8 Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Rambut

269

Diedit:

Memiliki rambut yang sehat, berkilau dan memancarkan warna alami dengan helaian yang lembut dan halus, jelas impian semua orang. Tak terkecuali wanita maupun pria. Dan ternyata Anda tak harus keluar masuk salon perawatan rambut yang akan menguras kantung Anda dalam-dalam, kalau Anda bisa memberikan asupan makanan sehat yang bisa menjadi sumber nutrisi terbaik yang menunjang kesehatan rambut.

Sebelum membahas mengenai asupan terbaik untuk kesehatan rambut, mari kita ulas terlebih dulu seperti apa sebenarnya rambut yang sehat itu. Rambut sehat sebenarnya berkaitan dengan rambut yang menampakan sinar dan warna alaminya, bebas ketombe, bebas efek kering dan kusam serta bebas dari efek depigmentasi akibat paparan sinar matahari yang merusak email rambut.

Dan untuk bisa mendapatkan tampilan rambut yang sehat dan cantik, Anda cukup mengubah pola makan Anda dengan mengasup sejumlah sumber nutrisi penting berikut ini.

1. Protein

Ternyata komponen terpenting dari setiap helaian rambut adalah protein bernama keratin yang memiliki sejumlah karakter zat tanduk. Jadi untuk bisa menumbuhkan rambut yang sehat dan kuat sempurna, Anda membutuhkan cukup protein yang akan menunjang kebutuhan keratin.

Tak banyak memang yang menyadari besarnya peran protein terhadap kesehatan dan kekuatan rambut. Padahal dengan asupan protein memadai, rambut akan lebih kuat, tidak mudah rontok dan tidak mudah patah.

Anda bisa mendapatkan manfaat dari protein untuk kesehatan rambut ini dengan menambahkan asupan telur, ikan, ayam, dan beragam jenis kacang-kacangan serta biji-bijian. Padukan protein nabati dan hewani demi memperoleh hasil rambut kuat dan sehat yang Anda idamkan.

2. Zink

Bila sudah bicara soal mineral yang paling penting untuk kesehatan rambut, maka zink memiliki urutan paling awal. Peran zink terhadap kesehatan rambut cukup beragam, terutama untuk membantu menjaga kekuatan rambut, menjauhkan rambut dari kerontokan, menjaga permukaan rambut terbebas dari kikisan akibat efek menyisir, gosokan dari handuk, efek panas alat pengering rambut atau efek paparan sinar matahari.

Tidak hanya itu, zink juga bekerja membantu menjaga kadar normal hormonal tubuh yang akan berperan besar terhadap kesehatan rambut. Mereka dengan kondisi hormonal yang tidak stabil cenderung akan menampakan rambut yang rusak dan kering.

Zink juga terbukti memberi manfaat terhadap kesehatan kulit kepala, membantu mengatasi ketombe, kulit kepala yang mengering dan membantu mencegah munculnya rambut putih atau depigmentasi pada rambut.

Baca juga:  Cara Membuat Masker Rambut Menggunakan Bahan-Bahan Alami (Bagian 2)

Anda bisa mendapatkan asupan zink dari beragam jenis hidangan seafood, termasuk kepiting, tiram, kerang, udang dan cumi. Sumber asupan zink lain antara lain jamur, kacang merah, kacang hitam, kedelai, kacang tolo, dan beragam jenis serealia lain.

3. Vitamin C

Konsumsi berbagai jenis buah yang menjadi sumber vitamin C untuk membantu tubuh lebih mudah memproduksi kolagen yang juga berperan mengatasi kerusakan batang rambut akibat efek paparan sinar matahari, penyisiran dan penggosokan berlebihan dan efek panas alat pengering rambut.

Vitamin C juga berperan membantu membentuk gluthathione yang terbukti bekerja sebagai anti oksidan alami yang efektif mengatasi kerusakan rambut akibat penggunaan bahan kimia seperti hair wax, hair spray dan lain sebagainya.

Vitamin C bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis buah. Biasanya buah dengan kadar asam tinggi seperti lemon, jeruk nipis atau belimbing mengandung vitamin C relatif tinggi. Beberapa jenis buah dengan warna kuat seperti buah naga, jambu biji, blueberrr atau strawberry juga bisa Anda andalkan sebagai sumber vitamin C. Buah dengan aroma kuat macam noni dan sirsak juga memiliki kekayaan vitamin C yang berlimpah.

4. Vitamin E

Sifat vitamin E terhadap rambut hampir serupa dengan vitamin C, yakni menjadi stimulan dalam memproduksi kolagen. Namun peran vitamin E juga besar dalam mengendalikan kesehatan kulit kepala, mengatasi kulit kepala yang kering namun juga mengendalikan produksi minyak berlebihan pada kulit kepala.

Anda bisa menambahkan asupan zaitun sebagai salah satu asupan terbaik untuk rambut. Asupan buah alpukat, lidah buaya, aprikot, minyak kepala murni, minyak jarak, biji-bijian seperti kacang hijau dan biji bunga matahari, kacang-kacangan termasuk kenari dan almond dan juga sejumlah rempah seperti ketumbar atau jintan untuk bisa mendapatkan asupan vitamin E.

5. Antioksidan

Sejumlah kerusakan pada rambut sebenarnya datang dari masuknya radikal bebas dalam sistem pertumbuhan rambut, dan sebagian lain meresap dalam batang rambut. Anda bisa mendapatkannya dari radikal bebas yang terlarut dalam aliran darah atau yang diperoleh rambut dari paparan udara kotor kaya radikal bebas di dalam lingkungan.

Dan hanya dengan paparan anti oksidan Anda bisa mengatasi efek oksidasi yang dilakukan oleh radikal bebas terhadap sel batang rambut dan sistem akar rambut. Untuk itu, semakin kuat alasan untuk Anda mengkonsumsi beragam sayuran, buah dan rempah untuk membantu Anda memberantas radikal bebas.

Anda bisa menambahkan potongan buah dalam menu harian Anda, mengonsumsi juice buah seperti juice noni yang kaya fitonutrient penting yang bekerja sebagai anti oksidan dan stimulan regenerasi sel atau dengan menambahkan sejumlah rempah sehat sebagai bumbu masakan Anda.

Baca juga:  Rahasia Rambut Sehat Berkilau

6. Asam Lemak Omega 3

Tubuh membutuhkan asam lemak ini untuk mengikat keratin dan menguatkan ikatan jaringan dalam batang rambut. Asam lemak ini juga memiliki peran dalam membantu menghasilkan kilau sehat pada rambut.

Pada dasarnya menurut organicfact, rambut sendiri memiliki setidaknya 3 % kandungan asam lemak omega 3 dalam tiap batangnya. Asam lemak membantu menghidrasi sel-sel rambut sehingga tampak lembab dan lembut.

Dapatkan asupan asam lemak omega 3 dari berbagai jenis ikan berlemak termasuk salmon, ikan lele, ikan patin dan berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang almond, wellnuts, kacang kenari, kacang hazel dan lain sebagainya.

7. Yodium

Mereka yang mengalami masalah kekurangan asupan yodium akan mengeluhkan penurunan kondisi sistem kelenjar tiroid dan kendali terhadap sistem endokrin mereka. Inilah yang memicu masalah hormonal yang serius yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi hormonal seksual seseorang.

Padahal stabilitas hormonal akan memberi pengaruh besar terhadap kesehatan rambut. Hormon akan berperan memaksimalkan atau justru menurunkan aliran asam lemak sehat menuju rambut, mendorong atau menghambat produksi kolagen dan gluthathione. Jadi secara tidak langsung yodium memberi manfaat besar terhadap kesehatan rambut.

8. Vitamin B

Asam pentatonik, biotin, dan riboflavin adalah sejumlah senyawa vitamin B yang memberi peran besar dalam pembentukan rambut yang sehat. Vitamin B berperan besar untuk menjaga kesehatan akar rambut, mengatasi kulit kepala yang rusak dan membantu menjaga kesehatan permukaan rambut.

Untuk bisa mendapatkan asupan vitamin B, Anda bisa mengkonsumsi sejumlah asupan penting termasuk daging, ikan, hati, bit, sereal, kacang hijau, kacang kedelai, kacang tolo, sereal, asparagus, sayuran hijau macam bayam, caisim dan brokoli, telur, yoghurt, alpukat dan masih banyak lagi.

Jalankan pola diet sehat yang seimbang dan kaya akan nutrisi protein, vitamin, mineral, dan fitonutrient akan memberi Anda cukup gizi untuk kesehatan rambut, pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit kepala. Bahkan kalaupun Anda melewatkan waktu perawatan rambut Anda yang memakan biaya di salon kepercayaan, Anda tetap bisa menikmati kesehatan rambut yang optimal.

Rambut seringkali menyingkapkan banyak hal tentang kepribadian dari pemiliknya. Oleh karena itu, jika Anda terlihat memiliki rambut yang sehat, maka otomatis kepercayaan diri pun jadi meningkat.

Advertisement
Alinesia