Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Obat Penumbuh Rambut Alami Obat Penumbuh Rambut Alami Shutterstock

Sari Bawang—Obat Penumbuh Rambut Alami yang Bisa Diandalkan

Sari bawang adalah salah satu obat penumbuh rambut alami terbaik bagi Anda yang mengalami penipisan maupun kebotakan rambut. Kandungan sulfur di dalam bawang berkhasiat melancarkan sirkulasi darah, merangsang folikel-folikel rambut, dan mendorong penumbuhan kembali rambut.

Sulfur dianggap sebagai salah satu bahan pembangun utama rambut. Sulfur dibutuhkan untuk membentuk kolagen dan keratin yang sehat. Banyak asam amino, bahan pembangun protein, memiliki komponen sulfur, dan protein keratin mempunyai sejumlah besar asam amino berkandungan sulfur.

Beberapa penelitian ilmiah juga mendapati bahwa bawang berkhasiat untuk mengatasi kebotakan. Bukan hanya itu, bawang sanggup membantu mengatasi masalah-masalah seperti ketombe, infeksi kulit kepala, dan uban di usia muda.

Sebuah penelitian kecil yang dirilis di Journal of Dermatiology tahun 2002 mendapati bahwa para partisipan penderita alopecia areata yang mengoleskan sari bawang ke kulit kepala mereka 2 kali sehari selama 2 bulan mengalami tingkat penumbuhan kembali rambut yang relatif jauh lebih cepat dibanding mereka yang hanya menggunakan air keran untuk mencuci rambut. Penelitian ini juga menunjukkan hasil lebih baik pada pria dibanding wanita.

Cara Membuat Sari Bawang Penumbuh Rambut Alami

Di bawah ini adalah resep membuat sari bawang yang bermanfaat sebagai obat penumbuh rambut alami, ditambah dengan madu. Madu dipenuhi dengan kandungan antioksidan serta memberikan kelembapan pada kulit kepala.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 Bawang merah
  • Madu murni
  • Pisau
  • Blender
  • Saringan
  • Mangkuk
  • Sendok
  • Sendok takar
  • Minyak esensial favorit Anda (tidak wajib)

Langkah-langkah membuat sari bawang:

  • Kupas, iris, dan blender bawang merah.
  • Taruh bawang yang sudah diblender di saringan. Gunakan sendok untuk tekan-tekan bawang hingga sarinya jatuh ke mangkuk.
  • Ambahkan 1 – 2 sendok teh madu ke sari bawang.
  • Tambahkan beberapa tetes minyak esensial pilihan Anda, misalnya minyak lavender.
  • Sari bawang buatan sendiri kini siap digunakan.

Cara menggunakan sari bawang:

  • Pijat-pijat bagian yang kehilangan rambut atau seluruh kulit kepala dengan sari bawang.
  • Tutup kepala dengan shower cap dan diamkan semalaman, atau paling tidak selama 30 menit.
  • Bilas rambut di pagi harinya (kalau dibiarkan semalaman).
  • Lakukan perawatan ini setiap hari selama beberapa bulan atau sampai Anda puas dengan hasilnya.

Jika Anda tidak ingin menggunakan blender, bisa juga dengan memarut bawang merah lalu ambil sari-sarinya. Untuk menyaring dengan lebih baik, Anda bisa gunakan kain katun tipis sebagai ganti saringan. Boleh juga gunakan juicer untuk mengganti blender.

Agar Anda tidak mengeluarkan air mata sewaktu mengiris bawang merah, dinginkan dulu bawang di dalam kulkas selama kurang-lebih 15 menit sebelumnya.

Untuk menambah aroma, bisa tambahkan minyak esensial seperti rosemary, lavender, pepermin, atau minyak serupa lain yang bermanfaat membantu menumbuhkan rambut.

Untuk menyamarkan aroma bawang merah, boleh tambahkan sedikit air perasan lemon atau air mawar ke dalam sari bawang.

Tips Memperlambat Kebotakan Rambut

Agar sari bawang dapat lebih efektif bekerja menumbuhkan kembali rambut, Anda bisa lakukan beberapa tips untuk memperlambat kerontokan rambut seperti di bawah ini.

Pola Makan Sehat

Walaupun konsumsi makanan bernutrisi tidak akan mengembalikan ketebalan rambut Anda, tetapi makan makanan berprotein dan lemak sehat sanggup membuat rambut yang Anda punya terlihat lebih tebal dan sehat. Anda juga butuh vitamin B untuk menjaga proses pembentukan sel-sel rambut. Sumber terbaik vitamin B antara lain daging ayam, ikan, telur, juga sayuran berdaun hijau seperti bayam.

Olahraga

Kebotakan dapat dipicu oleh stres. Karena ketika stres, hormon kortisol menjadi banyak, lalu kadar hormon-hormon lain menjadi tidak seimbang. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba olahraga secara teratur.

Studi pada tahun 2015 yang dimuat PLOS One mendapati bahwa pria berusia lebih tua yang rajin olahraga kardio berat dapat menyingkirkan hingga 42 persen hormon kortisol sepanjang hari dibanding dengan pria yang jarang olahraga.

Berhenti Merokok

Terdapat kaitan erat antara merokok dengan seberapa cepat kebotakan pada pria. Jadi jika Anda sedang mengumpulkan alasan kuat untuk berhenti merokok, masukkanlah alasan memperlambat kebotakan ke dalam daftar tersebut.

Obat Minoxidil

Tidak ada obat untuk menyembuhkan kebotakan, tetapi sejumlah obat-obatan memang dapat memperlambatnya. Minoxidil adalah salah satu obat yang aman dan bisa dioleskan ke kulit kepala. Obat ini memperlambat kerontokan dan, dalam beberapa kasus, mampu menumbuhkan kembali rambut.

Obat Finasteride

Finasteride adalah jenis obat lain yang digunakan untuk mengatasi kebotakan pada pria. Obat ini awalnya diciptakan untuk membantu mencegah kanker prostat, dan bekerja dengan cara menghambat produksi hormon pria di kulit kepala, bernama androgen dihydotestosterone (DHT), yang mematikan folikel-folikel sehingga menyebabkan kebotakan pada pria.

Obat ini bisa digunakan bersamaan dengan minoxidil untuk membantu mengembalikan pertumbuhan rambut. Tetapi penggunaan dua jenis obat penumbuh rambut ini haruslah secara terus-menerus, bahkan mungkin seumur hidup. Jika konsumsinya dihentikan, Anda kemungkinan akan kembali mengalami kebotakan dalam waktu 3 – 8 bulan. Sebelum konsumsi obat medis, ada baiknya konsultasi dulu dengan dokter.

Demikianlah artikel yang membahas mengenai cara membuat sari bawang sebagai obat penumbuh rambut alami. Ingatlah bahwa sampai saat ini belum ditemukan cara untuk benar-benar menghentikan kebotakan dan menumbuhkan kembali rambut. Tetapi Anda bisa memperlambat kebotakan dan menguatkan sisa rambut yang ada dengan bantuan sari bawang maupun dengan tips-tips lain seperti di atas.

FOLLOW US:
instagramsms

Log In or Register