Kandungan dan Manfaat Tahu yang Jarang Kita Ketahui

1313

Ada beragam kandungan dan manfaat tahu bagi kesehatan. Tahu merupakan jenis makanan yang terbuat dari olahan kedelai dan menjadi salah satu andalan untuk memperbaiki gizi karena tahu memiliki kandungan protein nabati yang sangat baik untuk kesehatan.

Mungkin kandungan gizi yang dimiliki tahu masih kalah dibandingkan dengan makanan hewani seperti telur, dagin dan ikan. Tetapi tahu bisa menjadi makanan hewani tersebut karena harganya yang relatif lebih murah daripada makanan hewani.

Berbagai kandungan gizi dimiliki oleh tahu seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral, kalori, fosfor dan beberapa kandungan vitamin B-kompleks seperti riboflavin, thiamin, vitamin E, kalium dan kalsium yang dapat membantu pembentukan kerangka tulang. Yang terpenting dari tahu yaitu karena tahu memiliki kandungan asam lemak tak jenuh sebanyak 80% sehingga tidak banyak mengandung kolesterol dan makanan ini merupakan jenis makanan sehat untuk mencegah penyakit jantung.

Mungkin dimasyarakat luas tahu dikenal sebagai makanan desa yang tidak berkelas, tetapi justru makanan seperti inilah yang seharusnya banyak kita konsumsi karena dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Bagi orang-orang yang menganggap rendah tahu, berikut ini akan dijabarkan satu persatu tentang manfaat dari tahu yang jarang kita ketahui.

Manfaat Tahu bagi Kesehatan Tubuh

  • Menyembuhkan Penyakit Diabetes

    Penyakit diabetes merupakan penyakit yang disebabkan karena meningkatnya kadar gula darah didalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi terganggu. Untuk dapat mencegah dan mengobati diabetes dapat dilakukan secara alami salah satunya dengan memperbanyak konsumsi tahu. Tahu memiliki kandungan protein yang baik untuk menurunkan kadar gula darah sehingga dapat menurunkan resiko diabetes.

  • Mencegah Osteoporosis

    Osteoporosis atau pengeroposan tulang kerap dialami sebagian orang terutama bagi mereka yang sudah lanjut usia. Untuk itu agar anda terhindar dari osteoporosis, konsumsilah makanan yang banyak mengandung protein seperti susu dan tahu. Tahu merupakan jenis makanan nabati yang banyak mengandung protein dan sumber kalsium yang dapat mengurangi resiko osteoporosis atau lebih tepatnya meminimalisir hal-hal yang dapat diakibatkan karena penyakit tersebut.

  • Menurunkan Berat Badan

    Bagi yang sedang menjalani proses diet mungkin bingung makanan seperti apa yang dapat dikonsumsinya. Untuk membantu program diet anda berjalan lancar dan membuahkan hasil yang memuaskan, tahu bisa menjadi salah satu menu andalan anda setiap hari. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi tahu secara rutin dapat menurunkan berat badan. Untuk itu konsumsilah tahu secara rutin, selain murah juga tahu memiliki manfaat yang bagus untuk menurunkan berat badan.

  • Menurunkan Kolesterol Tinggi

    Mengkonsumsi tahu bisa menjadi solusi untuk mengganti asupan protein hewani yang mungkin membutuhkan biaya lebih mahal. Olahan kedelai ini dapat mengurangi asupan kolesterol dan lemak jenuh yang dapat menyebabkan kadar kolesterol didalam tubuh meningkat dan secara tidak langsung, dengan mengkonsumsi tahu dapat menurunkan kolesterol dan membantu mengurangi resiko penyakit jantung koroner.

  • Meningkatkan Produksi Energi

    Untuk dapat melakukan aktifitas dengan baik setiap hari diperlukan asupan gizi yang dapat menumbuhkan energi dan salah satu makanan yang memiliki nutrisi tersebut adalah tahu. Tahu bisa menjadi sumber zat besi yang dapat menyediakan 30% kebutuhan harian yang direkomendasikan untuk zat besi dalam 100 gram. Kandungan zat besi yang terdapat pada tahu dapat digunakan sebagai bagian dari hemoglobin yang akan membantu proses ransortasi dan pelepasan oksigen sehingga produksi energi meningkat.

Demikian beberapa informasi mengenai kandungan dan manfaat tahu yang dapat Anda ketahui. Anda dapat menggunakan tahu untuk dibuat menjadi berbagai jenis olahan lauk pauk seperti oseng tahu, tumis tahu, atau dapat digoreng dengan kecap sehingga menimbulkan cita rasa yang khas dan enak disantap.