Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Cara Menumbuhkan Rambut secara Alami Cara Menumbuhkan Rambut secara Alami Shutterstock

10 Cara Menumbuhkan Rambut Agar Cepat Panjang

Rambut adalah mahkota bagi para wanita, dan juga bagi beberapa pria. Jadi wajar saja kalau Anda berupaya memperbaiki penampilannya saat merasa tidak puas. Jika Anda sedang berusaha menumbuhkan rambut yang salah potong atau hanya ingin memanjangkan rambut, cobalah beberapa bahan alami manjur berikut ini.

Sejumlah bahan alami ini telah teruji manfaatnya untuk membantu merangsang pertumbuhan serta menyuburkan rambut yang Anda miliki. Semoga dengan memanfaatkannya, Anda dapat memiliki rambut panjang yang tebal dan tampak sehat sebagai mahkota keindahan.

Pijat

Memijat kulit kepala dapat membantu menumbuhkan rambut dan bisa dilakukan dengan minyak rambut serta masker. Pijatan merangsang kulit kepala dan bisa menambah ketebalan rambut Anda.

Luangkanlah waktu untuk memijat kulit kepala Anda setiap hari, selain sebagai cara menumbuhkan rambut, juga untuk membantu menghilangkan stres dan ketegangan. Diduga bahwa gerakan meregang saat memijat mampu mendorong pertumbuhan serta ketebalan rambut di sel-sel papila dermal.

Lidah Buaya

Lidah buaya sudah sejak dahulu dimanfaatkan untuk mengatasi kebotakan atau kerontokan rambut. Bahan alami ini juga menenangkan kulit kepala serta melembapkan rambut. Juga mampu mengurangi masalah ketombe dan membersihkan folikel-folikel rambut yang mungkin tersumbat oleh minyak berlebih.

Anda bisa menerapkan gel lidah buaya langsung ke kulit kepala dan rambut beberapa kali dalam seminggu. Bisa juga gunakan sampo dan kondisioner yang mengandung lidah buaya (aloe vera).

Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang meresap ke dalam batang rambut serta mencegah kehilangan protein dari rambut. Minyak kelapa bisa digunakan baik sebelum maupun sesudah Anda mencuci rambut, bergantung pada jenis rambut Anda.

Jika rambut Anda cenderung berminyak, Anda bisa menggunakan minyak kelapa di malam hari dan biarkan semalaman atau dibiarkan beberapa jam sebelum mencuci rambut. Pijatkan minyak kelapa ke kulit kepala dan seluruh rambut. Jika rambut Anda kering, Anda bisa menggunakan minyak kelapa sebagai perawatan sehari-hari.

Masih dibutuhkan lebih banyak penelitian mengenai manfaat minyak kelapa untuk menumbuhkan rambut, tapi sudah ada bukti yang memperlihatkan bahwa bahan alami ini memperbaiki kesehatan dan kilau rambut, dan telah digunakan selama berabad-abad.

Minyak Jarak

Cara menumbuhkan rambut selanjutnya adalah dengan minyak jarak. Minyak alami ini memanjangkan rambut karena kaya akan kandungan asam lemak omega-9 serta vitamin E. Minyak kental ini melembapkan, menambah volum, mencegah rambut kusut, juga mengatasi infeksi pada kulit kepala.

Cara terbaik untuk menggunakan minyak jarak adalah mencampurnya dengan minyak lain (contoh: minyak rosmarin) dalam jumlah sebanding sebagai dasar untuk mengatur kekentalannya serta meningkatkan khasiatnya. Gosokkan ke kulit kepala dan pijat-pijat. Diamkan hingga 30 – 45 menit, lalu bilas dan keramas seperti biasa.

Telur

Rambut terdiri dari protein keratin, dan telur adalah sumber protein yang sangat baik. Oleh sebab itu, telur benar-benar bermanfaat untuk memanjangkan rambut Anda.

Kocok 2 kuning telur dan campurkan dengan 2 sdm minyak zaitun. Oleskan campuran ini ke kulit kepala dan biarkan hingga 15 – 20 menit. Bilas dengan air dingin lalu keramas seperti biasa.

Minyak Rosmarin

Rosmarin (rosemary) adalah bahan alami yang sangat bagus untuk menumbuhkan rambut. Rosmaring bermanfaat memanjangkan rambut, menguatkan akar-akarnya, serta menghilangkan ketombe.

Minyak herbal ini juga memiliki kemampuan antioksidan yang merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, kandungan sulfur dan silika di dalamnya membantu memulihkan dampak dari kerontokan atau kebotakan. Rosmain akan meningkatkan sirkulasi di kulit kepala dan membersihkan folikel-folikel rambut yang tersumbat. Bahkan juga mampu menggelapkan warna rambut Anda.

Campurkanlah 2 tetes minyak rosmarin dengan 2 sdm minyak zaitun (atau minyak kelapa). Oleskan ke rambut dan pijatkan ke kulit kepala. Biarkan hingga setidaknya ½ jam lalu keramas seperti biasa. Anda bisa melakukan cara menumbuhkan rambut ini beberapa kali dalam seminggu.

Sari Perasan Lemon

Lemon kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B12, asam folat, dan nutrisi-nutrisi lain. Ditambah lagi, lemon juga dipenuhi dengan antioksidan. Selain bermanfaat memanjangkan rambut, sari lemon juga membuat rambut tampak lebih halus, berkilau, dan bebas dari ketombe.

Jika dioleskan ke kulit kepala, sari lemon juga merangsang sirkulasi sehingga mencegah kebotakan. Tetapi jangan gunakan terlalu banyak, karena dapat memudarkan warna rambut dalam penggunaan jangka lama.

Campurkan sari perasan lemon dan minyak zaitun (atau minyak kelapa) dengan perbandingan 1 : 2. Oleskan ke rambut dan kulit kepala, lalu biarkan hingga 30 – 45 menit. Cuci rambut dan keramas seperti biasa. Lakukanlah cara menumbuhkan rambut ini 1 – 2 kali dalam seminggu.

Sari Akar Bit

Sari akar bit dapat dibuat dengan blender lalu disaring sarinya. Sari dari bit dilengkapi dengan kandungan protein, karotenoid, vitamin B dan C, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, fosfor, dan silika. Untuk memanjangkan rambut, minumlah sari akar bit secara teratur.

Anda juga bisa mencampurkannya dengan jus dari sayuran lain, misalnya timun atau wortel. Sebagai contoh, Anda bisa menyiapkan minuman sehat dengan memblender setengah akar bit, setengah timun, dan 5 wortel. Saring jika diperlukan, dan minumlah sarinya.

Santan

Santan mengandung vitamin B, C, dan E, juga kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, selenium, dan beragam nutrisi lain. Kandungan-kandungan tersebut menutrisi rambut Anda, merangsang pertumbuhannya, serta mencegah kerontokan atau kebotakan. Anda bisa memasukkan santan segar ke dalam menu makan sehari-hari.

Cara menumbuhkan rambut selain dengan mengonsumsinya adalah dengan memijat kulit kepala menggunakan santan, lalu diamkan setidaknya ½ jam, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini 2 – 4 kali dalam sebulan.

Sari Bawang Merah

Kalau Anda bisa tahan dengan aroma menyengat dari bawang merah, maka bahan alami yang satu ini patut dicoba. Sari bawang telah dibuktikan berhasil mengatasi alopecia areata yang tidak merata dengan cara merangsang pertumbuhan rambut.

Sari bawang juga diyakini bermanfaat melancarkan sirkulasi. Dalam penelitian dengan hewan percobaan diperlihatkan bahwa adanya peningkatan faktor pertumbuhan keratin dan aliran darah ke kutikula-kutikula.

Sebagai cara menumbuhkan rambut, Anda bisa menggerus beberapa bawang dan saring sarinya. Oleskan sari bawang tersebut ke kulit kepala dan rambut, lalu biarkan hingga setidaknya 15 menit. Setelahnya keramas seperti biasa.

Baca juga artikel: Sari Bawang—Obat Penumbuh Rambut Alami yang Bisa Diandalkan

Disamping memanfaatkan bahan-bahan alami di atas untuk memanjangkan rambut, Anda juga mesti memperhatikan pola makan dengan baik. Pola makan, termasuk apa yang Anda santap sehari-hari, merupakan faktor penting untuk menumbuhkan rambut yang sehat.

Jadi, nikmatilah makanan yang segar dan bernutrisi setiap hari, terutama sayuran berdaun hijau dan produk olahan susu yang mengandung protein serta vitamin B yang merangsang pertumbuhan rambut Anda.

Namun jika cara menumbuhkan rambut secara alami tampaknya tidak juga menunjukkan hasil dan Anda tetap mengalami kerontokan rambut yang cukup parah, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Bisa jadi penyebab dibaliknya adalah masalah kesehatan yang perlu ditangani secara medis.

FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram

Log In or Register