Inilah Makanan Sehat untuk Jantung!

623

Makan makanan yang kurang bergizi atau tidak sehat bisa menjadi salah satu pemicu penyakit jantung. Apalagi makanan-makanan tidak sehat memang lebih menggugah selera dan amat mudah diperoleh. Tapi jika Anda ingin punya jantung yang sehat, ada baiknya untuk mulai mengurangi konsumsi makanan-makanan seperti itu dan menggantinya dengan makanan sehat untuk jantung.

Ada beragam makanan sehat untuk jantung yang bisa dipilih, berikut adalah beberapa diantaranya.

Ubi jalar punya indeks glikemik yang rendah sehingga tidak akan menyebabkan kelonjakan kadar gula darah. Ubi jalar juga dilengkapi serat, vitamin A, serta likopen.

Oatmeal amat bermanfaat bagi jantung karena sanggup mengurangi kadar kolesterol “jahat” LDL. Semangkuk oatmeal hangat dapat membuat Anda kenyang selama berjam-jam, mengurangi keinginan untuk mengemil, sekaligus mempertahankan kadar gula darah agar tetap stabil. Anda bisa mencoba mengganti ¾ takaran tepung terigu yang biasa dipakai untuk bikin kue dengan tepung oat.

Kopi dan teh dapat membantu melindungi jantung Anda, tak terkecuali kopi yang kafeinnya sudah dihilangkan. Sejumlah studi memperlihatkan bahwa orang-orang yang minum 3-4 cangkir kopi setiap hari berkurang kemungkinannya untuk menderita diabetes. Tetapi harap berhati-hati bagi Anda punya tekanan darah tinggi, karena kafein dapat memperburuk kondisi tersebut. Disarankan untuk memilih kopi hitam yang tidak mengandung banyak kalori.

Wortel. Sayuran oren yang berasa manis ini sanggup mengendalikan kadar gula darah sekaligus kadar kolesterol. Ini berkat kandungan seratnya yang juga terdapat dalam oat. Salah satu resep nikmat untuk menikmati wortel ialah dengan menaburkan parutan wortel ke atas spageti.

Jeruk. Buah berair yang satu ini punya serat pektin untuk menyingkirkan kolesterol berlebih serta potasium untuk membantu mengendalikan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa jus jeruk bisa membuat pembuluh darah berfungsi lebih baik sehingga menurunkan tekanan darah.

Tahu. Olahan kacang kedelai ini memiliki sejumlah besar protein nabati, mineral, serat, dan lemak tak jenuh. Ini menjadikan tahu salah satu makanan sehat untuk jantung.

Ikan tuna. Ikan ini merupakan sumber asam lemak omega-3 yang amat baik. Omega-3 sendiri diyakini dapat membantu mencegah penyakit jantung karena sanggup menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol LDL, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Yogurt rendah lemak. Produk susu biasanya diincar kandungan kalsiumnya untuk kesehatan tulang. Tapi kalsium dibantu dengan potasium juga bermanfaat untuk membantu mengendalikan tekanan darah. Yogurt punya kalsium dan potasium lebih banyak daripada susu. Namun jika Anda lebih suka susu, pilihlah produk yang rendah lemak atau tanpa lemak.

Mengonsumsi makanan-makanan sehat untuk jantung diatas akan membantu menjaga kesehatan kardiovaskular dalam jangka panjang. Tapi jangan cuman terpaku pada makanan, lakukan juga gaya hidup sehat lainnya seperti rutin olahraga agar maksimal dalam menjaga kesehatan jantung.