Last Updated on

Tahukah Anda bahwa kadar gula darah memainkan peranan penting bagi kesehatan Anda? Apa pengaruhnya bagi kondisi kesehatan Anda? Bagaimana jika kondisi gula darah menurun dan meningkat?

Dalam artikel ini Anda akan melihat bagaimana hubungan kadar gula darah dengan kondisi tubuh Anda secara utuh. Temukan info selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Kadar Gula Darah

Apa itu gula darah? Gula darah adalah bahan bakar tubuh yang dibutuhkan untuk kerja otak, sistem saraf, dan jaringan tubuh yang lain. Gula darah yang terdapat di dalam tubuh dihasilkan oleh makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Rata-rata, kadar gula darah normal adalah sebagai berikut.

  • Gula darah 8 jam sebelum makan atau setelah bangun pagi (70 – 110 mg/dl).
  • Gula darah 2 jam setelah makan (100 – 150 mg/dl).
  • Gula darah acak (70 – 125 mg/dl).

Kadar gula tinggi (hiperglikemia) maupun kadar gula rendah (hipoglikemia) tidak bagus untuk kesehatan. Kadar gula darah harus berada dalam posisi normal agar kinerja organ-organ tubuh tetap sehat dan normal.

Level gula darah atau glukosa diatur oleh kinerja pankreas.  Jika kadar gula atau glukosa Anda rendah, otomatis pankreas akan mengeluarkan glukagon, yang menargetkan sel-sel di hati untuk kemudian diubah menjadi glukosa dan setelah itu dilepaskan ke aliran darah hingga mencapai level tertentu.

Kadar Gula Darah Rendah


Kadar gula darah rendah tergolong relatif lebih mudah diobati dari pada kadar gula darah tinggi. Mengapa begitu? Karena jika Anda mengalami level kadar gula darah rendah itu artinya Anda kekurangan asupan gizi, lemak, protein, dan kurang istirahat.

Jika seseorang tetap mengalami kadar gula dalam level yang rendah, kemungkinan besar Anda mengalami penurunan kerja pankreas atau kurangnya asupan gizi serta kurangnya istirahat. Beberapa tips untuk meningkatkan kadar gula darah:

  • Tidak mengonsumsi Alkohol.
  • Hindari konsumsi kafein dan merokok.
  • Hindari olahraga terlalu berat.
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.
  • Makanlah secara teratur dan tidak menunda.
  • Minumlah segelas susu setiap hari.

Kadar gula yang sangat rendah dapat menyebabkan hilangnya kesaaran seseorang atau koma. Kondisi ini biasanya ditandai dengan gejala seperti berkeringat disertai gemetar, pusing, perasaaan linglung, dan jantung berdetak lebih kencang sampai kehilangan kesadaran.

Kadar Gula Darah Tinggi


Banyak orang tidak akan menyukai keadaan ini karena seseorang akan banyak sekali dibatasi. Anda pasti dilarang mengonsumsi gula, kurangi asupan karbohidrat, dan tidak boleh ngemil (makanan ringan).

Sebagaimana yang telah dibahas di atas, level gula darah atau glukosa diatur oleh kinerja pankreas. Jika gula darah Anda tinggi, itu berarti ada gangguan pada fungsi pankreas untuk menghasilkan insulin. Selain itu ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan meningkatnya kadar gula darah yakni sebagai berikut.

Asupan gula yang berlebihan

Dalam satu gelas teh manis saja terdapat 250-300 kalori. Tubuh seseorang membutuhkan asupan kalori per hari yang bergantung pada aktivitas yang dilakukan. Silahkan Anda tanyai diri sendiri, berapa kali saya dalam sehari minum teh manis? Ditambah 3 kali dalam sehari konsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat dan lauk pauknya. Belum lagi ada beberapa orang yang mengonsumsi gorengan dan camilan manis. Ini akan merangsang naiknya kadar gula darah.

Stres yang berlebihan

Karena stres yang berkepanjangan tubuh akan memproduksi hormon epinephrine dan kortisol agar kadar gula darah naik. Fungsi tubuh ini sebenarnya bagus karena saat tubuh sedang beraktivitas ada energi cadangan yang tersimpan. Tapi jika stres yang berkepanjangan dan tubuh terus mengeluarkan hormon ini, maka kadar gula darah akan tinggi.

Kurangnya olahraga

Olahraga yang teratur dapat membakar kalori yang berlebihan saat Anda mengonsumsi makanan yang mengandung kalori yang tinggi. Jika Anda mengalami stres, Anda bisa relaksasikan diri Anda untuk berolahraga ringan, ini akan membantu untuk menurunkan kadar gula darah.

Selain beberapa hal di atas, kurang tidur dan konsumsi minuman dalam kemasan seperti yang mengandung soda, juga turut meningkatkan kadar gula.

Pengobatan Gula Darah


Seiring kemajuan teknologi, pengetahuan akan obat herbal pun bertambah, salah satu herbal yang telah banyak dibuktikan khasianya adalah Noni juice. Bagi Anda yang mengalami kadar gula tinggi atau rendah, Noni juice akan sangat bermanfaat untuk membantu tubuh dalam menstabilkan kadar gula Anda.

Bagaimana Noni juice melakukannya? Pankreas menjadi organ utama tubuh kita yang dapat menstabilkan kadar gula darah. Namun, organ pankreas bisa rusak akibat sel-sel penyusunnya banyak yang mati.

Zat proseronin yang di hasilkan Noni juice dapat merevitalisasi dan meregenerasi sel-sel penyusun pankreas sehingga pulih kembali dan menghasilkan insulin yang cukup untuk menormalkan kembali kadar gula dalam darah. Tertarik untuk mencoba?