• Home
  • Blog
  • Kaku
  • Sendi Terasa Kaku? Cari Tahu Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Sendi Terasa Kaku? Cari Tahu Penyebabnya dan Cara Mengatasinya


By Cindy Wijaya

Apakah Anda merasa lebih sulit dari biasanya untuk berjalan, berdiri, mengetik, atau melakukan kegiatan sehari-hari lainnya? Jika begitu, Anda mungkin menderita sendi kaku. Sendi terasa kaku bisa terjadi di persendian manapun, termasuk di jari, tangan, pergelangan tangan, lutut, dan siku.

Sendi yang kaku bisa membuat gerakan jadi terbatas atau sulit untuk digerakkan. Sendi kaku juga mungkin disertai otot kaku, yang semakin membatasi pergerakan dan kelenturan Anda.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa saja yang bisa menyebabkan sendi terasa kaku dan bagaimana cara mengatasi sendi kaku. Juga tanda-tanda sendi kaku harus diperiksakan ke dokter.

Apa Penyebab Sendi Terasa Kaku?

Sendi terasa kaku bisa terjadi karena cedera atau kondisi lain yang menyebabkan peradangan sendi atau karena kurang gerak dalam waktu lama. Berikut penyebab paling umum dari kekakuan pada sendi. (Sumber: Joint Stiffness – Verywell Health)

Kurang Gerak

Salah satu penyebab paling umum dari sendi terasa kaku adlaah kurang gerak. Bisa terjadi saat Anda diam dalam posisi yang sama untuk waktu lama, misalnya duduk atau berbaring. Atau karena tidak bisa banyak bergerak karena memakai perban, gips, atau penyangga setelah cedera.

Cedera

Cedera pada persendian, tulang, tulang rawan, tendon, ligamen, dan otot dapat menyebabkan pembengkakan di dan sekitar persendian, yang menyebabkan sendi kaku dan membatasi jangkauan gerak Anda.

Osteoartritis

Osteoartritis (pengapuran) terjadi karena kerusakan tulang rawan di persendian, menyebabkan sendi terasa kaku, nyeri, dan bengkak. Osteoartritis paling sering terjadi di lutut, leher, punggung, jari tangan, tangan, dan pinggul.

Rheumatoid Artritis

Rheumatoid artritis adalah penyakit autoimun yang membuat tubuh menyerang persendiannya sendiri, menyebabkan peradnagan sendi yang dicirikan dengan nyeri, kemerahan, kaku, dan bengkak. Penyakit ini biasanya menyerang persendian yang sama di kedua sisi tubuh, paling sering di tangan, pergelangan tangan, dan lutut.

Psoriatik Artritis

Psoriatik artritis adalah penyakit autoimun yang sering berkembang akibat komplikasi dari psoriasis, penyakit peradangan kulit yang menyebabkan bercak kulit merah, kering, dan gatal. Psoriatik artritis paling sering menyerang jari tangan dan jari kaki, mengakibatkan sendi terasa kaku dan bengkak mirip sosis.

Spondilitis Ankilosa

Spondilitis ankilosa adalah penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan tulang belakang, paling sering menimbulkan nyeri punggung bawah dan kelelahan. Penyakit ini juga bisa memengaruhi lutut, pinggul, dan bahu, menyebabkan sendi kaku, nyeri, dan bengkak.

Gout

Gout adalah penyakit peradangan yang berkembang karena kadar asam urat tinggi dalam darah. Asam urat tinggi bisa memicu terbentuknya endapan kristal di dalam sendi, paling sering terjadi di jempol kaki, menyebabkan sendi terasa kaku, nyeri, dan bengkak.

Infeksi (Artritis Septik)

Infeksi bakteri bisa memengeruhi persendian, paling sering di lutut dan pinggul, menyebabkan artritis septik yang menimbulkan bengkak, kaku, dan kesulitan gerak di persendian, yang disertai nyeri, demam, dan menggigil.

Bagaimana Cara Mengatasi Sendi Kaku?

Mengatasi sendi kaku harus disesuaikan dengan penyebabnya. Jika rasa kaku berlangsung lebih dari 30 menit setelah bangun pagi atau jika gejalanya memburuk, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Mengetahui masalah yang mendasarinya akan membantu Anda dan dokter menentukan cara terbaik untuk mengatasi kaku di sendi dan gejala-gejala lain yang terkait.

Namun ada beberapa tips yang bisa diupayakan untuk membantu meringankan gejala ini. (Sumber: Stiff Joints: Why It Happens and How to Find Relief – Healthline)

Kompres Panas atau Dingin

Untuk kompres dingin, coba tempelkan sekantung es batu dibungkus handuk ke sendi selama 15-20 menit beberapa kali sehari. Ini untuk mengurangi peradangan atau bengkak dan mempermudah pergerakan. Suhu dingin juga bisa menumpulkan reseptor rasa sakit agar Anda mengalami lebih sedikit nyeri.

Suhu panas juga bagus untuk mengatasi sendi kaku. Gunakan bantalan pemanas, botol air panas, atau air hangat dari pancuran atau bak mandi untuk mengendurkan otot dan meningkatkan sirkulasi.

Olahraga

Semakin banyak Anda menggerakkan persendian, semakin kecil kemungkinannya untuk menjadi kaku. Olahraga juga bagus untuk menurunkan atau menjaga berat badan. Kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko untuk penyakit yang menyebabkan sendi kaku dan nyeri.

Tapi sebaiknya lakukan olahraga yang tidak terlalu berat dulu, karena gejala Anda justru bisa bertambah parah jika olahraga berlebihan. Aktivitas fisik sederhana seperti berkebun atau berjalan-jalan di sekitar rumah juga dapat membantu.

Anda akan memperkuat otot yang menopang persendian, menjaga tulang tetap kuat, meningkatkan keseimbangan, dan membakar kalori. Mulailah secara perlahan, sehingga Anda tidak cedera. Jika mungkin, konsultasikan dengan dokter mengenai jenis olahraga yang sesuai untuk kondisi Anda.

Minum Noni Juice

Noni Juice adalah minuman herbal yang dibuat dari sari buah Noni. Noni merupakan tanaman obat yang sudah lama digunakan untuk mengatasi masalah sendi terasa kaku, nyeri, dan mengalami peradangan. Manfaatnya itu berasal dari kandungan-kandungan bermanfaat di dalamnya, termasuk flavonoid yang berfungsi sebagai anti-inflamasi kuat.

Herbal Noni, Produk Tanaman Obat untuk Mengatasi Sendi Kaku
Image by Alongkorn Tengsamut from Pixabay

Noni sanggup mengatasi peradangan pada lapisan persendian yang akan kemudian juga akan mengatasi gejala-gejala seperti sendi kaku, nyeri, dan bengkak.

Penelitian yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research Volume 24 No 1 menunjukkan bahwa Noni efektif meredakan nyeri dan kerusakan pada sendi yang diakibatkan oleh radang sendi (artritis). Bahkan didapati bahwa manfaat analgesik (pereda nyeri) dari Noni sebanding dengan tramadol, yaitu obat medis yang sering digunakan untuk rasa nyeri tingkat sedang hingga berat.

Penelitian lain dalam Functional Foods in Health and Disease Volume 1 No 2 mendapati bahwa konsumsi Noni Juice setiap hari dapat memperbaiki mobilitas; kemampuan berjalan dan membungkukkan badan; fungsi tangan, jari, dan lengan; melakukan kegiatan rumah tangga; kemampuan kerja; dan nyeri sendi. Semua perbaikan ini dialami oleh penderita osteoartritis yang gejalanya dicirikan oleh sendi terasa kaku, nyeri, dan susah digerakkan.

Itu hanyalah dua contoh dari berbagai bukti penelitian mengenai manfaat Noni dalam mengatasi masalah sendi. Noni layak dipertimbangkan sebagai tanaman obat untuk mengatasi sendi kaku.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang penyebab dan cara mengatasi sendi kaku. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}