Cara Mengatasi Sakit Leher Salah Bantal


By Cindy Wijaya

Maureen
rIBUAN SuDAH KAMI BANTU
lawan penyakit dengan herbal YG TEPAT!

Bangun pagi dengan sakit leher? Bisa jadi itu karena salah bantal, atau yang dalam istilah medis disebut otot tegang (muscle strain). Kondisi ini bisa terasa sangat sakit dan bahkan membatasi gerakan Anda. Bagaimana cara mengatasi sakit leher salah bantal ini?

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai tips-tips praktis untuk meringankan ketegangan otot yang diakibatkan oleh salah bantal. Semoga informasi ini dapat membantu mengatasi keluhan yang saat ini Anda alami.

Cara Mengatasi Sakit Leher Salah Bantal

Jika Anda bangung pagi dengan rasa sakit dan kaku di leher, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut untuk mengurangi rasa sakit dan kekakuan pada leher. Banyak tips berikut juga bisa digunakan untuk mencegah sakit leher.

Kompres Panas atau Dingin

Untuk kompres dingin, Anda bisa membungkus es batu secukupnya dengan kantung plastik dan lapisi dengan handuk kecil. Tempelkan kompres dingin ke leher selama 20 menit beberapa kali sehari untuk mengatasi peradangan di leher.

Anda juga bisa mengunakan kompres dingin dan panas secara bergantian. Kompres panas bisa menggunakan handuk yang direndam air panas (kemudian diperas) atau botol kaca berisi air panas.

Menggunakan Obat Perada Nyeri

Bisa dibilang ini cara mengatasi sakit leher salah bantal yang paling instan. Beberapa obat yang bisa diminum tanpa resep untuk meredakan nyeri adalah: ibuprofen, naproxen sodium, dan acetaminophen.

Lakukan Peregangan

Peregangan bisa membantu meringankan rasa sakit dan kaku, juga mencegah sakit leher salah bantal di kemudian hari. Tapi ingatlah untuk melakukannya secara perlahan. Pergerakan yang tiba-tiba malah akan menyebabkan lebih banyak peradangan, rasa sakit, dan cedera lebih parah. Anda juga bisa menggunakan kompres panas sebelum melakukan peregangan.

Latihan-latihan peregangan misalnya seperti ini:

  • Gerakan memutar bahu ke belakang dan kemudian ke depan untuk membentuk gerakan melingkar.
  • Tekan kedua bahu bersama-sama dan tahan posisi selama beberapa detik, lalu ulangi.
  • Perlahan putar kepala Anda dari sisi ke sisi.

Terapi Pijat

Cara mengatasi sakit leher salah bantal ini sebaiknya dilakukan oleh ahli pijat yang berpengalaman. Seorang ahli pijat bisa membantu melemaskan dan meregangkan otot-otot di leher dan punggung Anda.

Terapi Akupuntur

Akupuntur adalah terapi menggunakan jarum yang ditusuk ke titik-titik tekan tertentu pada tubuh. Terapi ini telah dipraktikkan selama ribuan tahun dalam pengobatan Timur. Sebaiknya lakukan cara mengatasi sakit leher salah bantal ini dengan seorang terapis akupuntur yang bersertifikat.

Batasi Aktivitas Fisik

Jika kekakuan dan rasa sakit di leher bertambah parah saat melakukan aktivitas fisik, sebaiknya batasi dulu aktivitas itu sampai kondisi Anda membaik. Meskipun sudah membaik, Anda tetap harus membatasi aktivitas berat atau mengangkat beban berat yang bisa berdampak buruk pada otot leher Anda.

Kurangi Stres

Stres bisa menyebabkan ketegangan otot leher. Anda bisa mencoba mengurangi stres dengan beragam cara, misalnya: mendengarkan musik, beristirahat, dan melakukan sesuatu yang Anda sukai.

Sesuaikan Lingkungan Tidur

Menyesuaikan lingkungan tidur dapat membantu meredakan kekakuan pada leher. Cara untuk mengubah lingkungan tidur antara lain: ganti kasur yang lebih kencang, tidur hanya dalam posisi telentang atau miring, bersantai sebelum tidur, dan memakai pelindung mulut jika Anda cenderung menggertakkan gigi di malam hari.

Kapan Harus Periksa ke Dokter?

Apabila sakit leher yang Anda alami sudah sampai mengganggu kegiatan sehari-hari, sebaiknya periksa ke dokter. Alasan lain Anda harus mencari bantuan medis ialah:

  • Rasa sakit bermula setelah cedera atau tabrakan mobil
  • Rasa sakit menyebar ke lengan atau kaki
  • Kelemahan di tangan atau kaki
  • Timbul sakit kepala bersamaan dengan rasa sakt

Gejala-gejala tambahan itu dapat menjadi tanda adanya cedera yang lebih serius pada leher Anda, seperti saraf kejepit atau artritis.

Cara Mencegah Sakit Leher Salah Bantal

Perhatikanlah posisi Anda saat tidur. Pastikan tidur hanya dalam posisi telentang atau miring, jangan tengkurap. Tidur tengkurap sering kali akan memelintir kepala Anda ke satu arah selama berjam-jam. Tidur seperti itu juga bisa memengaruhi punggung bawah karena perut akan tertekan ke bawah jika tidak ada yang menahan posisinya.

Penyebab Lain dari Sakit dan Kaku di Leher

Di samping salah bantal, ada berbagai penyebab dari sakit dan kaku di leher. Kekakuan terjadi ketika otot leher digunakan secara berlebihan, meregang terlalu jauh, atau tegang. Berikut adalah beberapa penyebab umum dari kekakuan tersebut.

Cedera atau Ketegangan Ringan

Kekakuan leher sering terjadi akibat hal ini, yang mungkin karena: duduk atau membungkuk dalam waktu lama, melihat ke bawah pada suatu objek (misalnya HP) berulang kali, cedera olahraga, terjatuh, atau otot tegang karena stres.

Kepala Tersentak

Kepala tersentak misalnya saat terjadi kecelakaan mobil dapat menyebabkan cedera pada otot, tulang, ligamen, atau saraf di leher, atau semuanya itu. Ini menyebabkan nyeri dan kekakuan di leher.

Artritis

Artritis di leher (cervical spondylosis) juga bisa menyebabkan nyeri dan kaku di leher, yang dapat membaik saat berbaring. Rasa sakitnya bisa bertambah parah jika seseorang tetap dalam posisi sama dalam watku lama, seperti saat mengemudi atau duduk di depan komputer.

Meningitis

Terkadang kekakuan di leher adalah gejala meningitis yang merupakan kondisi serius. Meningitis adalah peradangan pada meninges, yang melapisi otak dan sumsum tulang belakang. Virus, bakteri, atau jamur bisa menyebabkan meningitis. Meningitis virus bisa sembuh sendiri, tetapi meningitis bakteri dan jamur bisa mengancam jiwa.

Kesimpulan tentang Cara Mengatasi Sakit Leher Salah Bantal

Sakit leher adalah masalah kesehatan umum yang biasanya dapat diatasi sendiri di rumah dengan cara-cara yang sederhana. Selain karena salah bantal atau karena posisi tidur yang tidak nyaman, sakit leher juga bisa terjadi karena cedera atau ketegangan, sentakan di kepala, stres, artritis, dan meningitis.

Meski sering kali bukan sesuatu yang serius, namun adakalanya sakit leher adalah gejala dari penyakit yang perlu penangangan medis. Jadi jika Anda terus-menerus mengalami sakit leher, terlebih disertai gejala-gejala lain, sebaiknya segera periksa ke dokter.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang cara mengatasi sakit leher salah bantal. Semoga informasi ini bisa Anda terapkan untuk membantu mengatasi keluhan yang umum ini. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Healthline. How to Prevent and Treat a Stiff Neck: Remedies and Exercises. URL: https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-a-stiff-neck

Health Essentials. Do You Have a Stiff Neck? Try These Simple Remedies. URL: https://health.clevelandclinic.org/do-you-have-a-stiff-neck-try-these-simple-remedies/

Medical News Today. What to know about a stiff neck. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/324070#causes-of-a-stiff-neck

Maureen
rIBUAN SuDAH KAMI BANTU
lawan penyakit dengan herbal YG TEPAT!
{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>