Kanker Paru-Paru: Berbahaya Namun Mudah Dicegah

643

Diedit:

0
(0)

Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh sel yang tumbuh tidak terkontrol dan menyerang sel sehat lainnya. Maka dari itu kanker paru-paru adalah pertumbuhan sel tidak terkontrol yang terjadi pada jaringan paru-paru dan berisiko menjalar ke organ lainnya.

Sebagian besar penyebab kanker paru-paru adalah karena paru-paru terpapar oleh asap tembakau atau asap rokok, di mana sebesar 10-15% penderitanya adalah perokok pasif. Pada tahun 2012, kanker paru-paru adalah jenis kanker yang menyebabkan kematian paling banyak di seluruh penduduk dunia dan paling banyak terjadi pada pria.

Meskipun kanker ini adalah kanker yang paling sering terjadi di Indonesia, namun kanker paru-paru adalah kanker yang paling bisa dicegah karena penyebab utamanya adalah asap rokok.

Apa Sajakah Gejala Kanker Paru-Paru?

Gejala paling umum pada kanker paru-paru adalah batuk kronis terus menerus yang berkepanjangan. Sayangnya gejala penyakit ini tidak begitu terlihat pada tahap awal kanker, gejala baru muncul ketika kanker sudah sampai ke tahap tertentu. Agar segara mendapatkan penanganan medis, waspadai gejala umum kanker paru berikut:

  • Batuk kronis yang berkepanjangan hingga mengeluarkan darah dan napas pendek-pendek dan berbunyi
  • Sesak napas juga disertai dengan rasa nyeri di dada
  • Cepat lelah padahal tidak melakukan aktivitas yang berat
  • Muka dan leher mengalami pembengkakan
  • Sakit kepala dan sakit pada tulang biasanya pada bahu, lengan, atau tangan
  • Berat badan menurun dan nafsu makan berkurang
  • Mengalami masalah pada tenggorokan seperti suara serak, atau sulit dan sakit saat menelan
  • Ujung jari menjadi cembung

Karena tidak menimbulkan gejala yang spesifik, penyakit ini biasanya ketahuan saat dilakukan rontgen pada dada dimana dalam foto akan terlihat tumor di paru-paru. Kanker paru-paru biasanya menyebar ke organ atau bagian tubuh lain seperti otak, tulang, kelenjar adrenal, paru sebelahnya (tumor pada awalnya hanya di satu sisi paru), hati, dan ginjal.

Bagaimana Cara Pencegahan Kanker Paru-Paru?

Seperti telah disebutkan, kanker ini meskipun berbahaya namun termasuk paling mudah untuk dihindari. Agar tidak terkena kanker paru-paru, lakukan tindakan pencegahan berikut ini:

  • Jangan Merokok

    Anda yang merokok mungkin sudah bosan mendengar peringatan ini, bahkan gambar seram yang ditempel di bungkus rokok tidak mempan pada Anda. Namun efek buruk merokok bukan hanya terjadi pada Anda tapi juga orang lain. 15% penderita kanker paru di Indonesia merupakan perokok pasif yang terpaksa harus menghirup udara penuh rokok dari para perokok. Kurangilah rokok lalu hentikan sama sekali mumpung masih sehat. Bagi Anda yang tidak merokok, sebisa mungkin hindari berada di dekat orang yang sedang merokok atau gunakan masker untuk mengurangi asap yang terhirup.

  • Makan Makanan Sehat

    Untuk mengurangi risiko terkena kanker paru-paru maka Anda harus meningkatkan daya tahan tubuh agar sel kanker tidak memiliki kesempatan untuk berkembang dan menyerang sel lainnya. Menjaga sel tetap sehat apalagi caranya jika bukan dengan mengonsumsi makanan yang sehat rendah lemak dan rendah kolesterol. Hindari mengonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen karena bisa menimbulkan efek samping terutama bagi ginjal.

  • Olahraga yang Cukup

    Agar paru-paru tetap sehat, jadikan olahraga suatu rutinitas yang wajib dilakukan. Olahraga akan menjaga kestabilan metabolisme sehingga mengurangi dampak buruk asap rokok bagi tubuh. Waktu olahraga terbaik adalah pada pagi hari karena pada waktu ini asap kendaraan belum banyak sehingga paru-paru Anda bebas polusi.

Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Kanker?

Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti yang telah disebutkan di atas, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat. Sama seperti penanganan kanker pada umumnya, kanker paru-paru juga diatasi dengan melakukan tindakan pembedahan dan terapi untuk menghilangkan sel kanker seperti radioterapi atau kemoterapi. Pembedahan dan terapi bisa menimbulkan efek samping pada tubuh akibat dari reaksi dan proses adaptasi tubuh terhadap obat-obatan dan perlakuan yang masuk.

Untuk mengurangi efek samping dari tindakan medis dan untuk membantu proses penyembuhan kanker, tidak ada salahnya dibarengi dengan mengonsumsi bahan atau tanaman herbal yang berkhasiat untuk mengatasi kanker paru-paru. Tanaman herbal yang berguna untuk mengobati kanker antara lain:

  • Astragalus

    Mungkin Anda belum familiar dengan tanaman herbal ini, namun masyarakat Tiongkok sangat mempercayai bahwa tanaman ini memiliki khasiat yang tinggi bahkan lebih tinggi dari gingseng. Astragalus mampu untuk menghambat pertumbuhan tumor, mencegah penyebaran tumor, mengurangi efek samping kemoterapi, dan memaksimalkan obat kemoterapi. Bagian astragalus yang digunakan adalah bagian akarnya.

  • Asparagus

    Kalau yang satu ini pasti sudah familiar, meski lebih banyak digunakan dalam masakan ala Barat. Asparagus mengandung flavonoid yang merupakan zat antikarsinogen dan mengatasi sel kanker pada tahap awal. Selain itu asparagus juga mengandung asam ferulat yang merupakan zat antioksidan dan berguna mencegah pembuluh darah terjangkit oleh sel yang abnormal. Asam ferulat juga mencegah tumbuhnya pembuluh darah di sekitar sel kanker sehingga sel tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi untuk tumbuh.

  • Daun sirsak

    Daun sirsak juga mengandung zat yang dapat melawan pertumbuhan sel kanker paru-paru sehingga sisa-sisa sel kanker bisa dihilangkan melalu kemoterapi.

Asap rokok dan asap kendaraan mungkin adalah 2 hal yang tidak bisa kita hindari meskipun kita tidak merokok. Hal yang bisa Anda lakukan agar tidak terkena kanker paru-paru karena paparan asap polusi adalah dengan meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga agar sel-sel dalam tubuh tetap sehat dengan menjaga asupan makanan dan memenuh kebutuhan gizi.

Lengkapi juga dengan olahraga rutin agar racun-racun dalam tubuh bisa larut dan dibuang bersama dengan kotoran lainnya. Tindakan pencegahan lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan mengobati kanker paru-paru yang membutuhkan banyak biaya dan menurunkan kualitas hidup Anda.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 tidak bermanfaat / 5 sangat bermanfaat)

Rating: 0 / 5. Pemilih: 0

Terima kasih banyak! Silakan Ikuti media sosial kami untuk terus terhubung dengan deherba.com!

Maaf sekali artikel ini belum bermanfaat untuk Anda

Bantu kami untuk meningkatkan artikel ini!

Beritahukan apa yang bisa kami lakukan untuk meningkatkan mutu artikel ini?