Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

PROMO 12-12, DISKON 10% UNTUK SEMUA PAKET PRODUK, BERLAKU 12-15 DES 2017. HUBUNGI CS KAMI SEKARANG!
Cara Mencegah Kanker Getah Bening Cara Mencegah Kanker Getah Bening

Cara Mencegah Kanker Getah Bening

Pencegahan kanker getah bening diupayakan dengan sebisa mungkin meminimalkan risiko Anda untuk mengembangkan penyakit ini. Memang sampai saat ini masih belum jelas diketahui bagaimana cara mencegah kanker getah bening—karena penyebabnya pun masih terus diteliti—tapi sudah ditemukan beberapa hal yang kemungkinan menjadi pemicunya.

Cara mencegah kanker getah bening yang akan dibahas di artikel ini dikelompokkan menjadi dua: Yaitu pencegahan kanker getah bening Non-Hodgkin dan pencegahan kanker getah bening Hodgkin. Masing-masing jenis kanker ini memengaruhi jenis sel-sel pelawan infeksi di sistem kekebalan yang berbeda.

Pencegahan Kanker Getah Bening Non-Hodgkin

Ada sejumlah hal yang bisa Anda upayakan untuk mengurangi risiko kanker ini, misalnya dengan meminimalkan risiko untuk terkena jenis infeksi tertentu dan menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Mencegah Infeksi HIV

Infeksi HIV, virus penyebab AIDS, merupakan salah satu faktor risiko dari kanker getah bening ini. Jadi satu cara untuk meminimalkan risikonya adalah dengan berusaha menghindari infeksi HIV, misalnya dengan tidak menggunakan obat-obatan suntik atau tidak melakukan hubungan seks di luar nikah dan setia pada satu pasangan saja.

Mencegah Infeksi HTLV-1

Mencegah penyebaran virus limfotropik sel-T pada manusia atau human T-cell lymphotropic virus (HTLV-1) dapat berdampak besar pada pencegahan kanker getah bening Non-Hodgkin di tempat-tempat dimana virus ini menjadi masalah, misalnya di Jepang serta wilayah Karibia. Cara mencegah infeksi virus ini sama dengan cara mencegah infeksi HIV.

Mencegah Infeksi Helicobacter Pylori

Infeksi Helicobacter pylori telah dikaitkan dengan beberapa kasus limfoma (kanker getah bening) di lambung. Mengatasi infeksi bakteri ini dengan obat antibiotik dan antasida mungkin bisa membantu mengurangi risiko kanker getah bening.

Menjaga Berat Badan & Pola Makan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang kegemukan, atau bahkan obesitas, memiliki risiko lebih besar untuk terkena limfoma non-Hodgkin. Sedangkan penelitian lainnya mendapati bahwa mengonsumsi banyak lemak dan daging mungkin bisa meningkatkan risiko Anda. Jadi jagalah berat badan Anda dan upayakan pola makan sehat agar membantu pencegahan kanker getah bening.

Risiko dari Pengobatan Radiasi dan Kemoterapi

Beberapa kasus limfoma (kanker getah bening) disebabkan oleh pengobatan jenis kanker lain menggunakan radiasi dan kemoterapi atau menggunakan obat-obatan penekan kekebalan untuk mencegah reaksi penolakannya terhadap organ transplantasi.

Para dokter masih terus mencari cara agar pengobatan untuk kanker dan penanganan untuk pasien transplantasi organ tidak sampai meningkatkan risiko limfoma. Tetapi untuk saat ini, para dokter meyakinkan bahwa manfaat dari pengobatan tersebut biasanya masih lebih besar daripada sedikit risiko terkena limfoma yang ditimbulkannya.

Pencegahan Kanker Getah Bening Hodgkin

Hanya ada sedikit faktor risiko dari limfoma Hodgkin yang bisa dihindari atau dikendalikan. Jadi sampai saat ini para dokter mengatakan bahwa tidak ada cara mencegah kanker getah bening Hodgkin yang benar-benar efektif. Namun Anda tetap bisa mengupayakan mencegah kedua hal berikut.

Mencegah Infeksi HIV

Seperti pada limfoma Non-Hodgkin, infeksi HIV juga merupakan salah satu faktor risiko dari limfoma Hodgkin. Jadi Anda bisa membantu pencegahan kanker ini dengan sebisa mungkin menghindari infeksi virus ini. Misalnya dengan tidak menggunakan obat-obatan suntik atau dengan setia pada satu pasangan seks saja.

Mencegah Infeksi Virus Epstein-Barr

Faktor risiko lain dari limfoma Hodgkin adalah infeksi virus Epstein-Barr. Virus ini adalah penyebab dari penyakit infectious mononucleosis atau demam kelenjar. Anda bisa berupaya mencegah infeksi virus ini dengan tidak berciuman atau berbagi makanan/minuman dengan orang yang menderita penyakit ini—karena virus ini bisa menyebar melalui air liur.

Sebagai kesimpulannya, cara mencegah kanker getah bening sebenarnya berfokus pada upaya menghindari infeksi dari beberapa jenis virus tertentu. Itu karena beberapa virus tersebut mampu memengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda dan diduga memicu terbentuknya sel-sel kanker di sana.

Anda juga disarankan untuk menjaga pola makan serta berat badan untuk membantu pencegahan kanker getah bening. Kedua hal tersebut juga berpengaruh positif pada kesehatan sistem kekebalan Anda. Yang pasti, lakukanlah yang bisa dilakukan demi menghindari penyakit-penyakit yang berbahaya.

BACA JUGA ARTIKEL REKOMENDASI HERBAL BERIKUT:

Sarang Semut Papua Tumpas Kanker dan Tumor dalam Waktu 3 Bulan atau Kurang!

sarang semut papua 3
Berkat herbal ini banyak penderita kanker, tumor dan benjolan abnormal bisa kembali menjalani hidup mereka seperti semula tanpa harus menghadapi biopsi, pembedahan, dan kemoterapi […] Baca Selengkapnya »

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »
FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram