Tubuh Anda sangat memerlukan konsumsi serat untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Seorang profesor dari Standford School of Medicine, Justin Sonnenburg mengungkapkan bahwa tanpa serat yang cukup maka bakteri “baik” dalm pencernaan bisa berkurang. Ini membuat Anda jadi rentan obesitas serta mengalami berbagai gangguan kesehatan lainnya.

Memang seringkali banyak orang merasa kesulitan ketika harus memenuhi kebutuhan akan serat. Mungkin karena kurang mengerti apa sebenarnya serat itu dan bagaimana cara mendapatkan serat. Beruntung, ada sejumlah cara gampang untuk konsumsi serat agar mencukupi kebutuhan bagi tubuh. Berikut 7 cara praktis agar Anda bisa lebih banyak mengonsumsi serat.

Buah utuh

Banyak orang lebih memilih minum jus buah daripada makan buah utuh. Misalnya saja, kebanyakan orang lebih senang minum jus jeruk ketimbang makan buah jeruk. Kalau Anda ingin konsumsi serat lebih banyak, sebaiknya beralihlah dari kebiasaan ini. Jeruk yang sudah berbentuk jus tidak mengandung banyak serat. Sebaliknya, buah jeruk utuh memberikan bagi tubuh Anda lebih dari 3 gram serat. Jadi buah jeruk utuh memberikan Anda vitamin C lengkap dengan seratnya.

Ganti daging dengan sumber protein lain

Banyak orang mencoba mengurangi konsumsi daging untuk menambah kondisi kesehatan dan menjalani hidup lebih ramah lingkungan. Apabila daging diganti dengan kacang-kacangan, lentil, dan legume sebagai sumber protein, semua itu dapat mencukupi kebutuhan serat harian Anda. Lain halnya jika Anda banyak mengonsumsi daging, memang kebuthan protein tercukupi, namun tidak sebanding dengan seratnya. Jika Anda konsumsi kacang-kacangan, maka Anda bisa menyeimbangkan konsumsi serat dan konsumsi protein.

Ganti camilan keripik dengan popcorn

Camilan yang digemari biasanya dibuat dari tepung dan garam, misalnya keripik. Daripada gemar ngemil keripik, lebih baik mulai gantilah dengan popcorn yang dibuat sendiri. Camilan dari jagung itu memiliki sekitar 3 gram serat dalam setiap 90 kalorinya. Anda bisa menaburinya dengan garam, rempah, atau minyak zaitun untuk menambah cita rasanya.

Baca juga  10 Tanda yang Menunjukkan Anda Kebanyakan Makan Gula!

Buat salad sendiri

Biasanya saat orang memilih salad, mereka akan memperbanyak sayuran berwarna hijaunya. Padahal sayuran hijau belum tentu mengandung serat yang cukup bagi tubuh. Pilihan sayur yang kaya akan serat antara lain adalah wortel, paprika, kol, dan brokoli. Tidak harus sayuran mentah, sayuran yang sudah dipanggan atau dikukus dalam salad juga baik.

Jangan buang kulit kentang

Jika selama ini terbiasa mengupas kulit kentang, coba pikirkan kembali. Bagian kulit kentang memiliki lebih banyak kandungan serat, besi, dan potasium ketimbang bagian dalamnya. Hal yang sama juga berlaku untuk ubi manis.

Ganti tepung dengan tepung gandum utuh

Gantilah tepung putih biasa yang Anda pakai di rumah dengan tepung gandum utuh. Gandum ini biasanya lebih singkat proses pengolahannya sehingga kandungan seratnya masih banyak dan masih banyak mengandung berbagai nutrisi penting. Ganti juga nasi putih yang biasa dikonsumsi dengan nasi merah atau nasi cokelat karena kandungan seratnya lebih tinggi, juga rendah kalori.

Tambahkan sayuran ke dalam masakan

Jika selama ini terbiasa memasakan menu favorit tanpa tambahan sayuran, maka cobalah mulai melakukannya. Misalnya tambahkan sayuran yang cocok ke dalam masakan semur daging. Jangan khawatir akan mengurangi cita rasa, malahan sayuran yang cocok akan menambah kekayaan rasa dan sayuran tersebut juga jadi lebih lezat disantap.

Dimikianlah 7 cara konsumsi serat yang gampang. Pilihlah mana cara yang paling cocok bagi Anda dan keluarga. Dan ingatlah selalu bahwa tubuh Anda butuh serat yang cukup agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

😡
☹️
😐
☺️
😍