Daun Insulin Untuk Pengobatan Diabetes, Apakah Aman?

581

Diedit:

Daun insulin, herbal satu ini tampaknya sedang menjadi pembicaraan bagi kalangan penderita diabetes. Dikatakan bahwa tanaman herbal satu ini memiliki manfaat dalam pengobatan diabetes secara tradisional.

Bagaimana sebenarnya manfaat daun insulin ini? benarkah daun herbal ini memiliki manfaat kuat dalam pengobatan diabetes? apakah pengkonsumsian herbal ini sepenuhnya aman dan tidak meninggalkan efek buruk di jangka panjang?

Apa Sebenarnya Daun Insulin?

Menurut keilmuan biologi, tanaman yakon adalah tanaman yang berasal dari kawasan meksiko dan Amerika Tengah. Merupakan tanaman yang bisa bertahan hidup pada suhu tropis membuatnya juga dengan mudah hidup dan menyebar di Indonesia.

Tanaman ini dikenal sebagai tanaman hias dengan bunga kekuningannya yang cerah. Pada awalnya, masyarakat Indonesia menjadikannya sebagai tanaman hias perdu. Sampai sejumlah pemberitaan mengangkat manfaat daun insulin dalam membantu menurunkan level kadar gula darah.

Sejak tahun 2001 tanaman ini perlahan mendunia berkat informasi yang diperoleh dari publikasi The Journal of Ethnopharmacology tahun 2001. Dalam laporan tersebut dijelaskan bahwa pemberian daun insulin pada sampel tikus selama 30 hari berturut akan membantu efek resistensi insulin dan menurunkan kadar gula darah.

Di Eropa dan Amerika, tanaman yakon ini lebih banyak dimanfaatkan umbinya. Kandungan fruktooligosakarida (FOS) pada umbi yang tinggi menjadikannya kerap dimanfaatkan sebagai pemanis buatan pengganti gula.

Fruktosa dalam umbi yakon tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga dianggap aman dalam terapi pengobatan diabetes. Selain juga akan sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, karena FOS adalah komponen serat alami yang penting untuk melancarkan pembuangan.

6 Manfaat Daun Insulin Secara Umum

Demikian populernya herbal ini membuatnya kini banyak diolah sebagai bahan utama obat herbal penderita diabetes. Daun yang sebenarnya berasal dari tanaman yakon ini dianggap sangat manjur menurunkan kadar gula dalam darah dan memiliki kemampuan bekerja menyerupai insulin alami dari dalam tubuh.

Ada cukup banyak manfaat dari daun insulin untuk kesehatan. Dan beberapa manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

Anti diabetes

Sejak temuan di tahun 2001, sejumlah riset menyusul membuktikan bagaimana tanaman ini memang memiliki manfaat untuk pengobatan diabetes. Kemampuan anti hiperglikemik di dalamnya terbukti sangat efektif menurunkan kadar gula darah.

Daun yakon ini membantu menurunkan daya serap pencernaan terhadap glukosa. Membantu meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin dan memiliki kadar kalori relatif rendah.

Bahkan umbinya dianggap sebagai kentang diet karena manfaatnya untuk memberi efek kenyang tanpa menambahkan banyak kalori ke dalam tubuh.

Anti kanker

Flavonoid dalam daun insulin terbilang sangat tinggi dan ini membantu memberi efek anti oksidan bagi tubuh. Manfaat flavonoid ini baik sebagai senyawa anti kanker.

Dalam riset yang dilaporkan pada Journal of Medicinal Plants Research tahun 2017, daun ini diketahui memiliki komponen cytotoxine yang baik sebagai anti kanker. Tanaman ini diduga memiliki manfaat terhadap pencegahan kanker serviks, kanker usus dan kanker kolon.

Hepaprotektif

Sejumlah komponen fitokimia dalam daun insulin juga diklaim memiliki manfaat untuk melindungi kesehatan hati. Karena herbal ini akan membantu menstimulasi kinerja liver dan membantu liver dalam mengatasi toksin dan residu dalam tubuh.

Hal ini dijelaskan dalam Journal of Nutrients tahun 2016. Daun insulin dikatakan juga membantu mengendalikan produksi lemak hati dan membantu menurunkan kadar kolesterol yang berbahaya bagi kesehatan hati.

Kesehatan Pencernaan

FOS atau fruktooligosakarida adalah komponen serat yang memiliki peran besar untuk melancarkan pencernaan. FOS adalah prebiotik yang baik untuk meningkatkan jumlah bakteri baik dalam pencernaan. Sebagaimana dijelaskan dalam Journal of Food Chemistry tahun 2012.

FOS juga bekerja membantu memperbaiki fungsi pencernaan, menghambat pencernaan menyerap komponen lemak dan glukosa dengan berlebihan serta membantu meningkatkan kadar lipid dalam darah. Hal ini juga diungkap dalam jurnal Universitas Jember tahun 2015.

Komponen anti inflamasi dalam daun insulin juga diketahui baik untuk membantu dalam pengobatan tukak lambung dan peradangan pada usus.

Bahkan daun herbal ini juga dianggap baik membantu mengatasi efek iritasi akibat acid reflux. Termasuk membantu mengatasi iritasi pada kerongkongan dan sariawan.

Kesehatan Kulit

Ada sinergi antara kadar gula dalam darah, resistensi insulin dan gangguan pencernaan dengan kesehatan kulit. Banyak penderita masalah jerawat dan kulit kusam juga memiliki masalah dengan kadar gula darah, kolesterol dan gangguan pencernaan.

Sementara terbukti daun insulin baik untuk pengobatan diabetes dan keluhan lain seputar pencernaan dan kolesterol, maka terapi dengan herbal ini juga akan memberi progress positif pada kulit.

Baik Untuk Diet

Kadar kalori yang rendah dan pengaruhnya terhadap komposisi serat dalam pencernaan menjadikan daun insulin juga secara tidak langsung dianggap baik untuk menurunkan berat badan.

FOS akan membantu menghambat penyerapan terhadap lemak dan gula. Di sisi lain FOS akan membantu melancarkan BAB sehingga melancarkan pembuangan lemak yang terendap dalam usus.

Manfaat Daun Insulin: Khusus Pengobatan Diabetes

Selain riset yang dikembangkan di tahun 2001, terapi daun yakon ini untuk pengobatan diabetes juga dibuktikan dalam riset di tahun 2010 berdasar pelaporan pada Chemico -Biological Interactions.

Dalam riset digunakan sampel tikus yang telah diinjeksi dengan glukosa berkadar tinggi. Setelah terapi 8 pekan, tikus menunjukan penurunan kadar gula darah dengan signifikan.

Baca juga:  4 Jenis Herbal Pencegah Kanker yang Terbukti Ampuh

Bahkan dalam jurnal juga disertai peringatan untuk memperhatikan kadar glukosa dalam darah mengingat efek anti diabetes dari daun insulin ini dianggap cukup agresif. Memadukan pengobatan diabetes medis dengan daun insulin dikhawatirkan akan menyebabkan efek hipoglikemia.

Daun Insulin Untuk Pasien Diabetes

Sejauh ini sebenarnya belum ada riset yang menunjukan bagaimana kinerja elemen anti diabetes dari daun yakin maupun akar tanaman yakon terhadap tubuh manusia.

Hanya sejumlah pembuktikan menunjukan bahwa daun herbal ini memang memiliki kadar anti oksidan yang sangat tinggi. Sehingga dapat dimanfaatkan sebagai anti radikal bebas.

Sebagaimana dijelaskan dalam Journal of Food Science tahun 2015, sejumlah komponen anti oksidan ini baik membantu meningkatkan sensitivitas sel terhadap sinyal insulin.

Dalam Repository Universitas Airlangga juga dijelaskan bagaimana daun insulin memiliki komponen senyawa yang bekerja meniru aktivitas insulin terhadap kadar gula darah. Ini menguatkan pemanfaatan dari daun insulin dalam terapi pengobatan diabetes.

Dengan meniru aktivitas insulin alami, daun insulin akan membantu memberi sinyal bagi sel untuk menarik lebih banyak glukosa dari dalam darah. Ini akan mendorong turunnya kadar gula darah.

Dalam informasi lain dijelaskan adanya kemampuan daun insulin untuk meningkatkan kepekaan reseptor  insulin dari sel dan membantu meningkatkan efektivitas sel dalam memproduksi energi.

Daun herbal itu sendiri sendiri diketahui mengandung sejumlah komponen fitokimia seperti fenolik, terpenes, flavonoid, chatecol, potasium dan sejumlah komponen fitokimia lain. Fitokimia tersebutlah yang memberi manfaat terhadap penurunan kadar glukosa darah dengan efektif.

Secara keseluruhan kemampuan daun insulin relatif cukup lengkap dalam membantu manajemen pengobatan diabetes. Komponen anti glikemiknya relatif agresif dengan kandungan anti inflamasi yang cukup tinggi dan kadar anti oksidan yang baik.

Baca juga:  Temukan 12 Herbal Diet untuk Melangsingkan Badan Lebih Cepat

Sebagaimana disimpulkan dalam Evidence Based Complementary and Alternative Medicine tahun 2017. Jurnal ini mengungkapkan sinergi dari efek anti glikemik dan anti oksidan dalam daun yakon membantu memperbaiki sensitivitas insulin dan meningkatkan kinerja pankreas dalam memproduksi insulin.

Dikatakan pula manfaat anti inflamasi dan anti oksidan dalam daun yakon ini akan membantu mengendalikan efek buruk dari diabetes. mencegah kerusakan sel yang lazim terjadi pada pasien diabetes. Manfaat anti kolesterol dalam daun yakon ini juga ditengarai akan membantu mencegah perkembangan diabetes semakin buruk.

Daun Insulin Amankah Untuk Dikonsumsi?

Tak dipungkiri daun insulin memang baik untuk membantu dalam pengobatan diabetes. Tetapi apakah herbal satu ini sepenuhnya aman dan bebas efek samping?

Riset yang dikembangkan di tahun 2011 mencoba mengujikan penggunaan ekstrak daun insulin ini pada tikus dalam jangka 90 hari. Dan rupanya hasil dari test ini cukup perlu menjadi perhatian, terutama bila kita tertarik menggunakan terapi daun insulin dalam pengobatan diabetes secara tradisional.

Dalam riset ditemukan adanya efek kerusakan ginjal akibat komponen fitokimia dalam daun yakon ini yang ditengarai justru memberi efek toksin ketika kadarnya menjadi berlebihan dan terendap.

Riset yang diungkap dalam Journal of Ethnopharmacology tahun 2011 ini juga menunjukan efek kerusakan ginjal ini justru dapat meningkatkan kembali kadar gula dalam darah.

Pakar sepakat bahwa manfaat baik dari daun herbal ini bersifat sementara. Justru sejumlah komponen fitokimia dan mineral dalam daun insulin. Seperti terpenoid dan potasium memiliki efek buruk pada ginjal setelah pemakaian jangka panjang.

Yang menarik, sejumlah fakta baru justru menunjukan bahwa daun insulin memiliki manfaat pada fungsi renal atau saluran kencing, sebagaimana dijelaskan dalam Journal of Food and Chemical Toxicology tahun 2012.

Bahkan dikatakan terapi alami ini akan membantu mengatasi peradangan pada sistem saluran kencing. Apalagi mengingat adanya efek diuretik pada daun insulin yang akan membantu melancarkan kencing.

Dan menurut sumber Journal of Biosciences and Medicines tahun 2016 disimpulkan dalam dosis yang tepat dan penggunaan jangka pendek, daun herbal ini tetap aman untuk fungsi hati dan ginjal.

Dalam dosis 400 mg perhari, daun yakon ini tetap dapat memberi manfaat optimal dengan aman.  Justru dengan dosis yang tepat, daun insulin terbukti meningkatkan kadar glutathione hingga 48%.

Senyawa glutathione adalah senyawa anti oksidan alami yang diproduksi oleh hati dan akan bekerja sebagai anti radikal bebas dan anti inflamasi terbaik bagi tubuh. Dalam level yang tinggi, sel-sel tubuh cenderung akan lebih aktif dan terhindar dari kerusakan.

Kesimpulan Tentang Manfaat Daun Insulin

Pada dasarnya terbukti  dengan baik bahwa daun insulin memiliki manfaat cukup kuat sebagai pengobatan diabetes. Terapi dengan daun yang juga dikenal dengan sebutan daun yakon ini memiliki efek cukup kuat menurunkan kadar gula darah dan membantu mengembalikan sensitivitas sel terhadap insulin.

 diabetes
sumber : 123rf

Tetapi tetap pertahankan dosis aman dan jangka waktu dalam mengonsumsi herbal ini. Fakta-fakta mengenai sejumlah komponen bahaya dari herbal ini dan mengenai  efek buruk daun insulin di jangka panjang perlu pula menjadi perhatian Anda.

Pastikan mengonsumsi daun insulin dalam dosis moderat dan hindari pemanfaatan daun insulin sebagai pengobatan diabetes untuk jangka lebih dari 2 bulan berturut-turut. Ini akan melindungi Anda dari efek buruk daun insulin.

Advertisement
Alinesia