Ciri-Ciri Hamil yang Jangan Terlambat Diketahui

503

Diedit:

Ciri-ciri hamil jangan sampai terlambat mengetahuinya. Umumnya, alat yang digunakan untuk mengetahui apakah seorang wanita hamil atau tidak adalah dengan menggunakan test pack. Test pack ini dapat dibeli di apotik. Memang test pack merupakan alat yang paling mudah dan praktis digunakan untuk mengetahui ciri-ciri hamil pada seseorang, dan mengetahuinya tanpa terlambat.

Di sini kata-kata “tanpa terlambat” sangat penting, jangan sampai seorang pasangan terlambat mengetahui kehamilan. Karena dengan mengetahui sejak dini, maka akan bisa membuat perencanaan kehamilan dengan lebih matang. Tetapi sebenarnya selain menggunakan test pack, Anda juga bisa mengetahui ciri-ciri hamil dengan cara-cara lainnya.

Test pack merupakan alat tes kehamilan yang menggunakan media urine. Ciri-ciri hamil yang diketahui dengan menggunakan test pack hasilnya cukup akurat, sehingga alat ini bisa diandalkan. Jadi, tidak ada salahnya Anda mencoba menggabungkan beberapa informasi namun ditambahkan juga dengan informasi dari test pack. Dengan begitu, ciri-ciri hamil yang didapat pun akan lebih akurat, dan tidak salah dalam melakukan prediksi kehamilan.

Sebenarnya, bidan dan dokter kandungan pun juga banyak yang mengandalkan alat test pack ini, khususnya dalam memastikan kehamilan pasien. Masyarakat juga walaupun begitu banyak yang masih menggunakan cara lain dalam melihat ciri-ciri hamil dari seorang wanita, terkadang hasilnya belum tentu seakurat ketika menggunakan test pack.

Hati-hati ciri yang salah

Terkadang ada beberapa gejala penyakit di mana gejala atau tanda-tanda yang muncul itu hampir sama dengan tanda-tanda kehamilan. Anda jangan sampai salah mengartikan tanda-tanda tersebut. Jika memang Anda masih belum yakin, dapat menggunakan test pack, atau melakukan konsultasi ke dokter kandungan. Apalagi jika sebelumnya Anda pernah melakukan aktivitas yang berpotensi ke kehamilan.

Ciri-Ciri Hamil Minggu Pertama

Berikut merupakan ciri-ciri hamil minggu pertama pada seorang wanita. Dipandang dari sisi kedokteran, maka kehamilan minggu pertama itu terhitung mulai dari hari terakhir di mana seorang wanita mengalami menstruasi. Ciri-ciri hamil pada minggu pertama tersebut bervariasi, berikut contohnya:

  • Sakit perut

    Sakit perut, atau kram perut merupakan ciri-ciri hamil pertama. Adapun yang menyebabkan kram perut ini terjadi adalah karena proses dari implantasi calon janin. Sakit perut akan terjadi disebabkan proses penempelan, di mana proses tersebut biasanya bukan merupakan bagian rahim, namun akan segera menjadi bagian rahim. Karena itulah ciri-ciri hamil sakit atau kram perut merupakan kondisi yang wajar melihat situasi ini.

  • Bercak darah

    Ciri-ciri hamil yang kedua yaitu bercak darah (pendarahan). Di minggu pertama kehamilan seorang wanita, pendarahan implantasi dapat terjadi, dikenal juga dengan nama lain implantation bleeding. Ciri-ciri hamil ini dapat terjadi disebabkan oleh proses implantasi atau menempelnya calon janin di dinding rahim, karena itu Anda juga akan bisa menemui bercak, jadi sama seperti ketika Anda sedang haid, namun lebih sedikit.

  • Payudara berubah

    Payudara mengalami perubahan, ini adalah ciri-ciri hamil juga, yang bisa dilihat dari perubahan fisik yang ada. Di minggu pertama dari kehamilan, perubahan payudara tersebut akan mulai nampak. Ciri-ciri hamil ini akan menyebabkan payudara Anda juga menjadi lebih sensitif apabila disentuh, juga jika terkena bra dapat membuat Anda merasa kurang nyaman. Sementara itu, ukurannya pun akan ikut membesar. Semua ini karena pengaruh perubahan hormon di dalam tubuh wanita hamil tersebut.

  • Frekuensi buang air kecil meningkat

    Ciri-ciri hamil ke–4 yakni frekuensi urinasi, atau buang air kecil yang semakin meningkat. Ketika kehamilan terjadi, otomatis janin di dalam rahim membutuhkan ruang lebih, untuk proses tumbuh kembang janin tersebut. Karena itu, ciri-ciri hamil ini, frekuensi buang air kecil meningkat akan terjadi, disebabkan kandung kemih yang tertekan rahim. Biasanya kondisi ini terjadi ketika usia kehamilan 1 minggu, kemudian pada minggu ke-12 akan berhenti, kemudian ciri-ciri hamil ini pun akan terjadi kembali ketika minggu ke-28, ketika kondisi perut sudah mulai membesar. Tetapi ini bukanlah sebuah tanda-tanda yang merepotkan.

  • Muntah dan mual

    Masih di ciri-ciri hamil, yang berikutnya adalah perasaan mual dan ingin muntah. Biasa dikenal juga dengan nama lain morning sickness, ini bukanlah sesuatu yang aneh. Morning sickness adalah ciri-ciri hamil yang akan muncul saat 3 bulan pertama waktu kehamilan. Memang beberapa wanita ada juga yang tak mengalami tanda-tanda ini, tetapi sebagian besar wanita hamil mengalami yang namanya morning sickness. Disebut morning sickness, karena perasaan mual dan ingin muntah oleh wanita hamil tersebut terjadi ketika pagi hari. Ciri-ciri hamil yang satu ini bisa saja terjadi sepanjang hari, jadi belum tentu hanya terjadi ketika pagi hari saja.

  • Mudah lelah

    Ciri-ciri hamil yang cukup terlihat lainnya adalah mudah lelah. Karena itu memang seorang wanita hamil diusahakan untuk tidak mengerjakan aktivitas yang terlalu berat untuk sementara waktu, karena alasan tersebut. Selain itu, bentuk fisik wanita hamil yang berubah, di mana itu merupakan ciri-ciri hamil juga, akan semakin merepotkan wanita hamil tersebut dalam beraktivitas. Perusahaan dapat memberikan cuti hamil, karena alasan yang sama. Alasan mengapa seorang wanita hamil lebih mudah lelah karena tubuh mereka berusaha menyesuaikan dengan makhluk hidup baru yang ada di dalam kandungan mereka. Jangan sampai wanita hamil mengerjakan aktivitas yang terlalu berat, dikarenakan risiko keguguran dapat terjadi.

Baca juga:  Penyebab Mual dan Eneg saat Hamil serta Cara Mengatasinya

Padukanlah ciri-ciri hamil diatas dengan hasil test pack. Yang pasti, jika Anda sudah mengalami ciri-ciri seperti yang disebutkan diatas dan hasil test pack pun menunjukkan hasil positif, maka jangan tunda lagi untuk memeriksakan kandungan ke dokter kandungan. Dan cari tahu selengkapnya informasi mengenai cara menjaga kandungan selama kehamilan.

Advertisement
Alinesia