Inilah Manfaat Pisang yang Perlu Anda Ketahui!

208

Diedit:

Pisang itu untuk monyet. Itu anggapan kuno yang salah kaprah tentang pisang. Sayang sekali jika Anda, sebagai manusia, tidak boleh menikmati manfaat pisang yang begitu banyak lantaran pisang itu hanya untuk monyet. Untungnya, anggapan itu tidak dipedulikan. Pisang telah menjadi salah satu buah terfavorit di berbagai belahan dunia.

Buah kuning melengkung ini sarat akan kandungan kalium, pektin, magnesium, vitamin C, serta vitamin B6. Pisang juga punya kadar antioksidan yang tinggi, memberikan perlindungan terhadap radikal bebas yang setiap hari harus kita hadapi.

Apa saja manfaat pisang bagi kesehatan? Di bawah ini adalah beberapa diantaranya.

Baik bagi Jantung. Pisang dilengkapi kalium yang diperlukan untuk membuat jantung tetap berdetak. Pisang juga rendah akan kandungan sodium yang membantu melindungi sistem kardiovaskular dari bahaya hipertensi.

Membantu Diet. Pisang kaya akan serat yang membantu berat badan tetap stabil. Satu buah pisang memberikan hampir 10% serat dari kebutuhan harian Anda. Vitamin B6 di dalam pisang juga membantu memberi perlindungan terhadap diabetes tipe 2 sekaligus membantu penurunan berat badan. Secara umum, pisang sangat bagus untuk program diet karena rasanya yang manis dan bikin kenyang membantu Anda menahan keinginan mengemil. Pisang juga membantu mempertahankan kadar gula darah selama Anda berolahraga.

Baik bagi Mata. Mungkin pisang tidak bisa merebut posisi wortel dalam hal khasiatnya bagi mata. Tapi pisang juga mengandung sejumlah vitamin A yang penting bagi mata, menjaga ketajaman penglihatan serta mempertajam penglihatan di malam hari. Vitamin A mengandung senyawa yang bisa melindungi selaput di sekeliling mata.

Menjaga Kesehatan Tulang. Pisang mungkin tidak punya banyak kalsium, tapi kandungan kalsium yang dimilikinya tetap berguna untuk kepadatan tulang. Pisang limpah akan kandungan fructooligosaccharides. Ini merupakan karbohidrat tak bisa dicerna yang menstimulasi probiotik dan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium.

Baca juga:  10 Manfaat Pisang yang Telah Didukung oleh Fakta Ilmiah

Meringankan Kram Menstruasi. Pisang limpah akan kandungan vitamin B6 serta kalium yang mampu meringankan kram otot atau kram perut akibat menstruasi. Kram otot bisa disebabkan kekurangan kalium.

Kulit Pisang: Bisa Dimakan atau Berbahaya?

Tampaknya, bahaya terbesar dari kulit pisang adalah jika Anda terpeleset karenanya. Kulit pisang sama sekali tidak berbahaya. Faktanya, kulit pisang dilengkapi dengan beragam nutrisi. Di Indonesia sendiri, sayur kulit pisang bukan hal asing lagi. Karena mengandung vitamin B6, B12, magnesium, kalium, protein, serta sejumlah serat, menjadikan kulit pisang mirip dengan manfaat pisang. Namun ingatlah untuk selalu mencuci bersih kulit pisang sebelum diolah jadi makanan apapun karena bisa jadi pestisida menempel di kulit pisang.

Ada lebih dari 50 jenis pisang di dunia ini. Ini membuatnya menjadi salah satu buah yang paling bervariasi. Mungkin di daerah Anda banyak yang jual pisang. Jadi, tunggu apalagi dan dapatkanlah manfaat pisang bagi kesehatan Anda.

AdvertisementSimplisia.com