Cara Membuat Masker Rambut Menggunakan Bahan-Bahan Alami (Bagian 2)


By Cindy Wijaya

Setiap jenis rambut butuh nutrisi yang cukup supaya bisa tetap kuat dan sehat. Untuk alasan itulah banyak orang rela membeli mahal-mahal berbagai perawatan rambut termasuk masker rambut. Namun, sebenarnya Anda bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti cara membuat masker rambut alami di artikel ini.

Masker Dengan Strawberry

Siapa saja yang merasa rambutnya berminyak atau ada masalah kulit kepala, strawberry merupakan salah satu buah berkhasiat yang bisa mengembalikan keindahan rambut Anda. Vitamin C yang ada di dalam strawberry membantu mengatur pH dan produksi minyak kulit kepala Anda.

Campurkan beberapa buah strawberry segar dengan satu sendok makan minyak kelapa dan satu sendok makan madu. Lalu, aplikasikan ke rambut Anda. setelah itu biarkan selama kurang lebih 15 menit. Bilas dengan menggunakan air bersih dan Anda akan merasakan kelembutannya.

Masker Dengan Yogurt

Apabila rambut Anda kusam akibat polusi, Anda bisa menggunakan yoghurt atau krim asam yang bagus untuk mengembalikan rambut mengkilap Anda. Anda hanya berlu mengoleskan 1/2 cangkir yogurt polos atau krim asam ke handuk yang telah dibasahi sedikit, kemudian biarkan selama kurang lebih 20 menit.

Anda bisa menunggunya dengan melakukan beberapa kegiatan rumah tangga. Bilas dengan air bersih, lalu keramas untuk melihat hasil dari keindahan rambut yang Anda dambakan.

Masker Dengan Oats

Oats mengandung vitamin dan Beta Glucan yang bisa digunakan untuk mengobati rasa gatal pada kulit kepala, ketombe dan masalah-masalah kulit kepala lain. Masker yang berbahan dasar oats ini merupakan masker rambut yang baik untuk jenis kulit sensitif.

Campurkan satu sendok makan oats dengan satu sendok makan minyak almond dan susu segar. Aplikasikan pada rambut Anda, dan biarkan selama kurang lebih 20 menit sebelum keramas. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk menggantikan minyak almond yang bisa melembabkan kulit yang lebih dalam.

Masker dengan Minyak Kelapa

Rambut yang kering dan rusak tentunya membutuhkan perawatan ekstra. Campurkan minyak kelapa dan minyak zaitun dengan perbandingan 2:1. Hal ini untuk memastikan agar rambut Anda mendapatkan keuntungan dari vitamin dan pelembab dalam minyak.

Oleskan pada seluruh rambut Anda dan tutup dengan menggunakna shower cap untuk mempertahankan panas. Biarkan selama beberapa menit sebelum Anda menggunakan sampo. Sebaiknnya Anda tidak perlu menggunakan kondisioner setelah menggunakan sampo.

Demikianlah cara-cara membuat masker dari bahan-bahan alami yang bisa Anda ikuti. Menggunakan masker rambut alami yang dibuat sendiri atau masker buatan yang banyak dijual, itu adalah pilihan pribadi Anda. Tetapi ketahuilah bahwa dengan menggunakan bahan-bahan alami itu artinya Anda menggunakan bahan yang aman bagi rambut. Lihat seri artikel bagian 1 di sini: “Cara Membuat Masker Rambut Alami Bagian 1.”

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}