Herbal Tropis: Manfaatnya untuk Pengobatan Diabetes


By Cindy Wijaya

Ada begitu banyak rahasia alam yang bisa Anda temukan dari keanekaragaman hayati yang tumbuh dan berkembang dalam dunia tropis. Sebagai salah satu belahan dunia tersubur dengan mudah Anda bisa menemukan beragam herbal dengan kemampuan pengobatan, termasuk pengobatan diabetes.

Salah satu yang belakangan tengah naik daun dan banyak dibicarakan di dunia adalah buah noni. Berawal dari sebuah riset yang dikembangkan oleh seorang pakar kesehatan dunia dari John Hopkins University di Amerika yang menguji beragam kashiat noni sebagai herbal pengobatan alami.

Demi mewujudkan riset besar ini, sang pakar, Dr. Neil Solomon, melibatkan 1.227 ahli kesehatan dari berbagai belahan dunia dan menjadikan sekitar 25.314 pasien dari berbagai jenis penyakit dengan beragam latar belakang dan berasal dari 80 negara dari berbagai belahan dunia.

Khusus dalam riset mengenai kemampuan noni sebagai pengobatan diabetes alami, Dr. Neil Solomon melibatkan setidaknya 5.575 pasien diabetes. Dari pengujian dalam riset tersebut terbukti setidaknya 82% pasien diabetes mengalami penyembuhan pasca terapi dengan noni juice (sari buah noni).

Dari riset inilah kemudian berkembang beragam riset terkait manfaat pengobatan diabetes dari buah noni, mulai dari riset yang dikembangkan dari tim kesehatan Hawaii University. Kemudian dilanjutkan dengan riset-riset lain. Beberapa riset sudah dirilis dalam jurnal di beberapa penulisan press rilisan berbagai universitas besar dunia termasuk dari India, Malaysia, Nigeria, Haiti dan termasuk pula Amerika serta Inggris.

Adapun yang menarik dari noni sebagai pengobatan diabetes yaitu adanya fakta mengenali kemampuan noni untuk membantu mengatasi diabetes langsung ke sumber masalahnya—dengan kata lain dari hulu ke hilir. Berdasarkan Healthline, manfaat dari pengobatan diabetes dengan noni antara lain adalah sebagai berikut:

  • Membantu menekan proses pembentukan glukosa darah

    Mengonsumsi noni juice (sari buah noni) akan menghambat tubuh dalam membentuk glukosa dalam darah. Sebagaimana diketahui glukosa terbentuk dari zat pati dan gula yang Anda konsumsi. Kandungan serat dalam noni juice akan membantu mencegah pati terlalu banyak terbentuk menjadi cadangan glukosa dalam darah. Pencernaan yang lancar akan membantu menyingkirkan sari makanan yang berlebihan sebelum terbentuk sebagai cadangan makanan.

  • Membantu meningkatkan produksi insulin

    Beberapa kasus diabetes disebabkan oleh penurunan kondisi pankreas dalam memproduksi insulin. Kandungan senyawa antioksidan pada noni seperti tannin, fenol, dan terpenoid bisa membantu meregenerasi sel dalam pankreas dan mengembalikan fungsi pankreas. Dan masalah produksi insulin yang terganggu pun dapat diatasi.

  • Membantu melancarkan aliran darah

    Beberapa jenis flavonoid, alkaloid, skolopetin, dan potasium di dalamnya membantu mengembalikan komposisi darah, melebarkan pembuluh darah dan mengembalikan elastisitas pembuluh darah. Kondisi ini akan membantu mengembalikan kondisi darah yang terganggu akibat kadar glukosa tinggi.

  • Meningkatkan daya serap sel terhadap glukosa

    Masih dari manfaat jenis antioksidan yang serupa, noni juice terbukti ampuh meningkatkan pembakaran sekaligus metabolisme sehingga tubuh akan lebih aktif dalam membentuk energi. Ini memicu setiap sel lebih banyak menarik glukosa dari dalam darah, termasuk menjadi lebih peka terhadap sinyal insulin untuk menyerap glukosa lebih banyak.

  • Melebarkan pembuluh darah

    Senyawa skolopetin dalam noni juga terbukti mampu melebarkan dinding pembuluh darah. Kondisi ini tidak hanya baik untuk melancarkan aliran darah sehingga mengurangi efek sumbatan yang kerap muncul pada kasus diabetes, juga mampu menekan efek pembengkakan pada kaki dan lipatan pada beberapa bagian tubuh yang juga kerap dialami pasien diabetes.

    Selain itu, pelebaran dinding pembuluh darah akan membantu meningkatkan kemungkinan glukosa untuk lebih terserap oleh sel-sel tubuh. Pelebaran pembuluh darah akan membuka pori-pori dinding pembuluh darah dan memudahkan glukosa melalui dinding pembuluh darah menuju sel tubuh.

  • Meningkatkan kinerja hati dan ginjal dalam menyerap kelebihan glukosa darah

    Terbukti bahwa dalam noni juice terdapat kemampuan untuk meningkatkan kinerja hati dalam menetralisir komposisi darah dan mengalirkan glukosa berlebihan dalam darah melalui ginjal. Peran soranjidiol dalam noni terbukti memberi efek diuretik sehingga glukosa dalam darah lebih mudah diserap oleh ginjal dan dibuang melalui urin. Bantuan ini akan sangat membantu meringankan kondisi diabetes.

  • Menekan kerusakan sel

    Masalah yang kerap dikhawatirkan pada pasien penderita diabetes adalah keluhan komplikasi akibat diabetes seperti masalah katarak, kerusakan hati, masalah ginjal, keluhan kerusakan kulit sampai keluhan penurunan fungsi jantung. Kabar baiknya dalam buah noni ditemukan sejumlah senyawa yang terbukti ampuh menekar efek kerusakan sel, mendongkrak regenerasi sel, menekan penyimpangan pertumbuhan sel, dan membantu memperbaiki kerusakan sel. Sejumlah senyawa tersebut antara lain damnachantal, xeronin, terpenoid, fenol, dan tannin.

Itulah beberapa kelebihan buah noni sebagai pengobatan diabetes. Penyakit diabetes sebenarnya bisa Anda atasi dengan menjalankan pola hidup sehat dan seimbang dengan meningkatkan konsumsi makanan yang memiliki khasiat menurunkan kadar glukosa darah, salah satunya adalah buah noni ini. Jadi jangan ragu untuk menambahkan buah noni maupun noni juice sebagai konsumsi harian Anda untuk membantu mengatasi diabetes secara efektif.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}