Diet Sehat 4 Makanan Penurun Berat Badan

890

Diedit:

Sebenarnya Anda tak perlu menderita hanya untuk melakukan diet guna menurunkan berat badan. Sebenarnya ada jenis makanan tertentu yang dipercaya sebagai penurun berat badan, setidaknya ada 4 jenis makanan yang tak akan menyiksa program diet yang Anda jalankan. Mari kita perhatikan penjelasan berikut ini dan rasakanlah manfaatnya!

Grape-fruit; Ini bukanlah nama dari buah anggur dalam versi bahasa Inggris. Grape-fruit adalah buah sub tropis yang sejenis dengan jeruk. Daging buahnya dapat berwarna merah muda hingga merah rubi. Seorang kepala peneliti dari Nutrition and Metabolic Research Center, bernama Dr. Ken Fujioka berpendapat bahwa grape-fruit memiliki khasiat dalam menurunkan berat badan. Mengonsumsi ½ grape-fruit sebanyak 3 kali dalam 1 hari dapat menurunkan berat badan hingga 1,8 kg dalam periode waktu 3 bulan, tanpa harus merubah pola makan atau meningkatkan aktivitas.

Kacang-kacangan; walaupun banyak kacang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, namun sebenarnya ada beberapa jenis kacang yang dapat mencegah proses penyerapan lemak. Salah satunya ialah almond, jenis kacang ini tergolong langka karena harganya yang cukup mahal dan seringkali dijadikan bahan tambahan pembuatan cokelat. Rupanya serat di dalam dinding sel almond-lah yang dapat mencegah proses penyerapan lemak ke dalam tubuh.

Produk olahan susu; ini dia bahan makanan yang menimbulkan pro-kontra. Beberapa orang merasa bahwa produk olahan susu tentu menyimpan lemak ke dalam tubuh Anda. Maka, sungguh heran jika ini disebut sebagai salah satu dari makanan penurun berat badan. Namun, ternyata produk olahan susu dapat menghancurkan lemak tubuh yang dikarenakan oleh tingginya kadar kalsium dibandingkan dengan suplemen. Selain itu, banyak produk olahan susu yang mengandung whey-protein, vitamin D, dan angiotensin onverting enzyme (ACE) – guna memecah lemak tubuh.

Teh; Anda tak perlu mengonsumsi teh pelangsing hanya untuk melangsingkan tubuh. Sebenarnya teh biasa saja bisa menurunkan berat badan Anda. Sebuah studi yang dilakukan oleh 1210 orang di Taiwan berhasil memperlihatkan manfaat dari membiasakan minum teh 1 kali dalam 1 minggu, selama 6 bulan. Hasilnya ialah penurunan lemak tubuh hingga 19,6%. Ukuran lingkar pinggang dan pinggul para peminum teh juga tampak berkurang 2,1% – hal ini tampak nyata pada mereka yang memiliki kebiasaan minum teh lebih dari 10 tahun. Benar-benar unik dan menakjubkan!

Namun, studi lain juga memperlihatkan bahwa para pria Jepang yang mengonsumsi 1 botol teh hijau atau ekstrak teh hijau, setiap hari selama periode waktu 3 bulan dapat menurunkan berat badan hingga 2,3 kg. Sedangkan yang meminum jenis teh oolong hanya mengalami penurunan berat badan hingga 1,5 kg. Sudahkah Anda mencobanya?