Ini Faktanya: Pengobatan Diabetes dengan Khasiat Noni juice


By Cindy Wijaya

Menurut salah satu riset paling ternama terkait dengan manfaat dari Noni juice, riset yang dikembangkan oleh Neil Solomon diungkap bahwa ada khasiat Noni juice yang sangat besar terhadap pengobatan diabetes.

Berdasarkan informasi yang termuat pada Direct Source Publishing mengenai riset Neil Solomon tersebut setidaknya diadakan sampling penerapan terapi dengan Noni juice terhadap 5575 orang penderita diabetes tipe 1 dan 2 dan dari terapi selama kisaran 2 bulan ditemukan hasil bahwa 82% pasien mengalami perkembangan positif terhadap penyakit diabetes mereka.

Ini menguatkan fakta adanya khasiat Noni juice terhadap proses penyembuhan dan pengobatan diabetes, baik itu terhadap diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Yang menjadi pertanyaan, dalam riset yang sama sebenarnya ditemukan setidaknya 30 jenis penyakit yang bisa diatasi oleh khasiat Noni juice. Ini membuat banyak pakar menjadi skeptis akan hasil riset tersebut. Mungkinkah dalam satu jenis buah ditemukan kemampuan mengatasi lebih dari 30 macam penyakit?

Namun keraguan tersebut berhasil dibantahkan oleh berbagai riset lain yang berhasil ditemukan mengenai khasiat Noni juice. Beberapa temuan menguatkan fakta bahwa Noni juice memang berkhasiat mengatasi diabetes dan membantu mengembalikan pasien diabetes dalam pola hidup normal. Apa sebenarnya rahasia dari khasiat Noni juice yang bisa beperan terhadap pengobatan diabetes?

Ternyata karena dalam Noni juice ditemukan sejumlah senyawa dan kandungan nutrisi yang bisa bekerja membantu pasien dalam beberapa aspek sekaligus. Dan berikut adalah beberapa fakta yang berhasil kami himpun mengenai bagaimana khasiat Noni juice bekerja terhadap pengobatan diabetes.

1. Membantu menekan proses pembentukan glukosa darah

Mengasup Noni juice akan menghambat tubuh dalam membentuk glukosa dalam darah. Sebagaimana diketahui glukosa terbentuk dari zat pati dan gula yang Anda asup. Dengan mengkonsumsi Noni juice, kandungan seratnya akan membantu mencegah pati terlalu banyak terbentuk menjadi cadangan glukosa dalam darah dengan mengalihkan kelebihan zat pati melalui pembuangan.

Baca Juga:  Memahamai Kaitan Senyawa Keton pada Diabetes

Riset yang dipublikasikan tahun 2008 dalam National Institutes of Health mengenai khasiat Noni juice membuktikan adanya kemampuan Noni juice dalam membantu mencegah pembentukan cadangan glukosa.

2. Membantu meningkatkan produksi insulin

Beberapa kasus diabetes berasal dari penurunan kondisi pankreas dalam memproduksi insulin. Kandungan terpenoid, quercetin dan pinoresinol justru membantu meregenerasi sel dalam pankreas dan mengembalikan fungsi pankreas.

Riset Anti Diabetic Effect of Morinda Citrifolia L, yang dikembangkan di Central Agricultural Research Institute, Port Blair, India membuktikan adanya kemampuan ekstrak dalam Noni juice untuk membantu memperbaiki penurunan fungsi pankreas, insensitivitas dari pankreas yang membuatnya tidak aktif memproduksi cukup insulin untuk mendorong penyerapan glukosa oleh sel tubuh.

3. Membantu melancarkan aliran darah

Beberapa jenis flavonoid, alkaloid, scolopetin dan potasium di dalamnya membantu mengembalikan komposisi darah, melebarkan pembuluh darah dan mengembalikan elastisitas pembuluh darah. Kondisi ini akan membantu mengembalikan kondisi darah yang terganggu karena kadar glukosa yang tinggi.

Menurut The Journal Environment and Public Health tahun 2011 dikatakan bahwa Noni juice termasuk jenis buah alami dengan efek mengembalikan komposisi ph darah, mengembalikan komposisi darah dan mengatasi sejumlah komponen darah yang mengganggu sirkulasi, sehingga membantu melancarkan aliran darah. Aliran darah yang lancar akan sangat baik untuk membantu mendorong glukosa berlebihan terbuang dalam mekanisme pembuangan.

4. Meningkatkan daya serap sel terhadap glukosa

masih dari manfaat jenis anti oksidan yang serupa, Noni juice terbukti ampuh meningkatkan pembakaran, meningkatkan metabolisme sehingga tubuh akan lebih aktif dalam membentuk energi. Ini memicu setiap sel lebih banyak menarik glukosa dari dalam darah, termasuk pula menjadi lebih peka terhadap sinyal insulin untuk menyerap glukosa lebih banyak.

Dalam Evidence Based Complement Alternative Medicine tahun 2012 dikatakan adanya kemampuan ekstrak dari Noni juice untuk mendorong daya serap sel terhadap glukosa dalam darah. Noni juice juga terbukti meningkatkan kepekaan sel terhadap sinyal insulin.

Baca Juga:  Mengetahui Lebih Dalam Tentang Pengendalian Resistensi Insulin

5. Meningkatkan kinerja hati dan ginjal dalam menyerap kelebihan glukosa darah

Terbukti bahwa dalam Noni juice terdapat kemampuan sebagai hepaprotektif. Kemampuan ini tidak hanya bekerja membantu meningkatkan kinerja sistem produksi enzim dalam hati dalam menjalankan fungsi sebagai netralisir racun, tetapi juga mendorong liver untuk membuang kelebihan glukosa dan lemak ketimbang menjadikannya sebagai cadangan.

Ini membantu tubuh mengendalikan kelebihan glukosa dalam tubuh dengan lebih optimal.

Selain itu, hati juga bekerja menarik lebih banyak kelebihan glukosa dalam darah sehingga mencegah kenaikan kadar glukosa berlebihan yang memicu keluhan serius sebagai komplikasi diabetes.

6. Mengatasi kerusakan sel dan gangren

Menurut Livestrong.com dikatakan diabetes tidak hanya berbahaya terhadap sirkulasi darah, tetapi juga menyebabkan sejumlah komplikasi serius seperti katarak dan gangren. Ketidak mampuan tubuh dalam memperoleh cukup suplai energi menyebabkan banyak bagian tubuh mengalami penurunan fungsi, termasuk fungsi regenerasi sel.

Menurut Journal of Wound Care tahun 2007 dinyatakan bahwa Noni juice sangat efektif membantu mempercepat penyembuhan luka pada pengidap diabetes dan mencegah terjadinya gangren.

Sedangkan menurut jurnal asli India tahun 2011, Food and Chemical Toxicology dikatakan bahwa ada khasiat Noni juice untuk membantu mencegah terjadinya katarak dengan meningkatkan daya serap sel mata terhadap glukosa darah dan membantu menjaga kondisi sistem saraf mata dengan lebih optimal.

Dengan sederet fakta yang berhasil diungkap dalam berbagai riset yang dikembangkan di berbagai negara dan pusat riset maka jelas tak ada lagi keraguan mengenai khasiat Noni juice dalam membantu pengobatan diabetes termasuk pula dalam membantu mencegah dan mengatasi sejumlah komplikasi yang mungkin terjadi karena diabetes.

Pada umumnya, penderita diabetes sudah mulai merasakan manfaat sejak bulan pertama penggunaan Noni juice jika diminum secara teratur. Jika Anda ingin tahu lebih banyak mengenai Noni juice, silakan kunjungi artikel berikut: Noni Juice—Herbal Teruji.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}