• Home
  • Blog
  • Kaku
  • Kenapa Bangun Tidur Badan Pegal? Ini 5 Penyebabnya

Kenapa Bangun Tidur Badan Pegal? Ini 5 Penyebabnya


By Cindy Wijaya

Maureen
rIBUAN SuDAH KAMI BANTU
lawan penyakit dengan herbal YG TEPAT!

Bangun di pagi hari seharusnya terasa menyegarkan, tapi apa jadinya kalau bangun tidur badan justru terasa pegal, capek, dan berat? Teranyata banyak orang merasakan keluhan itu. Kenapa bangun tidur badan pegal? Bagaimana cara untuk mengatasinya? Simak jawabannya di artikel ini.

Dalam artikel ini akan dikupas beberapa penyebab dari keluhan bangun tidur badan terasa berat. Semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk bisa kembali merasa segar setiap bangun pagi.

Kenapa Bangun Tidur Badan Pegal?

Tadi malam Anda tidur dengan kondisi badan yang tampaknya baik-baik saja, bahkan mungkin sangat baik. Tetapi kenapa bangun tidur badan terasa capek? Apakah ini hanya karena posisi tidur Anda yang kurang baik? Atau ada penyebab lain yang lebih serius? Jika ya, itu perlu ditelusuri dan Anda harus tahu cara mengatasinya.

Posisi tidur yang kurang baik

Selama kita tidur, kita tidak sadar dengan posisi tubuh kita. Bisa jadi kita akan berbaring dengan posisi yang agak canggung untuk waktu lama, bahkan sepanjang malam. Posisi tidur yang canggung itu bisa menekan, menjepit, menghambat aliran oksigen, dan menghambat peredararan darah ke otot-otot kita.

Hal ini tentunya bisa berakibat kurang baik. Pada akhirnya akan terjadi penumpukan asam laktat yang menyebabkan kekakuan otot-otot saat kita bangun pagi besok harinya. Inilah kenapa bangun tidur badan terasa capek dan berat.

Simak juga Cara Mengatasi Sakit Leher Salah Bantal

Masalah Kesehatan

Kalau kita memiliki masalah pada sistem otot dan rangka (muskuloskeletal) seperti artritis, kemungkinan besar masalah inilah yang menjadi penyebab kenapa bangun tidur badan pegal.

Artritis sering kali menyebabkan pembengkakan dan peradangan pada persendian pada pagi hari dan dapat terjadi pada persendian manapun di dalam tubuh.

Kurang Gerak

Gaya hidup kurang gerak membuat otot dan persendian kita menjadi tidak aktif, yang membuat kita lebih gampang mengalami bangun tidur badan pegal daripada mereka yang teratur olahraga. Ini karena otot dan persendian tidak secara teratur meragang, diperkuat, atau mengedarkan cairan sinovial yang penting untuk menjaga serta melumasi persendian.

Jadi, kalau Anda bekerja selama 8 jam per hari yang dihabiskan dengan duduk di depan meja, tanpa banyak bergerak, tidak heran otot dan persendian jadi kaku. Akibatnya Anda mudah untuk bangun pagi dengan badan yang pegal-pegal dan kaku, yang biasanya akan mereda secara bertahap sepanjang hari.

Peradangan (Inflamasi)

Tubuh kita menekan peradangan selama kita tidur, yang bisa menyebabkan rasa sakit yang lebih parah saat bangun di pagi hari karena peradangan yang ditekan sudah “kembali dilepaskan”.

Penelitian mendapati bahwa paparan cahaya yang terus-menerus menghasilkan penanda inflamasi yang lebih tinggi daripada di kegelapan. Ini menunjukkan bahwa ritme sirkadian kita berperan dalam mengatur waktu kita. Ritme sikardian adalah jam tubuh internal yang memberi tahu kita kapan harus tidur dan kapan harus bangun lagi.

Faktor Usia

Seraya usia kita bertambah tua, persendian kita juga ikut menua, tulang rawan kita mulai menegang dan mengering. Tulang rawan ialah jaringan ikat yang kuat yang terdapat di banyak bagian tubuh termasuk di persendian antar tulang.

Terlebih lagi, lapisan sendi menghasilkan lebih sedikit cairan sinovial yang penting untuk melumasi sendi-sendi. Akibatnya, hal ini bisa menimbulkan kekakuan dan pengetatan saat tidur yang bisa membuat otot yang sudah lemah dan tendon yang sudah kaku terasa lebih parah.

Bagaimana Cara Mengatasi Bangun Tidur Badan Pegal?

Anda sudah membaca beberapa penyebab kenapa bangun tidur badan pegal. Adakah yang Anda alami? Jika ya, ada baiknya untuk mencari tahu bagaimana cara untuk mengatasinya supaya bisa kembali menikmati bangun tidur yang menyegarkan.

Latihan Peregangan

Peregangan membantu meningkatkan peredaran Anda dan membuat cairan sinovial Anda mengalir lagi untuk melumasi otot-otot. Ini berguna untuk membantu mengurangi kekakuan di pagi hri. Biasanya dalam hal badan pegal di pagi hari, keluhan nomor satunya adalah sakit punggung. Peregangan adalah cara yang sangat praktis untuk mengatasi keluhan ini dan mendorong cairan tubuh untuk beredar ke seluruh tubuh.

Teratur Olahraga

Olahraga yang teratur (tetapi tidak sampai berlebihan) dapat melumasi persendian, yang mencegah rasa sakit dan kekakuan. Tetapi sebaiknya ktia tidak berolahraga menjelang waktu tidur atau hal itu dapat menyebabkan susah tidur. Upayakanlah untuk olahraga selama 30 menit sehari, lima kali dalam seminggu.

Mandi dengan Air Hangat

Suhu panas dari mandi air hangat dapat membantu memperbaiki peredaran dengan cara melebarkan pembuluh darah, mengendurkan kekakuan pada otot, serta melenturkan ketegangan pada otot. Cobalah untuk mandi pagi dengan air hangat jika Anda bangun tidur badan terasa berat.

Manfaatkan Herbal

Banyak orang langsung mencari obat anti-nyeri untuk mengatasi ketidaknyamanan di otot atau persendian. Tapi daripada bergantung pada obat yang bisa memberi efek samping bagi kesehatan, bagaimana jika Anda memanfaatkan yang lebih alami dan aman bagi tubuh? Herbal misalnya?

Herbal yang cocok untuk membantu mengatasi problem badan pegal saat bangun pagi adalah herbal yang mampu mengatasi peradangan yang menjadi penyebab ketegangan dan kekakuan, bukan hanya mampu meringankan nyeri. Salah satu herbal yang punya manfaat itu ialah Noni juice.

Bahkan menurut sebuah penelitian, Noni juice berhasil membantu para penderita jenis artritis yang paling umum, osteoartritis (lebih umum disebut pengapuran).

Setelah teratur minum herbal ini, mereka mengaku jauh lebih puas dengan berbagai aspek kondisi kesehatan mereka, termasuk keleluasaan bergerak; kemampuan berjalan dan membungkukkan; fungsi tangan, jari, dan lengan; melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga; kegiatan sosial; nyeri sendi; kemampuan bekerja; tingkat ketegangan; dan suasana hati.

Sarapan yang Sehat

Sarapan yang bergizi baik dapat sangat mendukung kesehatan otot dan persendian kita. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi baik untuk otot, seperti magnesium, di waktu sarapan untuk memberi pasokan nutrisi yang dibutuhkan untuk mengatasi kekakuan dan ketegangan pada tubuh.

Contoh makanan-makanan yang dapat membantu mengatasi pegal-pegal ialah: ikan tuna, buah ceri, brokoli, dan jahe. Tetapi hindarilah makanan-makanan yang dapat menambah sakit di persendian Anda seperti makanan yang mengandugn gula dan yang mengandung lemak jenuh.

Kesimpulan tentang Kenapa Bangun Tidur Badan Pegal

Apa saja yang dapat menjadi penyebab kenapa bangun tidur badan terasa capek? Beberapa penyebabnya bisa jadi karena posisi tidur yang kurang baik, masalah kesehatan seperti artritis, gaya hidup kurang gerak, peradangan, dan faktor usia.

Bagaimana cara untuk mengatasi badan pegal saat bangun pagi? Anda bisa mencoba untuk melakukan latihan peregangan, teratur olahraga, mandi dengan air hangat, mengonsumsi herbal yang cocok, serta mengonsumsi sarapan yang bergizi untuk otot dan persendian.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang beberapa penyebab umum kenapa bangun tidur badan terasa capek. Semoga informasi dalam artikel ini membantu Anda untuk mengatasi masalah yang sedang dirasakan. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

A.Vogel. Why do I feel so stiff and sore in the morning?. URL: https://www.avogel.co.uk/health/muscles-joints/muscle-pain/why-do-i-feel-so-stiff-and-sore-in-the-morning/

Prevention. This Is Why Everything Hurts In The Morning, According To Science. URL: https://www.prevention.com/health/a20476671/this-is-why-everything-hurts-in-the-morning-according-to-science/

Maureen
rIBUAN SuDAH KAMI BANTU
lawan penyakit dengan herbal YG TEPAT!
{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>