Kebiasaan Sehat untuk Mencegah Penyakit Jantung

405

Diedit:

Anda bisa mengurangi secara drastis atau bahkan menghapus kemungkinan terkena serangan jantung maupun penyakit jantung lainnya dengan memiliki kebiasaan-kebiasaan gaya hidup sehat. Pria maupun wanita, serta mereka yang terlanjur punya risiko besar (misalnya kolesterol tinggi), bisa mencegah penyakit jantung dengan efektif apabila menerapkan kebiasaan sehat dalam hidupnya.

Akan tetapi, kebiasaan sehat yang dibutuhkan pria agar jantung sehat tidak persis sama bagi wanita. Jadi apa yang terbaik bagi masing-masing jenis kelamin?

Kebiasaan Sehat bagi Wanita

Salah satu penelitian memantau gaya hidup hampir 70.000 wanita selama 20 tahun. Mereka melaporkan kebiasaan gaya hidup mereka, seperti pola makan dan kebiasaan olahraga, serta informasi kesehatan lainnya setiap 2 tahun sekali. Pada awal penelitian, para wanita berusia rata-rata 37 tahun dan tidak memiliki masalah diabetes, penyakit jantung, maupun masalah pembuluh darah.

Sekitar 5% partisipan menerapkan 6 kebiasaan sehat selama 20 tahun. Hasilnya, bukan cuman menyingkirkan risiko serangan jantung—memangkasnya sampai 92 persen—tapi mereka juga menurunkan kemungkinan memiliki faktor risikonya, seperti tekanan darah tinggi, sebanyak 66%.

  • Tidak merokok
  • Punya Indeks Massa Tubuh (IMT) yang normal
  • Upayakan olahraga intensitas sedang sampai berat selama setidaknya 2.5 jam seminggu
  • Kurangi waktu menonton TV maksimal 7 jam seminggu
  • Hanya minum segelas atau kurang minuman beralkohol dalam sehari
  • Mengonsumsi menu makanan yang terdiri dari buah-buahan, sayuran, gandum utuh, ikan, atau makanan mengandung omega-3 serta membatasi minuman manis, daging olahan, daging merah, lemak trans, dan natrium.

Kebiasaan Sehat bagi Pria

Penelitian lain yang berbeda memantau lebih dari 20.000 pria dari tahun 1997 sampai 2009. Pada awal penelitian, para pria ini berusia 45-79 tahun tanpa riwayat penyakit kardiovaskular, diabetes, darah tinggi, maupun kolesterol tinggi. Mereka rutin melaporkan informasi mengenai kebiasaan gaya hidup sehat kepada para peneliti.

Baca juga:  Ternyata, Tidur Siang Bisa Menekan Resiko Terkena Penyakit Jantung

Para peneliti menemukan bahwa sekitar 1 persen partisipan yang mengikuti 5 kebiasaan sehat berikut ini sanggup memangkas risiko serangan jantung sampai 86 persen.

  • Tidak merokok
  • Makan menu makanan yang sehat dan bergizi
  • Minum alkohol secara moderat, tidak lebih dari 2 gelas per hari
  • Aktif secara fisik—berjalan kaki atau bersepeda setidaknya 40 menit dalam sehari
  • Memiliki lingkar pinggang tidak lebih dari 94 cm

Dari hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa kebiasaan-kebiasaan gaya hidup bisa sangat memengaruhi risiko Anda terhadap berbagai penyakit berat. Dulu, wanita sering diberitahu bahwa mereka terlindung dari penyakit jantung sampai mereka mencapai menopause. Namun penelitian terkini membantah pola pikir tersebut dan menunjukkan bahwa wanita, sama seperti pria, harus menerapkan kebiasaan-kebiasaan sehat dari sedini mungkin.

Kalau Anda ingin memulai mengikuti kebiasaan-kebiasaan sehat diatas, disarankan untuk mulai dari rutin olahraga, karena olahraga bisa mengurangi stress. Stres biasanya mencegah orang-orang untuk serius mengikuti pola hidup sehat. Jadi, tunggu apalagi untuk mulai kebiasaan sehat agar mencegah penyakit jantung.

Advertisement
Alinesia