Ciri-Ciri Kecanduan Yang Mudah Dikenali


By Fery Irawan

Kecanduan – Gangguan psikologi yang satu ini telah menjadi belengu yang merenggut kebebasan penderitanya. Jika Anda belum pernah mengalami kecanduan, mungkin sulit untuk mengerti kondisi ini. Apa yang mendorong pecandu untuk mengejar kecanduannya sekalipun ada “harga” yang harus dibayarkan? Setiap orang yang mengalami kecanduan itu unik. Ciri-ciri kecanduan berikut akan membantu Anda untuk berempati sehingga dapat memberikan bantuan bagi siapapun yang memiliki problem tersebut.

Artikel ini dimaksudkan agar kita memahami kondisi orang-orang yang kecanduan, bukan untuk menghakimi atau menyudutkan individu atau kelompok manapun. Dalam artikel ini Anda dibantu untuk menyelami perasaan dan pikiran para pecandu. Gangguan ini bukanlah penyakit menular yang membuat Anda harus menjauhi setiap pecandu yang Anda kenal. Berhati-hati agar tidak terlibat dengan zat atau perilaku mencandu merupakan hal yang benar, namun menjauhi pergaulan sehari-hari dengan pecandu bukanlah cara yang tepat untuk membantunya terlepas dari kecanduan – mengapa?

Ciri-Ciri Kecanduan

Banyak orang tahu bahwa kecanduan seringkali berhubungan dengan ketergantungan pada zat, seperti; alkohol, nikotin, obat-obatan terlarang, atau bahkan obat resep. Menurut verywell, semua orang bisa ketagihan dalam segala hal mulai dari perjudian, seks hingga internet. Beberapa kegiatan tersebut tampak begitu normal, sehingga sulit dipercaya bahwa hal ini dapat memicu terjadinya kecanduan.

Namun faktanya siklus kecanduan masih bisa terjadi, ini membuat kehidupan sehari-hari menjadi suatu perjuangan yang konstan. Karena penderitanya cenderung mencari lebih banyak kesempatan untuk terlibat dalam perilaku tersebut. Keinginan untuk mengalami sensasi “high” yang berasal dari perilaku tersebut menjadi begitu kuat. Sehingga individu tersebut terus melakukan aktivitas meski ada konsekuensi negatif. Mereka juga bisa mengalami masa “kambuh”, atau timbul emosi negatif dan gejala lainnya, terutama bila mereka tidak dapat melakukan aktivitas tersebut.

Merasa Tersisih

Bayangkan sejenak, Anda tidak pernah “benar-benar merasa nyaman” dengan diri sendiri. Anda merasa gagal dalam segala hal yang Anda lakukan. Atau Anda merasa tidak puas dengan tingkat kesuksesan yang Anda raih saat ini. Hal demikian dapat terjadi karena Anda merasa berbeda dengan orang disekitar. Anda bisa jadi merasa tidak sebaik orang lain. Atau orang lain mungkin memperlihatkan pandangan seakan-akan Anda tidak baik, tidak berharga, atau keberadaan Anda hanya terlihat saat “ada maunya” saja.

Tak satu pun hal yang dirasa baik oleh orang disekitar Anda terasa demikian. Hal ini terjadi entah karena Anda merasakan penolakan atau karena pengalaman yang terasa hampa dan tidak memuaskan. Ciri-ciri kecanduan ini dirasakan oleh para pecandu, sebelum mereka mulai mencandu.

Merasa Ketagihan

Kemudian bayangkan Anda mendapatkan pengalaman yang menyenangkan misalnya; minum-minuman beralkohol, minum obat-obatan tertentu (atau bahkan obat terlarang), memenangkan taruhan atau permainan, memiliki pengalaman seksual, makan berlebihan, atau membeli sesuatu untuk diri Anda sendiri. Lalu Anda tiba-tiba menyadari bahwa kegiatan ini terasa sangat hebat. Anda merasa seolah-olah mencapai keberhasilan yang mudah didapatkan dan merasa bahwa ini cocok sekali untuk gaya hidup Anda. Orang lain mungkin tidak mengerti hal ini, namun sekarang Anda merasa hidup Anda lebih baik dari sebelumnya.

Akhirnya ada sesuatu yang bisa Anda andalkan untuk terlepas dari masalah dihadapan Anda. Dalam beberapa hal mungkin mudah untuk mendapatkan sensasi menyenangkan itu, sebagai contoh; pecandu makanan bisa saja hanya mengeluarkan sejumlah kecil uang untuk membeli makanan yang ia senangi. Namun, hal ini berbeda dengan pecandu “obat terlarang” yang seringkali menghabiskan banyak uang dengan risiko tinggi, serta interaksi sosial yang tidak bisa dipercaya.

Namun dibandingkan dengan kehampaan yang Anda rasakan sebelumnya, tampaknya berinvestasi dengan cara tersebut merupakan yang terpenting dalam kehidupan agar Anda dapat merasa nyaman dan bahagia. Itulah yang dirasakan saat Anda mulai mengalami kecanduan, Anda akan melakukan segala cara untuk memperolehnya. Waspadalah dengan ciri-ciri kecanduan tersebut.

Merasakan Konsekuensi

Anda mungkin berpikir, tentuorang lain tidak akan mengerti. Namun, hal ini justru membuat Anda ingin menghabiskan waktu dengan orang-orang yang mengerti. Dalam hal ini ialah mereka yang memiliki kecanduan serupa. Anda mulai merasa bahwa disinilah tempat seharusnya Anda berada. Anda tak perlu memberikan penjelasan apapun kepada mereka.

Tampaknya mereka sangat mengerti karena mereka melakukan hal yang Anda lakukan. Sekilas tampaknya mereka “sepaham” dan mengerti kondisi Anda. Sehingga Anda tidak lagi merasa sebagai orang luar, Anda merasa seperti berada dalam lingkungan yang akrab dan kekeluargaan – Seperti menjadi anggota dari suatu klub rahasia.

Tentu saja, ada harga yang harus dibayar. Anda bisa mengalami kenaikan atau penurunan berat badan, mengalami masalah kesehatan atau kehilangan banyak uang, hal-hal lainnya, bahkan hubungan sosial yang penting. Namun tampaknya ini menjadi hal biasa yang tak dapat dibandingkan dengan kebahagiaan yang Anda rasakan, sekalipun hanya dalam waktu singkat – Kecanduan jadi tampak sangat menyenangkan.

Bisa jadi semakin banyak orang mulai mengkritik Anda, sehingga membuat Anda semakin ingin mencari kenyamanan yang didapatkan dari kecanduan. Semakin banyak orang lain yang menguliahi Anda tentang apa yang seharusnya Anda lakukan dengan hidup Anda. Semakin yakin Anda bahwa mereka tidak tahu apa yang mereka bicarakan. Tentu, Anda tahu yang mereka katakana benar, namun Anda juga tahu bahwa kehidupan normal tidak pernah bisa Anda raih.

Anda mungkin berharap untuk bisa puas dengan hal-hal umum yang membuat orang lain bahagia, seperti; karier dan keluarga. Namun untuk mendapatkan hal-hal itu, atau mengalami seperti yang Anda inginkan. Anda harus percaya pada diri sendiri dan kepercayaan diri itu selalu terelakkan. Pada tahap ini dilema sering melanda pecandu, hal ini dapat berpotensi menimbulkan ciri-ciri kecanduan yang lebih tinggi.

Merasa Terjebak

Kebanyakan pecandu berjuang dengan kehidupan ganda. Anda mungkin mencoba untuk menjaga rapat-rapat rahasia kecanduan yang Anda alami dari kebanyakan orang. Sekalipun ini tampak jelas dimata orang-orang yang ada disekitar Anda. Anda sulit untuk mengakui diri sendiri bahwa menjadi pecandu merupakan masalah. Karena tidak peduli seberapa singkatnya ini, kecanduan telah memberi Anda kebahagiaan yang membuat kehidupan Anda tampak baik-baik saja.

Anda mungkin ingin menghilangkan kecanduan yang dialami, namun Anda tidak ingin mulai lagi dari awal karena merasa “sayang” atau kehilangan karena pengorbanan yang Anda telah lalui untuk dapat merasakan kebahagiaan dengan mencandu sebagai ciri-ciri kecanduan.

Pengobatan kecanduan selalu tersedia, namun ini berarti Anda harus mengawali dan menghadapi masalah utama yang teralihkan oleh aktivitas mencandu tersebut. Ketidakpuasan yang mendalam akan diri Anda dan kehidupan yang dimiliki merupakan peranan besar dalam kecanduan. Cobalah untuk bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sehubungan dengan dampak yang terjadi bagi orang lain karena kecanduan yang Anda alami.

Hal ini juga mengartikan bahwa Anda perlu memulai untuk belajar melihat kehidupan dengan sudut pandang yang berbeda. Belajar merasakan kesenangan atau kebahagiaan dari hal-hal sederhana disekitar Anda. Hal ini akan membantu Anda dalam mengatasi banyak tantangan dan ketidaksempurnaan hidup, tanpa harus mundur kembali menuju kecanduan yang Anda tinggalkan. Singkatnya – terima diri Anda sebagai seorang manusia yang sama seperti orang lain.

Dalam artikel ini Anda telah dibantu untuk menyelami perasaan dan pikiran para pecandu. Ingatlah bahwa gangguan ini bukanlah penyakit menular yang membuat Anda harus menjauhi setiap pecandu yang Anda kenal. Tetap berhati-hatilah agar tidak terlibat dengan zat atau perilaku mencandu, namun tidak menjauhi pergaulan sehari-hari dengan pecandu untuk dapat membantu mereka terbebas dari belenggu kecanduan.

Temukan informasi menarik lainnya seputar kecanduan, seperti; obat kecanduan dan penyebab kecanduan dalam artikel lainnya. Nantikan informasi penting lainnya seputar gangguan kesehatan, tips hidup sehat, maupun pengobatan alternatif alami – hanya di deherba.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.