Jus Wortel untuk Kanker: Resep & Cara Membuat

377
cara membuat jus wortel untuk kanker
Cara Membuat Jus Wortel untuk Kanker (Image by Couleur from Pixabay)

Diedit:

Wortel merupakan sayuran yang disukai oleh banyak orang di seluruh dunia. Tetapi wortel sepertinya akan semakin disukai, bukan hanya karena rasanya dan gizinya, tetapi juga karena penelitian telah membuktikan potensinya untuk membantu pengobatan kanker. Sekarang pertanyaannya, bagaimana cara membuat & resep jus wortel untuk kanker?

Artikel ini akan menjelaskan langkah-langkah apa saja yang diperlukan untuk membuat jus wortel yang baik bagi penderita kanker. Selain itu juga akan dijelaskan mengapa wortel baik untuk penyakit kanker, yang dilengkapi dengan informasi tentang berbagai penelitian mengenai manfaat wortel untuk melawan penyakit ini.

Cara Membuat Jus Wortel untuk Kanker


Bahan:

• Siapkan 1 kg wortel (kira-kira 8 buah).
• Sebisa mungkin gunakan wortel organik yang bebas pestisida.
• Blender atau alat pengolah makanan lainnya.

Cara Membuat:

• Potong bagian atas wortel.
• Cuci sampai bersih dengan air mengalir, tapi jangan kupas kulitnya jika menggunakan wortel organik.
• Jika bukan wortel organik, cucilah dengan cairan khusus pencuci sayuran untuk menghilangkan pestisida, lalu kupas kulitnya.
• Potong-potong wrotel dengan ukuran 2,5 – 5 cm.
• Haluskan wortel menggunakan blender atau alat pengolah makanan lainnya.
• Boleh ditambah sedikit air jika sulit dihaluskan.

Cara Konsumsi:

• Untuk penderita kanker, minumlah paling sedikit 5 gelas jus wortel setiap hari.
• Untuk yang masih sehat, minumlah 1 gelas jus wortel setiap hari.

Tips Menyimpan Jus Wortel untuk Kanker

Banyak ahli menganjurkan untuk langsung minum jus wortel begitu selesai di blender. Tapi jika ingin disimpan, buatlah jus wortel di pagi hari dan hanya untuk keperluan satu hari, yaitu sekitar 5 – 8 gelas. Simpanlah jus wortel di dalam botol kaca yang kedap udara, taruh di dalam kulkas, dan tuangkan ke dalam gelas jika ingin meminumnya.

Resep Kombinasi Jus Wortel untuk Kanker

Anda bisa kombinasikan wortel dengan buah atau sayuran lain yang juga bermanfaat untuk melawan penyakit ini. Salah satu resep jus kombinasi yang baik untuk kanker yaitu gabungan dari wortel, seledri, bit merah, dan jahe. Resep dasar jus kombinasi untuk kanker ini yaitu: 5 wortel, 5 batang seledri, ¼ bit merah (umbi & atasnya), dan sedikit irisan jahe (seukuran uang koin 500 rupiah).

Seledri mengandung apigenin dan luteolin yang merupakan flavonoid bioaktif untuk melawan sel-sel kanker. Bit merah telah diteliti dan diungkapkan potensinya sebagai agen kemopreventif dan kemoterapi alami. Jahe juga diketahui memiliki kemampuan anti-inflamasi yang dapat membantu pengobatan kanker.

Baca juga:  Resep Herbal Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Anda juga bisa bereksperimen dengan resep kombinasi jus wortel dan bahan-bahan lainnya untuk kanker. Tetapi pastikan bahwa bahan-bahan yang Anda gunakan memang bermanfaat untuk membantu pengobatan kanker dan tidak menghalangi efek dari obat atau terapi kanker yang sedang dijalani.

Mengapa Jus Wortel Baik untuk Melawan Kanker?

Wortel mengandung berbagai kandungan yang bermanfaat untuk melawan penyakit kanker. Salah satunya adalah karotenoid yang adalah antioksidan kuat. Karotenoid berfungsi menetralkan radikal bebas di dalam tubuh, sehingga mengurangi kerusakan pada DNA serta mengurangi risiko penyakit kanker.

Sebuah artikel yang dipublikasikan pada jurnal Food and Nutrition Sciences mengungkapkan bahwa karotenoid “telah terbukti memiliki aktivitas penghambatan mutagenesis yang berkontribusi mengurangi risiko dari beberapa jenis kanker.”

Kandungan antioksidan lain di dalam wortel, yaitu flavonoid dan turunan fenolik, juga telah terbukti memiliki kemampuan anti-karsinogenik, meningkatkan kekebalan tubuh, serta mengurangi peradanganan (inflamasi).

Dan menurut Stanford Health Care, nutrisi yang Anda dapatkan dari 1 cup jus wortel saja hampir sebanding dengan jumlah nutrisi dalam 5 cup irisan wortel. Jadi Anda seharusnya bisa memperoleh lebih banyak manfaat dari wortel yang sudah dijus daripada memakannya langsung.

resep jus wortel untuk kanker
Jus Wortel untuk Kanker (Credit: 5 second Studio / Shutterstock)

Jus Wortel Punya Kemampuan Antioksidan yang Kuat

Sebuah makalah yang diterbitkan dalam Nutritional Journal mendokumentasikan sebuah percobaan yang mengevaluasi efek dari mengonsumsi 16 fl oz (sekitar 473 ml) jus wortel segar setiap hari selama 3 bulan. Penulis makalah itu menyimpulkan bahwa minum jus wortel dapat melindungi sistem kardiovaskular dengan meningkatkan status antioksidan total. Kemampuan antioksidan kuat yang diberikan oleh jus wortel khususnya sangat dibutuhkan ketika seseorang berjuang melawan kanker.

Jus Wortel untuk Pengobatan Kanker Leukemia

Sebuah penelitian yang didokumentasikan pada Journal of Medicinal Food memperlihatkan sejumlah hasil yang sangat menjanjikan. Penulis dari makalah itu menyatakan, “Wortel mengandung agen-agen bermanfaat seperti β-carotene dan polyacetylenes, yang dapat efektif dalam pengobatan leukemia.”

Para peneliti yang dilibatkan dalam penelitian itu menggunakan ekstrak jus wortel untuk menangani garis-garis sel leukemia, yang kemudian menginduksi apoptosis dan menghambat perkembangan melalui siklus sel.

Baca juga:  Penderita Kanker: Tips Praktis yang Perlu Anda Upayakan

Mereka menyimpulkan, “Penelitian ini telah menunjukkan bahwa ekstrak dari wortel dapat menginduksi apoptosis dan menyebabkan penangkapan siklus sel pada garis-garis sel leukemia. Temuan ini memperlihatkan bahwa wortel bisa menjadi sumber bioaktif yang sangat baik untuk pengobatan leukemia.”

Apoptosis adalah proses alami tubuh yang penting untuk mengatur proses pembersihan sel-sel yang sudah tua dan rusak. MedicineNet menjelaskan, “Ketika apoptosis tidak bekerja dengan benar, sel-sel yang seharusnya disingkirkan justru bertahan dan menjadi abadi, misalnya, pada kanker dan leukemia.”

Wortel Menghambat Angiogenesis Tumor

Di samping karotenoid, kandungan flavonoid di dalam wortel yang bernama luteolin juga terbukti mempunyai kemampuan melawan tumor. Makalah berjudul “Luteolin, a flavonoid with potentials for cancer prevention and therapy” mengatakan, “luteolin menginduksi kematian sel apoptosis pada berbagai kanker, menghambat proliferasi sel kanker, dan menekan angiogenesis tumor.” Angiogenesis maksudnya adalah proses perkembangan dari pembuluh-pembuluh darah baru di dalam tumor.

Jus Wortel untuk Pencegahan Kanker Prostat

Penelitian lainnya, yang dimuat di European Journal of Nutrition, memberikan bukti lebih lanjut tentang kemampuan anti-kanker yang kuat dari wortel. Para peneliti di Zhejian University, China, melakukan meta-analisis dari 10 penelitian dari seluruh dunia yang mengevaluasi hubungan antara asupan wortel dan kejadian kanker prostat.

Penulis artikel itu mencatat, “Hasil-hasilnya mengisyaratkan bahwa jumlah konsumsi wortel berbanding terbalik dengan risiko kanker prostat. Analisis berdasarkan respons dari dosis menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi wortel 1 porsi per minggu atau 10 g per hari dikaitkan dengan penurunan 5,0 atau 4,0% risiko kanker prostat pada keseluruhan populasi.”

wortel untuk kanker
Wortel Baik untuk Melawan Kanker (Photo by Jonathan Pielmayer on Unsplash)

Sekarang Anda sudah mengerti cara membuat atau resep jus wortel untuk kanker. Apakah Anda akan langsung mulai membuat jus ini? Mengonsumsi jus wortel memang dipercaya dapat memperkuat efek positif dari perawatan radiasi dan kemoterapi serta mengurangi efek sampingnya.

Namun sebelum mulai mengonsumsinya, Anda dianjurkan untuk konsultasi dulu dengan dokter jika sedang menjalani pengobatan kanker. Apabila dokter memperbolehkan, Anda bisa langsung memulai membuatnya berdasarkan resep di atas atau resep-resep jus wortel untuk kanker lainnya.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang cara membuat jus wortel untuk kanker. Semoga informasi ini dapat memperkuat motivasi Anda untuk melawan penyakit ganas ini. Nantikan juga informasi menarik lain seputar penyakit kanker dan informasi kesehatan lain hanya di Deherba.com.


Referensi Cara Membuat Jus Wortel untuk Kanker

Sumpter, Luker. The Anti-Cancer Properties Of Carrots. URL: http://reset.me/story/the-anti-cancer-properties-of-carrots/. Accessed: 2019-04-16. (Archived in WebCite®)

da Silva Dias, J. (2014) Nutritional and Health Benefits of Carrots and Their Seed Extracts. Food and Nutrition Sciences. 5: 2147-2156. doi: 10.4236/fns.2014.522227

Potter, A. S., Foroudi, S., Stamatikos, A., Patil, B. S., & Deyhim, F. (2011). Drinking carrot juice increases total antioxidant status and decreases lipid peroxidation in adults. Nutrition Journal. 10 (96). doi:10.1186/1475-2891-10-96

Rana Zaini, Malcolm R. Clench, & Christine L. Le Maitre. (2011). Bioactive Chemicals from Carrot (Daucus carota) Juice Extracts for the Treatment of Leukemia. Journal of Medicinal Food. 14 (11). doi: 10.1089/jmf.2010.0284

Lin, Y., Shi, R., Wang, X., & Shen, H. M. (2008). Luteolin, a flavonoid with potential for cancer prevention and therapy. Current Cancer Drug Targets. 8 (7): 634–646

Xu, Xin & Cheng, Yunjiu & Li, Shiqi & Zhu, Yi & Xu, Xianglai & Zheng, Xiangyi & Mao, Qiqi & Xie, Liping. (2014). Dietary carrot consumption and the risk of prostate cancer. European Journal of Nutrition. 53 (8). doi: 10.1007/s00394-014-0667-2


Advertisement
Alinesia