Ingin Cepat Kurus? Inilah Jenis Makanan yang Membantu Membakar Lemak

525

Diedit:

Selain olahraga teratur, menjaga pola makan dan asupan makanan yang baik juga turut berperan dalam mempercepat proses pembakaran lemak. Jadi bila Anda sedang dalam proyek menurunkan berat badan, ada baiknya untuk mencermati apa saja jenis-jenis makanan yang bisa membantu membakar lemak.

Kayu Manis. Sejumlah studi menunjukkan bahwa kayu manis mempunyai kemampuan menstabilkan kadar gula darah. Hal ini bisa mengurangi selera makan sehingga Anda jadi tidak banyak makan. Tambahkan bubuk kayu manis ke dalam kopi, teh, atau yogurt untuk menambah rasa manis tanpa gula maupun kalori tambahan.


Cabai. Cabai punya kandungan yang disebut capsaicin yang tampaknya mampu mengekang nafsu makan dan sedikit mempercepat metabolisme tubuh dalam waktu singkat. Makan makanan dengan bumbu cabai mungkin tidak akan berdampak besar pada berat badan, kecuali membuat Anda jadi makan lebih sedikit.


Teh Hijau. Berbagai penelitian memperlihatkan bahwa teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan dengan menstimulasi tubuh untuk membakar lemak di perut. Teh hijau mengandung katekin, sejenis fitokimia yang bisa memengaruhi metabolisme. Untuk merasakan efek pembakaran lemak, Anda mungkin perlu rutin minum teh hijau beberapa kali sehari.


Jeruk Bali. Buah ini tidak memiliki kemampuan ajaib untuk membakar lemak, tapi jeruk bali dapat membuat Anda kenyang meski hanya memiliki sedikit kalori. Hal ini dikarenakan jeruk bali kaya akan serat larut yang butuh waktu lama untuk dicerna. Minumlah setengah gelas atau segelas jus jeruk bali sebelum makan untuk membuat Anda cepat merasa kenyang.


Semangka. Makanan yang sarat cairan dapat lebih cepat memenuhi perut. Banyak buah dan sayuran mentah kaya akan kandungan nutrisi dan cairan, namun rendah kalori. Semangka adalah contoh yang bagus. Buah ini sumber antioksidan lycopene dan memberikan asupan vitamin A dan C.


Apel dan Pear. Kedua buah ini juga sarat kandungan airnya yang apabila dimakan beserta kulitnya akan membuat Anda kenyang lebih lama. Sebaiknya buah ini dimakan langsung tanpa dijus karena memberikan lebih banyak serat dan Anda pun harus mengunyahnya. Gerakan mengunyah lebih banyak membakar kalori daripada sekadar menelan jus.


Ubi Jalar. Ubi jalar yang dikukus sudah cukup lezat untuk dinikmati dan tidak perlu tambahan gula atau perasa tambahan. Anda tidak perlu menyantap kalori tambahan dari gula atau perasa tersebut. Dan terlebih lagi, ubi jalar dikemas dengan kandungan potasium, beta-karoten, vitamin C, dan serat.


Telur. Sebutir telur hanya mengandung 75 kalori, namun memiliki 7 gram protein, beserta sejumlah nutrisi penting lainnya. Ingatlah bahwa tubuh perlu membakar lebih banyak kalori untuk mencerna telur dibandingkan makanan lain yang tinggi karbohidrat. Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, ada baiknya untuk hanya makan bagian putih telur saja yang bebas kolesterol.


Kopi. Salah satu minuman favorit orang-orang segala bangsa ini ternyata bisa membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan. Kopi memang meningkatkan proses metabolisme, tapi hanya sedikit. Pilihlah kopi hitam yang tidak ditambahkan gula atau bahan tambahan lainnya.

Itulah 9 jenis makanan yang membantu membakar lemak. Jadi jika Anda ingin mendapatkan tubuh yang ideal, jangan lupa perhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Baca juga:  Mengapa Anda Sebaiknya Tidak Kebanyakan Makan Tahu?
Advertisement
Alinesia