Inilah Manfaat Sarapan Pagi yang Penting Anda Ketahui!

527

Diedit:

Omelan Ibu sewaktu Anda lupa atau sengaja tidak sarapan sebaiknya ditanggapi dengan serius. Beliau memang benar, sarapan merupakan jam makan yang terpenting dalam sehari. Manfaat sarapan pagi bukan hanya memberikan energi untuk memulai hari baru, tetapi sarapan juga dikaitkan dengan banyak manfaat lain, termasuk mengendalikan berat badan dan meningkatkan performa fisik.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa menyantap sarapan yang sehat (bukan yang semacam donat, mie instan, atau makanan tidak sehat lainnya) dapat membantu Anda mendapatkan:

  • Makanan yang memberikan gizi lengkap karena mengandung banyak nutrizi, vitamin, serta mineral.
  • Peningkatan konsentrasi dan performa dalam sekolah maupun tempat kerja.
  • Punya lebih banyak energi dan daya tahan untuk melakukan beragam aktivitas fisik.
  • Menurunkan kadar kolesterol.

Sarapan pagi penting untuk semua orang, dan terutama untuk anak-anak dan remaja. Menurut American Dietetic Association, anak-anak yang sarapan memiliki performa yang lebih baik di kelas maupun di tempat bermain. Mereka pun memiliki konsentrasi, kemampuan memecahkan masalah, dan koordinasi mata-tangan yang lebih baik.

Manfaat Sarapan Pagi: Mengendalikan Berat Badan

Banyak penelitian, pada orang dewasa maupun anak-anak, telah memperlihatkan bahwa orang yang rutin sarapan cenderung memiliki badan yang lebih langsing dibandingkan yang sering tidak sarapan.

Mengapa demikian? Sebuah teori berpendapat bahwa menyantap sarapan yang sehat bisa mengurangi rasa lapar di sepanjang hari, dan membantu Anda untuk membuat pilihan makanan yang lebih bernutrisi di waktu makan berikutnya.

Meskipun tampaknya melewati waktu sarapan bisa mengurangi asupan kalori, namun perlu diingat bahwa ini bukan cara yang efektif untuk mengurangi kalori. Seringkali, rasa lapar terasa lebih besar jika Anda tidak sarapan, dan akhirnya menggoda Anda untuk makan lebih banyak saat makan siang atau mengemil sepanjang hari.

Teori lain dibalik manfaat sarapan pagi ini menyebutkan bahwa sarapan pagi merupakan bagian gaya hidup sehat yang mencakup pilihan makan yang bijaksana dan menyeimbangkan asupan kalori dengan olahraga.

Sebagai contoh, perhatikan orang-orang yang mengikuti program National Weight Control Registry—mereka semua kehilangan setidaknya 30 kilogram dan sanggup mempertahankan berat badannya selama sekurangnya setahun. Sekitar 80% orang yang mengikuti program tersebut rutin menyantap sarapan pagi disamping mengikuti diet rendah lemak dan mengontrol asupan kalori.

Memilih Menu Sarapan Pagi yang Tepat

Memilih makanan yang tepat untuk sarapan sangatlah penting. Sarapan yang sehat harus memuat lebih dari satu jenis makanan, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu rendah/tanpa lemak, serta protein.

Baca juga:  Mengapa Anda Sebaiknya Tidak Kebanyakan Makan Tahu?

Bahkan sewaktu Anda merasa tidak punya waktu untuk makan pagi, ada banyak pilihan sarapan sehat yang mudah dan cepat disiapkan. Misalnya sandwich roti gandum dengan telur dadar, jus smoothie dari buah dan yogurt rendah lemak, sereal gandum utuh dengan irisan buah dan susu rendah lemak, atau oatmeal yang dimasak bersama susu skim dan ditaburi irisan buah. Sebisa mungkin sediakan waktu untuk menyiapkan makanan yang sehat agar Anda bisa mendapatkan manfaat sarapan pagi yang sepenuhnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Rating: / 5. Pemilih:

(1 tidak bermanfaat / 5 sangat bermanfaat)

Ikuti media social kami untuk terus terhubung dengan deherba.com!

Maaf sekali artikel ini belum bermanfaat untuk Anda

Bantu kami untuk meningkatkan artikel ini!