan membantu mencegah dan mengatasi mata lelah karena terlalu lama menatap layar hp, komputer, atau gadget lain. Selain itu, ingatlah untuk sering berkedip selama latihan agar mata tidak menjadi kering.

Sering Beristirahat

Untuk mencegah masalah penglihatan dan nyeri leher, punggung, atau bahu, sering-seringlah beristirahat dari menatap layar selama jam kerja Anda (setidaknya 10 menit setiap jam).

Selama istirahat ini, berdirilah, bergerak dan regangkan lengan, kaki, punggung, leher, dan bahu Anda untuk mengurangi ketegangan dan kelelahan otot.

Ubah Meja Kerja Anda

Jika Anda harus bolak-balik melihat antara kertas halaman yang tercetak dan halaman di layar komputer, letakkanlah halaman tercetak pada sebuah penyangga di dekat layar Anda.

Berikan pencahayaan yang cukup pada penyangga halaman itu. Anda bisa memakai lampu meja, tapi atur supaya lampu tidak menyinari mata atau layar komputer Anda.

Postur tubuh yang buruk juga dapat menyebabkan masalah penglihatan. Jadi atur meja kerja dan kursi Anda dengan ketinggian yang benar agar kaki Anda bertumpu dengan nyaman di lantai.

Posisikan layar komputer sehingga jaraknya 50-60 cm dari mata Anda. Bagian tengah layar Anda harus berada sekitar 10-15 derajat di bawah mata Anda untuk mendapat posisi kepala dan leher yang nyaman.

Memakai Kacamata Khusus

Agar merasa lebih nyaman saat bekerja depan komputer, Anda mungkin bisa berkonsultasi dengan dokter mata untuk mendapat resep kacamata khusus. Ini terutama berguna kalau Anda biasanya memakai lensa kontak, yang dapat membuat mata kering dan tidak nyaman jika terlalu lama.

Kacamata khusus untuk komputer juga adalah pilihan yang bagus jika Anda menggunakan lensa bifokal atau lensa progresif, karena lensa ini biasanya tidak optimal dipakai dalam jarak ke layar komputer.

Selain itu, Anda mungkin bisa mempertimbangkan lensa photochromic atau lensa lightly tinted pada kacamata khusus komputer yang berguna mengurangi paparan cahaya biru yang dipancarkan oleh gadget. Konsultasikanlah dengan dokter mata Anda.

Jalani Pemeriksaan Mata yang Menyeluruh

Melakukan pemeriksaan mata yang menyeluruh secara rutin setiap tahun sangat penting untuk mencegah atau mengatasi mata lelah karena gadget.

Selama pemeriksaan, pastikan untuk memberitahu dokter mata Anda tentang seberapa sering Anda menggunakan komputer dan gadget di tempat kerja dan di rumah.

Ukur seberapa jauh mata Anda dari layar saat Anda duduk di depan komputer, dan beritahukan ukuran ini ke dokter mata sehingga ia dapat menguji mata Anda pada jarak kerja tertentu.

Dimana harus melakukan pemeriksaan mata yang menyeluruh? Terdapat perbedaan yang signifikan ketika memeriksakan gangguan penglihatan di dokter mata dan di optik.

Pemeriksaan di optik biasanya tidak dilakukan penetesan mata sehingga tingkat keakurasiannya bisa berbeda. Penetesan mata dilakukan untuk melebarkan manik mata sehingga terjadi relaksasi otot mata dan mata menjadi rileks. Sehingga hasil pemeriksaan menjadi lebih akurat.

Selain itu sering kali optik akhirnya akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis mata jika kasusnya sulit.

Kesimpulan tentang Mengatasi Mata Lelah

Biasanya kondisi mata lelah dapat dengan baik diatasi dengan tips-tips di atas. Tetapi jika Anda mengalami mata lelah yang cukup parah atau dialami dalam waktu lama, sebaiknya periksakan ke dokter mata. Anda mungkin butuh resep kacamata khusus, atau itu bisa jadi gejala dari kondisi yang serius.

Ini khususnya penting bagi Anda yang menghabiskan banyak waktu untuk aktivitas menggunakan komputer, hp, atau gadget lain. Tidak terkecuali anak-anak yang sering memakai gadget.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang tips mengatasi mata lelah karena komputer, HP, atau gadget lainnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah Anda. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

All About Vision. Computer eye strain: 10 steps for relief. URL: https://www.allaboutvision.com/cvs/irritated.htm

Mayo Clinic. Eyestrain. URL: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/eyestrain/symptoms-causes/syc-20372397

Healthline. 8 Tips to Prevent Eyestrain. URL: https://www.healthline.com/health/eye-health/eye-strain

Maureen
rIBUAN SuDAH KAMI BANTU
lawan penyakit dengan herbal YG TEPAT!
{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>