4 Cara Mengatasi Uban di Usia Muda secara Alami


By Cindy Wijaya

Wajar saja jika muncul uban saat usia sudah 40-an. Tapi kadang uban tumbuh lebih cepat, dan ini bisa berpengaruh pada kepercayaan diri orang tersebut. Jika Anda masih muda tapi sudah punya uban yang cukup kelihatan, ada beberapa faktor yang dapat memicunya.

Misalnya bisa karena faktor genetik, stres, kekurangan vitamin, merokok, masalah kesehatan tertentu, atau penggunaan produk rambut tertentu. Anda mungkin sedang mencari cara menghilangkan uban di usia muda secara alami. Informasi dalam artikel ini bisa membantu Anda.

Apakah Uban di Usia Muda Bisa Diatasi?

Jawabannya tergantung pada penyebab uban itu. Jika penuaan atau faktor genetik adalah satu-satunya penyebab rambut beruban, maka proses alami ini tidak bisa dipulihkan. Ini karena sel-sel pigmen di dalam folikel rambut (melanosit) mati dengan sendirinya. Tidak ada cara untuk mengembalikan mereka.

Tapi jika uban Anda disebabkan langsung oleh masalah kesehatan, mungkin masih ada harapan untuk memulihkan pigmen alami pada rambut Anda.

Banyak orang memilih untuk mewarnai uban mereka sebagai cara cepat mengatasinya. Tapi jika Anda tidak suka menggunakan bahan-bahan kimia, ada cara mengatasi uban di usia muda secara alami yang bisa dilakukan.

Bagaimana Cara Mengatasi Uban di Usia Muda secara Alami?

Jika penyebab uban adalah faktor genetik atau penuaan, maka sulit untuk mencegah atau memulihkan proses tersebut. Namun, jika penyebab uban di usia muda adalah akibat masalah kesehatan, masih ada kemungkinan untuk mengembalikan warna hitam alaminya. Berikut beberapa cara menghilangkan uban di usia muda secara alami.

Sumber: What you should know about gray or white hair – Medical News Today

Konsumsi Lebih Banyak Antioksidan

Pola makan Anda berpengaruh pada uban di rambut. Upayakanlah perbanyak makanan-makanan yang kaya antioksidan untuk mengurangi stres oksidatif pemicu uban di usia muda. Makanan kaya antioksidan contohnya: buah-buahan dan sayuran segar, teh hijau, minyak zaitun, dan ikan.

Mengatasi Kekurangan Vitamin

Jika penyebab uban di usia muda adalah akibat kekurangan vitamin, maka upayakan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung vitamin tersebut.

Misalnya, jika penyebabnya kekurangan vitamin B12, cobalah mengonsumsi seafood, telur, dan daging. Jika penyebabnya kekurangan vitamin D, cobalah mengonsumsi susu, ikan salmon, dan keju. Jika kesulitan memenuhi vitamin hanya dari makanan, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin tersebut.

Berhenti Merokok

Merokok berdampak buruk pada kesehatan tubuh kita, dan bisa memicu uban di usia muda. Dan para peneliti telah menemukan adanya kaitan antara merokok dengan hilangnya pigmentasi (warna alami) rambut.

Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Ada banyak pewarna rambut di pasaran yang bisa menutupi uban, tapi banyak diantaranya yang justru bisa memicu uban di usia muda dan dapat menyebabkan alergi atau efek samping lain.

Pengobatan alami dapat menjadi alternatif untuk memperlambat tumbuhnya uban tanpa membahayakan kesehatan atau menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada pigmen rambut. Berikut adalah beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan uban di usia muda secara alami.

Daun Kari

Daun kari sudah sejak berabad-abad lalu digunakan untuk pengobatan alami. Jika dikombinasikan dengan minyak rambut dan dioleskan pada kulit kepala, daun kari dapat memerlambat uban di usia muda.

Sebuah laporan dalam International Journal of PharmTech Research Vol. 7 No. 4 menonjolkan kegunaan daun kari untuk mengembalikan hitam rambut dan bahkan mencegah uban di usia muda. Di Indonesia daun kari disebut juga daun salam koja.

Urang-Aring

Sejumlah laporan menunjukkan bahwa urang-aring dapat menghitamkan warna rambut dan mencegah tumbuh uban di usia muda. (Sumber: Indian Journal of Plastic Surgery Vol. 41 (Suppl))

Daun urang-aring dapat direbus dengan minyak kelapa atau minyak wijen, kemudian hasil rebusannya dapat dipijatkan ke rambut. Daun urang-aring juga sering dikemas dalam bentuk minyak siap pakai.

Malaka

Suplemen herbal malaka (indian gooseberry) dapat mengembalikan uban di usia muda dengan meningkatkan pigmentasi. Kemampuannya ini diyakini karena malaka kaya akan antioksidan dan efek anti-penuaan.

Buah malaka bisa dikonsumsi dalam bentuk buah segar atau dalam bentuk bubuk atau suplemen. Bubuk malaka bisa dicampur dengan minyak kelapa dan dioleskan langsung ke kulit kepala.

Ilustrasi Cara Menghilangkan Uban di Usia Muda secara Alami
Photo by santhosh_varghese from Getty Images via Canva

Teh Hitam

Teh hitam dapat menjadi cara mengatasi uban di usia muda secara alami, membantu rambut tampak lebih gelap, lebih mengkilap, dan lebih lembut. Cara menggunakannya yaitu dengan menyeduh 3-5 kantong teh dalam 2 cangkir air mendidih, dinginkan, lalu oleskan pada rambut yang bersih dan masih basah. Teh juga bisa dicampur dengan kondisioner, didiamkan di rambut selama 1 jam, lalu dibilas.

Tembaga

Studi yang dimuat Biological Trace Element Research Vol. 146 No. 1 mendapati bahwa kadar tembaga (copper) dalam tubuh yang rendah dapat menyebabkan uban di usia muda. Anda bisa memperoleh asupan tembaga dari makanan seperti hati sapi, kacang lentil, almond, coklat hitam, dan asparagus.

Gambas

Gambas, atau oyong, diketahui dapat mengembalikan pigmen rambut dan merangsang akar rambut. Memijatkan minyak gambar secara teratur dapat mencegah rambut memutih. Minyak gambas (ridge gourd oil) bisa dibeli secara online.

Jadi, cara menghilangkan uban di usia muda secara alami harus disesuaikan dengan penyebabnya. Upayakanlah untuk mengendalikan penyebabnya tersebut, lalu bisa dibantu dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk mengembalikan warna alami rambut Anda.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang cara mengatasi uban di usia muda secara alami. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}