Share:

Membuat Jus sehat adalah salah satu cara praktis mendapatkan asupan vitamin, mineral dan anti oksidan dengan cara alami. Tetapi tahukah Anda dengan cara membuat jus sehat buat diet yang tidak tepat Anda tidak akan mendapatkan manfaat optimal, bahkan mungkin saja mendapatkan efek samping?

Tahukah Anda manfaat jus sehat sebenarnya bergantung erat dengan cara membuat jus sehat buat diet yang Anda lakukan? Bagaimana menemukan kombinasi yang tepat, kadar dan komponen bahan yang tepat, cara membuat jus sehat buat diet dengan teknik yang benar dan porsi yang pas.

Apa Saja Cara Membuat Jus Sehat Buat Diet?

Menurut Harvard School of Public Health, mengonsumsi sayuran dan buah adalah cara terbaik menyempurnakan asupan nutrisi. Dan jus kombinasi sayuran dan buah adalah cara membuat jus sehat buat diet yang membantu memenuhi kebutuhan tersebut.

Kombinasi sayuran dan  buah dalam diet akan baik untuk fungsi kardiovaskular, fungsi penglihatan, pencernaan, metabolisme, penanggulangan diabetes dan kolesterol serta banyak manfaat lain.

Meski diakui, sejumlah pakar masih memperdebatkan apakah menjalankan diet dengan jus sehat dianggap 100% aman. Karena adanya kemungkinan sejumlah nutrisi tidak bisa Anda dapatkan dari asupan cair.

Juga adanya sejumlah isu yang mengatakan tidak seharusnya sayuran dan buah dipadu padankan bersamaan karena penyerapan dan manfaatnya yang justru menurun.

7 Hal Penting Dalam Membuat Jus Sehat Buat Diet

Untuk cara membuat jus sehat buat diet, Anda perlu memastikan jus terbuat dari bahan alami dan mengandung nutrisi yang lengkap. Pastikan pula jus  tidak mengandung komponen bahan yang berbahaya atau memberi efek buruk baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Pastikan pula Anda mengolah dan memadu padankan bahan dengan tepat sehingga tidak menghasilkan kombinasi jus yang justru tidak sehat untuk tubuh.

Baca juga  Diet Vegan: Manfaat, Resiko, dan Cara Tepat Menjalankannya

Untuk lebih detilnya, berikut adalah sejumlah tips sederhana yang perlu Anda pahami dalakm cara membuat jus sehat buat diet harian Anda.

Perhatikan padu padan sayuran dan buah

Salah satu keutamaan buah adalah komponen vitamin dan antioksidan yang tinggi. tetapi di sisi lain, buah cenderung rendah asam amino dan memiliki komponen fruktosa yang berlebihan.  sementara fruktosa  berlebihan kurang disarankan karena akan mempengaruhi kesehatan hati dan sistem metabolisme tubuh.

Untuk itu perlu kita siasati dengan memadukan sayuran dan buah-buahan dalam satu kombinasi jus sehat.Alasan utama untuk mengkombinasikan sayuran dan buah adalah untuk menyempurnakan kadar dan ragam nutrisi dalam minuman jus Anda.

Sejumlah nutrisi dalam sayuran tidak dapat Anda temukan dalam buah.Tetapi mengonsumsi jus sayuran kerap tidak disukai karena rasanya yang tidak nyaman dilidah. Buah akan membantu meringankan rasa getir dan tidak nyaman dari sayuran yang di jus.

Memadukan dua komponen akan membantu Anda meningkatkan manfaat juice dengan bertambahnya nilai nutrisi dari jus sehat. Di sisi lain cara ini juga akan menurunkan sisi buruk dari masing-masing bahan.

Komposisi yang berubah-ubah

Karena dalam sayuran dan buah tersimpan komponen fitokimia dan senyawa asam amino tertentu yang ketika jumlahnya berlebihan dapat berakibat buruk bagi tubuh.

Mengonsumsi sayur dan buah yang sama setiap hari akan membuat kadar material berbahaya ini berada pada ambang batas normal. Dan memungkinkan tubuh mendapatkan efek buruk dari senyawa-senyawa tersebut.

Contoh saja komponen oksalat dalam banyak sayuran hijau. Oksalat sangat mudah mengendap pada ginjal dan ketika tercampur dengan mineral seperti kalsium akan membentuk endapan kristal. Kristal ini kemudian Anda kenal dengan batu ginjal.

Selain oksalat, senyawa-senyawa berbahaya lain juga perlu Anda waspadai seperti atropin yang memberi efek buruk pada fungsi saraf, Goitrogen yang berbahaya untuk fungsi tiroid, hingga sianida yang memiliki efek mematikan dalam kadar tinggi.

Pada buah, juga terkandung kadar asam tinggi dan laksatif yang ketika berlebihan akan bahaya untuk pencernaan. Atau komponen fruktosa yang dapat mengganggu kerja hati. Atau kandungan flavonoid tertentu yang justru terlalu keras bila kadarnya berlebihan dalam tubuh.

Untuk bijaknya, pastikan mengubah varian komposisi sayuran dan buah setiap harinya. Untuk mencegah terakumulasinya komponen tertentu pada sayuran dan buah yang akan mencapai kadar berbahaya bagi tubuh.

Perhatikan kandungan tiap bahan

Beberapa pakar memperdebatkan apakah memadukan sayuran dan buah dalam jus sehat aman. Ini karena sejumlah efek samping seperti reaksi pencernaan dan masalah hati kerap menjadi isu.

Sebagian besar reaksi dianggap wajar karena tubuh beradaptasi dengan asupan serat dan komponen fitokimia dalam sayuran dan buah yang terkombinasi dalam jus sehat.

Tetapi beberapa reaksi bisa saja perlu Anda waspadai. Bisa jadi tubuh Anda sensitif, atau memang ada komponen dalam buah dan sayur yang Anda padukan dengan tidak tepat.

Beberapa hal perlu menjadi catatan dalam cara membuat jus sehat buat diet. Seperti selalu memadukan bahan dalam warna yang berbeda. Karena umumnya warna bahan menandakan kandungan yang sama.

Bahan dengan kandungan asam tinggi, mengandung zat laksatif atau memiliki serat tinggi juga perlu Anda padukan dengan hati-hati. Perpaduan berlebihan dapat menyebabkan reaksi pencernaan.

Beberapa bahan seperti bayam dan brokoli sebaiknya direbus sesaat untuk meredam efek oksalat dan komponen fitokimia lain yang dianggap terlalu keras pada saat mentah.

Buat jus seketika

Jus sehat sebaiknya Anda konsumsi segera setelah diolah. Jus sehat akan mengalami oksidasi ketika terpapar udara bebas. Semakin lama jus dibiarkan semakin tinggi kesempatan buah dan sayuran di dalamnya teroksidasi.

Proses oksidasi ini akan menurunkan manfaat dari buah dan sayuran. Beberapa akan menyebabkan kerusakan nutrisi dan justru menyebabkan efek buruk terhadap kesehatan, bahkan tidak mustahil beberapa komponen justru berubah bersifat toksin.

Anda bisa simpan jus sehat dalam wadah rapat bersuhu rendah dengan bahan kaca atau stainless untuk membantu menjaga kualitas jus sehat lebih lama.  Tetapi cara terbaik adalah memastikan jus dibuat sekali minum.

Karenanya, cara membuat jus sehat buat diet yang efektif sebenarnya adalah dengan menyiapkan jus dalam kuantitas sesuai porsi sekali minum dan dibuat seketika ketika Anda akan meminumnya, tepat ketika perut kosong.

Jangan tambahkan bahan yang tidak bermanfaat

Kebiasaan terburuk pada cara membuat jus sehat buat diet adalah ketika  Anda tambahkan dengan beberapa sendok makan gula. Dalam buah sudah tersimpan sejumlah kandungan gula dalam bentuk fruktosa.

Menambahkan gula hanya akan membuat jus sehat Anda jadi lebih berkalori. Mengonsumsi jus manis hanya akan meningkatkan resiko diabetes bagi tubuh Anda.

Beberapa cara membuat jus sehat buat diet yang juga tidak disarankan adalah penambahan pemanis buatan, pewarna buatan dan komponen penguat rasa. Karena ini sebenarnya hanya membuat jus terasa enak namun menurunkan level manfaat dari jus sehat.

Penambahan susu dalam jus sehat juga perlu lebih hati-hati. Beberapa komponen asam dalam buah justru mengalami kerusakan ketika dipadukan dengan susu. Susu sendiri dapat menurunkan penyerapan tubuh terhadap anti oksidan. Utamakan sajian jus hasil mesin blender

Cara membuat jus sehat buat diet dengan mesin blender akan membuat Anda mengonsumsi seluruh bagian buah dan sayuran. Termasuk komponen serat tak larut yang terkandung di dalamnya.

Sedang mesin juicer akan menahan serat dari sayur dan buah untuk terpisahkan dari sari jus. Sejumlah manfaat serat dari jus sehat akan menurun karena penggunaan mesin juicer ini.

Tetapi perhatikan dengan baik sejauh mana kadar serat yang Anda asup. Berlebihan dengan serat juga tidak baik untuk pencernaan. Padu padankan bahan kaya serat dengan bahan dengan serat larut yang ringan dihaluskan untuk membatasi kadar serat dalam jus.

Bukan hanya soal buah dan sayuran

Siap lebih bereksperimen dengan jus buatan Anda? coba tambahkan beberapa bahan sehat lain seperti herbal, madu, kacang atau biji-bijian dan mungkin yoghurt. Ini memberi Anda lebih dari sekedar jus sehat biasa.

Perpaduan dengan bahan-bahan lain harus tetap memperhatikan rambu-rambu soal kandungan nutrisi dari bahan yang Anda gunakan. Jangan sampai jus sehat Anda menjadi terlalu asam atau terlalu manis. Juga terlalu beraroma kuat hingga tidak nyaman dikonsumsi.

Mungkin cara paling aman adalah dengan terus mencari resep-resep jus dari sumber terpercaya. Ini membantu Anda menemukan ide-ide cara membuat jus sehat buat diet yang bervariasi dengan aman, baik bagi tubuh Anda juga untuk lidah Anda.

Perhatikan kebersihan 

Kebersihan adalah aspek yang kerap kali tidak mendapatkan perhatian. Tetapi kebersihan adalah aspek penting dalam cara membuat jus sehat buat diet dan aman.

Kebersihan meliputi bahan-bahan yang Anda gunakan menjadi jus. Bukan hanya bersih dari kotoran, tetapi juga bahan-bahan berbahaya. Karena sejumlah bahan bisa jadi ditanam dengan melibatkan sejumlah komponen kimia berbahaya seperti pestisida.

Perhatikan dengan baik cara membersihkan bahan-bahan jus untuk memastikan jus Anda benar-benar bebas bahan berbahaya. Pastikan perangkat jus bersih bebas dari sisa-sisa bahan sebelumnya, karena bisa jadi sisa-sisa ini sudah teroksidasi dan membentuk senyawa toksin berbahaya.

Pastikan juga menggunakan perangkat dari bahan yang aman untuk makanan. Karena kita tentu tidak ingin material plastik atau logam berbahaya justru terlarut dalam jus sehat buatan kita.

Catatan Seputar Jus Sehat

Selain seputar cara membuat jus sehat buat diet, ada beberapa catatan penting yang perlu Anda pahami ketika memilih mengonsumsi jus sehat dengan rutin. Dan berikut adalah 2 catatan penting seputar jus sehat.

Jus sehat bukan pengganti makan

Beberapa orang memutuskan untuk menjalankan terapi jus dengan berhenti sama sekali mengonsumsi makanan padat dalam beberapa waktu dan sepenuhnya menggantungkan asupan dari makanan cair seperti jus sehat.

Dalam jangka pendek cara ini memang akan membantu meningkatkan kinerja pencernaan. Tetapi ini berbahaya untuk jangka panjang. Karena pada dasarnya pencernaan manusia membutuhkan asupan dalam bentuk padat untuk tetap menjalankan fungsinya.

Jus sehat hanya disarankan sebagai asupan tambahan saat diet. Karena jus membantu menutup kekurangan nutrisi selama diet berjalan. Juga membantu Anda lebih merasa cepat kenyang karena membantu menutup kekurangan volume makanan selama diet.

Pilihan jus sehat juga bisa menjadi pilihan lebih sehat dan bernutrisi ketimbang Anda menghidrasi tubuh Anda dengan minuman soda atau sirup-sirup buatan yang mengandung pemanis buatan.

Minum ketika perut kosong

Mengonsumsi jus sehat sebaiknya dilakukan ketika perut kosong. Ini berlawanan dengan pemahaman lama yang menyarankan Anda mengonsumsi jus sebagai pencuci mulut.

Karena justru manfaat jus akan optimal ketika perut Anda kosong. Asupan lemak dan protein yang Anda asup dari makanan utama dapat menurunkan daya serap pencernaan terhadap vitamin dan jenis fitokimia tertentu yang terdapat dalam sayuran dan buah.

Pada diet sekalipun mengonsumsi jus sehat sebelum makan juga memberi manfaat lebih. Karena jus akan membantu mengisi perut Anda sebelum makan utama. Ini akan membantu menurunkan porsi makan Anda pada makanan utama. Tentu saja dengan jaminan nutrisi yang Anda butuhkan masih dapat Anda suplai dari jus sehat tersebut.

Dengarkan tubuh Anda

Setiap tubuh akan menunjukan reaksi yang berbeda terkait asupan juice sehat. Perhatikan dengan baik bagaimana tubuh Anda bereaksi untuk memastikan asupan juice yang Anda konsumsi memang aman untuk tubuh Anda.

Beberapa reaksi memang lazim terjadi mulai dari efek mual, rasa perut terus menerus penuh, mual, panas di ulu hati, diare, konstipasi lemas, pusing sampai yang mungkin bisa menjadi gejala lebih serius seperti nyeri pinggang.

Sejumlah reaksi bisa jadi hanya reaksi awal dari proses adaptasi. Tetapi bila Anda terus merasa tidak nyaman selama beberapa pekan, bisa jadi perpaduan jus yang Anda buat perlu Anda ubah.

Amati dengan baik bagaimana reaksi tubuh Anda terhadap asupan juice. Bisa jadi beberapa jenis resep juice yang Anda jajal bukan perpaduan yang aman untuk tubuh Anda.

Mungkin Anda perlu memahami, jenis buah asam akan terlalu berat bagi pencernaan Anda. atau justru sayuran dengan kadar serat terlalu tinggi membuat Anda kesulitan BAB. Sedang kelebihan unsur laksatif membuat Anda diare dan kram perut.

Beberapa jenis buah dan sayuran juga bisa mendorong efek hiperkalemia atau kelebihan kalium hingga menyebabkan efek anemia. Dan alarm terbaik untuk memastikan asupan Anda aman adalah dengan membaca reaksi yang muncul dari tubuh Anda.

Mengonsumsi juice sehat masih dianggap sebagai metode yang baik untuk membantu Anda menurunkan berat badan dan merawat fungsi pencernaan. Juga merupakan cara sehat mendapatkan asupan nutrisi yang sempurna.

Baca juga  Mengatasi Gemuk Air Dengan 15 Cara Efektif Berikut!

Tentu saja perhatikan efek samping dari cara membuat jus sehat buat diet yang tidak tepat. Perpaduan yang tepat dengan bahan-bahan alami dan proses pengolahan yang baik akan membantu Anda mendapatkan manfaat jus sehat dengan aman bebas resiko.

Nurul Kuntarti

Menggeluti dunia penulisan, namun menemukan hasratnya dalam bidang kesehatan sejak memiliki putri pertamanya. Keinginan untuk terus memahami dunia kesehatan dilanjutkan dengan mengabdikan diri dalam dunia tulis-menulis di bidang kesehatan, untuk terus menghasilkan artikel-artikel kesehatan yang akurat, kredibel, dan bermanfaat.


Artikel di-posting oleh Nurul Kurtanti dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.