7 Ciri-Ciri Kanker Getah Bening yang Mudah Dikenali Sebelum Terlambat


By Fery Irawan

Kanker getah bening merupakan jenis kanker ganas yang menyerang sistem limfatik. Jenis kanker ini tak bisa diremehkan begitu saja, maka dari itu penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja ciri-ciri kanker getah bening yang mudah dikenali. Dengan begitu Anda bisa mendeteksinya sejak dini sebelum penyakitnya terlanjur parah.

Artikel ini akan menjelaskan kepada Anda tentang apa saja ciri-ciri kanker getah bening berdasarkan klasifikasi jenis-jenisnya. Temukan juga keterangan mengenai pilihan herbal terbaik untuk pengobatan kanker getah bening di akhir artikel.

Ciri-Ciri Kanker Getah Bening

Sistem limfatik merupakan satu bagian penting dari sistem pertahanan tubuh yang memiliki tugas penting dalam membentuk barisan pertahanan guna melawan keberadaan infeksi yang dapat menyebabkan penyakit.

Kanker kelenjar getah bening adalah kanker ganas yang berkaitan dengan sistem limfatik. Sistem limfatik merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh dan bertugas dalam membentuk pertahanan alamiah tubuh melawan keberadaan benda asing.

Cairan limfatik sendiri adalah cairan putih menyerupai susu yang mengandung protein lemak dan limfosit yang semuanya mengalir ke seluruh tubuh lewat pembuluh limfatik. Indikasi umum yang dirasakan penderita kanker kelenjar getah bening meliputi pembengkakan kelenjar getah bening pada leher, ketiak, atau pangkal paha. Berikut keterangan jelasnya!

Waspadai—7 Ciri-Ciri Kanker Getah Bening yang Mudah Dikenali

Tanda-tanda kanker getah bening mesti dikenali sejak awal! Kanker getah bening adalah jenis kanker yang berkembang pada sistem kerja limfatik atau saluran getah bening. Kanker ini juga kerap mempengaruhi seluruh bagian sistem limfakti termasuk jaringan pembuluh limfosit, organ limpa dan kelenjar getah bening. Masalah pada sistem ini akan sangat mempengaruhi ketahanan tubuh terhadap penyakit. Karena pada dasarnya sistem kerja limfatik ini merupakan salah satu bagian dari sistem daya tahan tubuh.

Cairan yang dikelola dan dihasilkan dalam sistem ini adalah cairan yang mengandung sel T dan sel B. Kedua sel ini adalah garda pertahanan tubuh yang bekerja melawan masuknya sel asing ke dalam tubuh, termasuk kuman, virus bahkan sel kanker. Kanker ini menginvasi sistem sirkulasi dan produksi sel limfosit yang kemudian akan disirkulasikan ke seluruh tubuh. Ini memudahkan sel kanker turut tersebar ke organ lain dalam tubuh dan bermetastasis. Sementara pasien juga menjadi sangat rentan mengalami infeksi akibat kanker getah bening.

Itu sebabnya, tingkat kematian pada kanker getah bening relatif tinggi. Penting untuk mendiagnosa kondisi pasien sedini mungkin. Dan karenanya penting bagi kita mengenali dengan baik apa saja tanda-tanda kanker getah bening pada stadium awal. Bagaimana mengenali keberadaan tanda-tanda tersebut? Berikut beberapa ciri-ciri kanker getah bening yang mudah dikenali:

Flu

Gejala kanker getah bening berupa pembengkakan kelenjar getah bening memang lazim terjadi saat seseorang terinfeksi penyakit seperti flu. Dan kanker ini akan membuat tubuh seolah terus menerus tidak fit dan seakan mengalami gejala flu berkepanjangan.

Hilang Selera Makan

Banyak pasien menunjukan ciri-ciri kanker getah bening dengan kehilangan selera makan. Pasien kehilangan selera makan karena lidah terasa terus menerus pahit seperti sedang flu.

Infeksi

Karena kinerja imunitas terganggu, pasien akan mengalami masalah daya tahan tubuh yang buruk. Pasien bisa mengalami keluhan autoimun, tetapi juga bisa menjadi sangat rentan mengalami infeksi penyakit.

Kerusakan Limfa

Kerusakan pada fungsi limfa akan mempengaruhi kebugaran tubuh secara general. Dan membuat pasien sangat mudah lelah, merasa lesu dan kehilangan energi.

Baca Juga:  Pengobatan Kanker Getah Bening

Pembengkakan Getah Bening

Ciri-ciri kanker getah bening yang paling mudah dikenali adalah pembengkakan pada area kelenjar getah bening. Seperti pada sisi bawah telinga, ketiak atau selangkangan. Biasanya tidak nyeri hanya terasa linu ketika ditekan. Pada tahap awal, pembengkakan masih samar namun cukup terasa bila ditekan. Namun kadang pembengkakan ini hanya terjadi akibat efek infeksi biasa, bukan karena kanker getah bening saja.

Pembengkakan Perut

Anda bisa saja tidak menemukan pembengkakan pada kelenjar getah bening, karena kanker justru berkembang pada limpa yang berada di area perut. Lokasinya di dekat pankreas dan sebenarnya tertutup oleh tulang rusuk. Tetapi gejala kanker getah bening berupa pembengkakan dan rasa nyerinya akan muncul di bagian perut kiri dengan cukup jelas.

Ruam Kulit

Beberapa pasien juga menunjukan tanda-tanda kanker getah bening dengan ruam dan gatal pada permukaan kulit di dekat lokasi kelenjar getah bening terinfeksi kanker. Gatal-gatal ini akibat efek autoimun yang muncul karena kerusakan sistem imunitas saat terserang kanker getah bening.

Kenali indikasi kanker getah bening dengan seksama. Karena kanker getah bening termasuk jenis kanker berbahaya dan mematikan. Karena kanker ini justru menyerang sistem pertahanan tubuh terhadap kanker dan dengan sangat mudah bermetastasis ke seluruh tubuh. Jika Anda sedang khawatir karena tanda-tanda kanker getah bening yang dijelaskan di artikel ini banyak yang dirasakan, ingatlah bahwa penyakit dapat ditangani secara efektif bila dideteksi sejak awal kemunculannya.

Periksalah ke dokter untuk memastikan apakah itu memang benar ciri-ciri kanker getah bening atau bukan. Mengapa penting untuk mengetahui gejala-gejala kanker getah bening? Tentu saja penting, untuk dapat mengetahui jenis bantuan yang tepat serta mendeteksi keberadaan sel kanker sebelum ini mencapai tingkat yang serius atau fatal. Sama seperti beragam jenis penyakit kanker lainnya, kemungkinan sembuh dari kanker getah bening bergantung pada tahap atau stadium kanker yang dialami oleh pasien.

Semakin cepat Anda mengetahui dan menjalani pengobatan, maka akan semakin mudah proses penyembuhannya. Segera kunjungi dokter yang Anda percayai apabila sudah terlihat tanda-tanda kanker getah bening seperti di atas untuk memastikan apa penyebab dari keluhan yang Anda alami, sehingga dapat ditangani dengan baik.

Perhatikan—Ciri-Ciri Kanker Getah Bening Lainnya

Bila kanker ditemukan masih dalam tahap awal perkembangannya, besar kemungkinan Anda belum perlu melakukan proses pengobatan atau pembedahan yang menyakitkan. Herbal dapat dimanfaatkan untuk menekan gejala-gejala kanker getah bening agar tidak bertambah parah. Semakin berkembang, sel-sel abnormal akan menyebar ke kelenjar getah bening di sekitarnya dan mulai menyerang struktur lain termasuk paru-paru, hati, dan organ-organ abdominal.

Ciri-Ciri Hodgkin’s Lymphoma

Hodgkin’s Lymphoma—Merupakan jenis kanker yang ditandai dengan pembesaran kelenjar getah bening dan limpa tanpa disertai rasa sakit. Kanker ini sangat progresif pada beberapa jaringan limfoid dan pertumbuhan abnormal sel terjadi secara cepat. Faktor risiko terkena kanker getah bening jenis Hodgkin’s:

  • Demam yang disertai dengan kondisi berkeringat pada malam hari.
  • Gangguan pernafasan.
  • Kelainan fungsi sistem kekebalan tubuh (sel-T), meskipun produksi antibodi normal.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di sekujur tubuh: Leher, ketiak, dan lipat paha (tidak terasa nyeri).
  • Penurunan berat badan.
  • Penurunan nafsu makan,
  • Pria atau wanita berusia 15-38 tahun dan usia di atas 50 tahun.

Ciri-Ciri Non-Hodgkin’s Lymphoma

Non-Hodgkin’s Lymphoma—Merupakan kanker ganas yang berasal dari limfonodus dan jaringan limfa lainnya. Ciri-ciri kanker getah bening jenis Non-Hodgkin’s yang mudah dikenali yaitu:

  • Demam yang disertai dengan kondisi berkeringat pada malam hari.
  • Limfonodus di leher dan sekitarnya menjadi kemerahan.
  • Pembesaran kelenjar adenoid.
  • Pembesaran kelenjar getah bening.
  • Pembesaran tonsil.
  • Penurunan berat badan.
  • Pria berusia di atas 50 tahun.
Baca Juga:  Penyebab Kanker Getah Bening

Upaya Menekan “Bibit Kanker” dengan Herbal Asli Indonesia

Di samping mewaspadai ciri-ciri kanker getah bening yang mudah dikenali, langkah sederhana lain untuk membantu mencegah tumbuhnya “bibit kanker” di dalam tubuh ialah dengan mengonsumsi herbal anti-kanker. Anda yang tinggal di Indonesia beruntung karena ada herbal asli Indonesia yang populer sebagai anti-kanker ampuh, yaitu Sarang Semut Papua.

Sarang Semut Papua (Myrmecodia pendans) kaya akan kandungan-kandungan senyawa seperti flavonoid dan tanin. Senyawa flavonoid dikenal sebagia antioksidan yang kuat. Antioksidan berfunsi untuk mencegah, membersihkan, atau menghilangkan efek radikal bebas. Antioksidan memberikan elektronnya untuk menetralkan radikal bebas sehingga menyingkirkan kondisi radikal yang tak berpasangan.

Senyawa tanin juga bermanfaat dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Tanin juga dapat bertindak sebagia antioksidan sekunder, yaitu untuk menangkap radikal bebas sehingga mencegah terjadinya reaksi berantai dari stres oksidatif.

Fungsi dari kedua senyawa tersebut akan sangat bermanfaat untuk mencegah bibit kanker. Sebagaimana sudah diketahui, penyakit kanker dapat berkembang dari kerusakan DNA yang disebabkan oleh kondisi stres oksidatif berkepanjangan akibat efek radikal bebas. Antioksidan sangat penting untuk menetralisir efek buruk dari radikal bebas tersebut.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang Sarang Semut Papua, bacalah artikel berikut: “Sarang Semut Papua Hancurkan Kanker, Tumor, dan Benjolan Abnormal!

Selain Sarang Semut Papua, ada herbal lain yang bisa membantu menghambat pertumbuhan kanker, khususnya bila penggunaannya dikombinasikan bersama Sarang Semut. Herbal yang dimaksud ialah Noni juice yang terbuat dari sari buah Noni (Morinda citrifolia).

Noni juice punya kandungan-kandungan antioksidan kuat, seperti beta karoten, iridoid, vitamin C dan E, yang berguna untuk melawan radikal-radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. Ini tentunya akan turut menghalangi sel-sel abnormal berkembang dan membentuk kanker.

Tetapi jika dibandingkan, kemampuan herbal ini tidak sekuat Sarang Semut dalam membantu mengatasi pertumbuhan kanker. Itu sebabnya Noni juice lebih disarankan digunakan untuk mendukung perawatan saja guna menjaga serta memulihkan kondisi tubuh selama perawatan.

Cepat Tanggap dengan Ciri-Ciri Kanker Getah Bening!

Pemeriksaan medis dapat dilakukan dengan metode eksisional biopsi ataupun insisional biopsi. Tes darah juga membantu, untuk mengetahui jumlah sel darah putih. Sekalipun ciri-cirinya sudah terlihat jelas, pemeriksaan medis akan membantu dokter untuk melihat stadium kanker yang telah bersarang dalam tubuh Anda.

Jika Anda sekarang sedang khawatir karena ciri-ciri kanker getah bening yang disebutkan di artikel ini semuanya Anda rasakan, ingatlah bahwa kanker dapat ditangani dengan baik bila dideteksi sejak dini. Periksakanlah diri ke dokter untuk memastikan apakah itu memang benar gejala-gejala kanker getah bening atau bukan.

Kemudian langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencari pengobatan kanker getah bening yang paling sesuai dengan keadaan yang Anda hadapi. Jika tubuh masih baru menunjukkan ciri-ciri (belum sampai divonis), kemungkinan besar herbal dapat membantu Anda untuk terbebas dari ancaman kanker getah bening.

Sumber

Sumber Referensi:

American Cancer Society. Lymph Nodes and Cancer. URL: https://www.cancer.org/cancer/cancer-basics/lymph-nodes-and-cancer.html.

Wulan, Kholifah, dkk. (2017). Sarang Semut (Myrmecodia pendans) sebagai Antikanker. Medula. 7(5): 140-143

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}