Informasi Kesehatan Mata Terbaik untuk Anda


By Cindy Wijaya

Informasi kesehatan beragam macamnya, salah satunya adalah informasi kesehatan mata. Ya, informasi terkait kesehatan mata ini tidak boleh dipandang sebelah mata, itu karena Anda tentu menggunakan mata untuk aktivitas sehari-hari. Tanpa mata yang sehat, maka aktivitas pun akan menurun, bahkan mata juga memiliki berbagai efek terhadap kesehatan organ lainnya. Contohnya jika mata Anda tidak sehat, terkadang Anda bisa merasa pusing. Sekarang mari membaca berbagai informasi terkait bagaimana cara memperoleh mata yang sehat dan terjaga selalu. Mari baca selengkapnya.

Informasi Menjaga Kesehatan Mata

Mata seseorang itu tersusun atas jutaan sel dan tiap harinya bekerja dengan sangat keras. Dan untuk Anda ketahui bahwa organ mata Anda akan bekerja semakin keras apabila mata menghadapi efek negatif dari lingkungan luar. Efek negatif tersebut berupa terpaan angin, debu, sinar ultra violet dan juga asap kendaraan. Semuanya itu adalah ancaman untuk mata Anda. Selain gangguan tersebut, sebenarnya masih banyak lagi gangguan yang lainnya. Gangguan lain tersebut antara lain serpihan dari benda padat, serangga yang masuk mata, bahkan zat kimia berbahaya.

Semua itu bisa mengakibatkan gangguan dan infeksi pada mata Anda, dikenal juga dengan konjungtivitis, atau biasa disebut sebagai belekan. Gejala dari seseorang yang mengalami infeksi pada matanya berupa warna merah yang muncul di mata, rasa pedih, juga mata akan mengeluarkan kotoran. Selain itu benda asing yang masuk dalam mata juga bisa menyebabkan terjadinya infeksi keratitis atau kornea, di mana itu akan meninggalkan bekas seperti luka parut, bercak tebal atau makula, bisa juga meninggalkan bercak nebula atau bercak putih tipis.

Mengapa Mata Dapat Menjadi Lelah?

Selain itu, mata yang terlalu dipaksa bekerja juga akan menjadi lelah. Mata lelah ini bisa menyebabkan mata menjadi sakit, khususnya di bagian otot mata. Setiap orang tentu mempunyai otot mata, bagi yang memiliki kondisi kesehatan mata yang normal. Otot mata ini apabila selalu tegang akan menyebabkan terjadinya penurunan kinerja dari lensa mata dalam menyesuaikan ke cahaya atau presbiopi. Dan kemampuan mata seseorang juga akan semakin menurun seiring orang tersebut bertumbuh dewasa. Oleh karena itu sangatlah penting bagi Anda untuk senantiasa menjaga kesehatan organ penglihatan ini sejak dini, jangan tunggu terlambat. Supaya mata senantiasa sehat, terdapat beberapa hal yang bisa Anda coba lakukan, di mana itu akan menjadi pokok pembahasan pada kesempatan artikel informasi kesehatan kali ini.

Tips Menjaga Mata Senantiasa Sehat secara Alami

Diet Seimbang

Tips yang pertama adalah diet seimbang. Anda sebaiknya konsumsi makanan yang memang bagus untuk kesehatan mata. Adapun contoh dari makanan yang memenuhi kondisi tersebut misalnya sayuran dan buah-buahan fresh atau segar. Anda sebaiknya konsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin C, E, dan vitamin A tinggi. Sayuran yang juga sudah terkenal akan khasiatnya untuk kesehatan mata adalah sayur wortel. Sayur wortel memiliki kandungan beta karoten dan vitamin A yang cukup tinggi. Sama seperti ikan yang memiliki kandungan omega 3 tinggi. Selain itu, jenis sayuran lain yang dapat Anda coba untuk kesehatan mata Anda adalah sayur brokoli.

Istirahat

Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa mata dapat menjadi lelah, khususnya otot mata. Oleh karena itu, Anda jangan sampai membiarkan mata Anda terlalu lelah, khususnya jika Anda bekerja seharian di depan komputer. Anda dapat mengistirahatkan mata Anda setiap 60 menit. Dengan menggunakan mata untuk bekerja di depan laptop atau komputer dalam waktu yang terlalu lama akan mengakibatkan mata menjadi lelah. Istirahat tidak perlu terlalu lama, paling tidak minimal 5 menit, namun cukup sering. Sepertinya pekerjaan Anda tidak akan terlalu terganggu jika Anda hanya istirahat selama 5 menit saja.

Penerangan

Selain bekerja di depan komputer atau laptop terlalu lama, ada hal lain yang menyebabkan mata menjadi cepat lelah juga. Adapun hal lain tersebut adalah penerangan yang kurang. Contohnya saja saat Anda membaca di lingkungan yang penerangannya kurang, ini sangat buruk untuk kesehatan mata Anda. Penerangan harus seimbang, dalam artian tak boleh terlalu redup namun juga tak boleh terlalu terang.

Kacamata Hitam

Ketika Anda pergi ke luar rumah, Anda sebaiknya menggunakan kacamata hitam. Kacamata hitam dapat melindungi mata dari sinar ultraviolet, kurang lebih 95%. Itulah alasan mengapa banyak orang yang menggunakan kacamata hitam ketika berkendara, alasannya adalah ini. Anda sebaiknya memilih jenis kacamata yang memiliki frame bagus, dengan tujuan memastikan perlindungan penuh pada mata Anda. Selain menggunakan kacamata hitam, Anda juga boleh menggunakan payung ataupun topi ketika berada tepat di bawah terik dari sinar matahari, dengan tujuan agar teduh sekaligus melindungi mata Anda. Anda juga sebaiknya mengenakan kacamata pelindung saat bekerja menggunakan alat berat dan mesin, apalagi menggunakan mesin las.

Air Dingin

Air dingin bisa Anda manfaatkan untuk mencuci mata. Air dingin bisa membantu meringankan mata yang tegang. Anda juga bisa memanfaatkan tetes mata untuk keperluan ini, namun jika memanfaatkan tetes mata, disarankan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis mata. Apalagi jika tetes mata yang Anda gunakan mengharuskan resep dokter, karena ada kandungan antibiotiknya. Anda tak boleh menggunakannya secara sembarangan, karena yang ditakutkan dosis yang Anda gunakan itu salah.

Sekian artikel tentang informasi kesehatan mata terbaik untuk Anda. Semoga dengan membaca informasi ini, Anda jadi lebih termotivasi untuk menjaga kesehatan mata. Ingatlah bahwa mata Anda sangatlah berharga, boleh dibilang adalah jendela untuk melihat keindahan dunia ini.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}