Diet Sehat Cara Mengecilkan Perut dengan Makanan Diet!

258
Shutterstock

Diedit:

Hidup dengan perut yang buncit benar-benar melelahkan, apakah Anda merasakan hal ini? Bagaimana tidak, Anda sulit bangkit berdiri saat sedang duduk dilantai atau bahkan saat hendak menggenakan kaos kaki. Penderitaan Anda tak hanya sebatas itu saja, berjalan kaki menjadi hal yang melelahkan dan menyebabkan Anda malas. Lalu, saat tidur bisa jadi anggota keluarga Anda merasa terganggu dengan dengkuran yang tanpa sadar keluar dari mulut Anda. Ya, hal ini bukanlah pengalaman yang menyenangkan baik bagi Anda atau keluarga, saatnya Anda melakukan diet sehat!

Banyak orang berpikir diet adalah soal cara mengecilkan perut yang dilakukan dengan aktivitas ‘gym’ atau diet saja. Namun, sewaktu Anda berupaya untuk mengecilkan perut sebenarnya banyak faktor yang terlibat. Maka dari itu, Anda sering mendengar bahwa aktivitas yang dilakukan hendaknya ‘seimbang’ dengan makanan diet yang masuk kedalam perut Anda. Bicara soal makan, apakah ini soal sarapan, makan siang, dan makan malam? Sebenarnya tak hanya itu saja, pertimbangkan juga makan sebelum olahraga, setelah olahraga, ketika ‘jajan’, atau saat berbelanja!

Apakah Anda pernah memikirkan hal tersebut? Diet sehat bukanlah diet yang menyiksa sehingga Anda stres, merasa tertekan atau depresi. Diet demikian dapat menggagalkan tujuan sebenarnya dari program diet itu sendiri. Maka perhatikanlah cara mengecilkan perut dengan makanan diet berikut ini! Siapa tahu Anda berhasil menjalani diet ini!

Makan Pagi alias ‘Sarapan’

Sarapan seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa orang yang tidak memiliki cukup waktu dipagi hari, mereka cenderung melewatkan sarapan yang sebenarnya berperan penting bagi aktivitas menjelang siang hari nanti. Alhasil, banyak orang malah mengonsumsi makanan tanpa memperhatikan kandungan nutrisi didalamnya. Sarapan yang baik sebagai makanan diet ialah semangkuk bubur gandum yang dicampur dengan buah dan sayur, didampingi oleh susu ‘low fat’ atau susu rendah lemak. Selain nikmat, kandungan serat dapat mencegah terjadinya kelaparan.

Baca juga:  Gemuk Air Membuat Anda Sulit Langsing!

Makan Siang

Makan siang yang baik hendaknya rendah kadar gula, penumpukan kadar gula hanya membuat Anda lemas. Hindari kandungan kafein baik yang ada dalam minuman seperti kopi atau pada tembakau seperti rokok yang memautkan.

Makan Malam

Makan malam hendaknya dibatasi hingga 5 jam sebelum Anda tidur dengan porsi paling sedikit bila dibandingkan dengan sarapan ataupun makan siang. Buah, pudding, teh rendah gula, dan segenggam kacang adalah pilihan Anda.

Makan Sebelum dan Setelah Berolahraga

Sebelum olahraga, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mudah dicerna seperti; smoothies, sup, atau yoghurt. Roti, sereal utuh (whole grain), nasi merah, buah-buahan, dan sayur dapat menjadi pilihan yang tidak kalah nikmat. Setelah berolahraga, ada baiknya untuk menunggu hingga 45 menit sebelum menyantap hidangan pengisis tenaga. Cobalah untuk mengonsumsi buah, sayur, sereal utuh (whole grain), dan seporsi ‘protein’ – untuk memulihkan massa otot yang telah ikut terbakar selama proses pembakaran kalori, sekalipun Anda sama sekali tidak merasakan lapar.

Advertisement
Alinesia