Inilah Jenis-Jenis Makanan Penambah Darah!


By Cindy Wijaya

Bagi Anda yang sedang mengalami masalah dengan kurang darah, ada baiknya membaca informasi dalam artikel ini seputar makanan penambah darah. Kurang darah atau anemia merupakan salah satu masalah kesehatan yang disebabkan kurangnya kebutuhan zat besi yang ada di dalam tubuh, pada umumnya orang yang menderita akan merasakan pusing, lemas dan cepat letih. Bila Anda sering mengalami hal seperti itu, kemungkinan Anda terkena masalah darah rendah.

Untuk mengetahui apakah Anda terkena anemia, bisa memeriksakannya ke bidan atau dokter, untuk mengetahui seberapa rendah tekanan darah Anda. Selain meminum obat yang diberikan dokter, ada beberapa makanan yang bisa menaikan darah rendah Anda. Dan biasanya makanan yang mengandung zat besi yaitu makanan hewani dan tumbuhan, untuk lebih jelasnya makanan apa saja yang bisa meningkatkan atau menaikkan darah Anda, simak informasinya dibawah ini.

Daging Bebek

Daging bebek merupakan makanan hewani yang dapat menambah darah yang sudah sangat terkenal, untuk Anda yang saat ini sedang mengalami anemia bisa mengkonsumsi daging bebek untuk menambah darah Anda.

Daging Kambing

Selain daging bebek, makanan hewani yang dapat menambah darah yaitu daging kambing. Kandungan nutrisi yang ada di dalam daging kambing dapat menambah darah di dalam tubuh Anda. Namun yang perlu diketahui, mengonsumsi daging kambing jangan terlalu berlebihan karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang dapat menambah darah, kandungan nutrisi yang ada di dalam telur bagus untuk kesehatan tubuh. Dan kandungan zat besi yang ada di dalam telur dapat membantu menambah darah.

Sayur Bayam

Sayur bayam merupakan jenis sayuran yang mengandung kaya zat besi, selain bagus untuk pembentukan sel darah merah manfaat zat besi yang ada pada bayam juga berfungsi menambah darah Anda dengan cepat.

Susu

Mungkin Anda sudah tahu berbagai khasiat dan manfaat susu untuk kesehatan tubuh, seperti yang kita ketahui bersama susu kaya dengan mineral dan vitamin yang bagus untuk kesehatan tubuh. Dan dari hasil penelitian mengungkapkan meminum susu secara rutin dapat membantu memperkecil risiko terkena anemia atau kekurangan darah.

Beras Merah

Kandungan serat alami yang ada di dalam beras merah dapat membantu membersihkan tubuh dari racun dan menjaga kesehatan pencernaan. Dan kandungan zat besi yang ada di beras merah sangat efektif untuk menambah darah.

Cokelat Hitam

Dari hasil studi yang dilakukan oleh para pakar gizi mengungkapkan bahwa coklat hitam merupakan sumber antioksidan yang sangat kuat. Selain memiliki kandungan antioksidan yang kuat, cokelat juga mengandung zat besi yang dapat menambah darah di dalam tubuh.

Apabila Anda punya penyakit kekurangan sel darah merah atau anemia, ada baiknya coba masukkan makanan-makanan penambah darah di atas ke dalam menu makanan sehari-hari. Sedikit banyak anemia pasti mengganggu aktivitas rutin Anda, jadi segeralah ambil tindakan untuk mengatasinya.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}