Cara Buat Hand Sanitizer Sendiri yang Sederhana & Praktis

368
Ilustrasi Cara Buat Hand Sanitizer Sendiri
Credit Photo: Chakrapong Worathat / EyeEm / Getty Images

Tangan adalah sumber utama sebagian besar virus dan kuman penyebab penyakit lainnya masuk ke dalam tubuh, termasuk virus corona. Jika tidak ada sabun dan air, pilihan kedua yang terbaik untuk membersihkan tangan adalah dengan hand sanitizer berbahan dasar alkohol. Sayangnya masyarakat sudah memborong hand sanitizer di pasaran hingga stoknya kebanyakan habis. Karena itu banyak yang ingin membuat sendiri gel hand sanitizer dengan cara-cara bikin yang sudah dibagikan di berbagai media massa atau media sosial. Bagaimana cara buat hand sanitizer sendiri?

Dalam artikel ini akan dijelaskan dua resep cara bikin hand sanitizer sendiri yang sederhana dan ampuh untuk membantu membunuh virus atau kuman lainnya. Agar informasi yang kami berikan tidak keliru, kami memakai sumber dari situs-situs web kesehatan yang bisa dipercaya. Silakan lihat pada bagian “sumber referensi” di paling bawah artikel.

Cara Buat Hand Sanitizer Sendiri: Bahan-Bahannya

Cara bikin hand sanitizer sendiri sebenarnya mudah dan hanya butuh beberapa bahan saja. Siapkan dulu bahan-bahan di bawah ini:

  • Alkohol isopropil atau alkohol gosok (volume alkohol 99%)
  • Gel lidah buaya (aloe vera)
  • Minyak esensial, misalnya minyak lavender atau minyak tea tree, atau bisa juga gunakan air perasan lemon

Kunci untuk cara membuat hand sanitizer yang efektif adalah dengan tetap menggunakan alkohol dan gel lidah buaya dalam perbandingan 2 : 1. Jadi alkohol dua kali lebih banyak daripada gel lidah buaya. Ini untuk memastikan kandungan alkohol berada di kisaran 60%.

Menurut lembaga Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kandungan alkohol 60% merupakan kadar minimal yang dibutuhkan untuk membunuh sebagian besar kuman.

Cara Buat Hand Sanitizer Sendiri: Langkah-Langkahnya

Seorang mantan petugas dinas intelijen epidemi di divisi penyakit virus di CDC yang kini menjabat sebagai kepala petugas medis Osmosis, Dr. Rishi Desai, menyatakan bahwa resep hand sanitizer di bawah ini dapat membunuh 99,9% kuman setelah 60 detik.

Resep Hand Sanitizer 1:


  • Siapkan ¾ cangkir (cup) alkohol isopropil atau alkohol gosok, ¼ cangkir gel aloe vera, dan 10 tetes minyak esensial atau air perasan lemon.
  • Tuangkan semua bahan-bahan di atas ke dalam mangkuk.
  • Aduk rata menggunakan sendok kemudian kocok dengan alat pengocok (whisk) untuk membuatnya jadi gel.
  • Setelah tercampur rata, tuangkan ke dalam botol kosong agar mudah digunakan, dan tempelkan label “hand sanitizer”.

Seorang profesor ilmu kesehatan di Ball State University, Jagdish Khubchandani, PhD, juga membagikan resep cara membuat gel hand sanitizer sendiri yang serupa. Berikut cara bikin hand sanitizer menurut Khubchandani.

Resep Hand Sanitizer 2:


  • Siapkan alkohol isopropil atau etanol (91 – 99% alkohol) dan gel aloe vera dengan perbandingan 2 : 1.
  • Siapkan juga beberapa tetes minyak esensial pilihan Anda.
  • Bersihkan permukaan meja tempat untuk membuat hand sanitizer menggunakan larutan pemutih yang diencerkan.
  • Cuci tangan dulu dengan saksama.
  • Untuk mencampur bahan-bahan, gunakan sendok dan whisk yang bersih. Cuci dulu peralatan ini dengan saksama.
  • Pastikan alkohol yang digunakan untuk membuat hand sanitizer tidak encer.
  • Aduk semua bahan sampai benar-benar tercampur rata.
  • Jangan menyentuh campuran itu dengan tangan Anda sampai siap digunakan.

Untuk membuat hand sanitizer dalam jumlah besar, lembaga Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan formula untuk hand sanitizer yang menggunakan alkohol isopropil atau etanol, hidrogen peroksida, gliserin, dan air dingin yang sudah dimasak sampai mendidih. Anda bisa membaca panduan cara membuat hand sanitizer sendiri oleh WHO  di halaman situs web resminya.

Ilustrasi Cara Bikin Hand Sanitizer
Ilustrasi (Credit Photo: Ourfamilylifestyle.com)

Cara Buat Hand Sanitizer Sendiri: Cara Penggunaannya

Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam cara penggunaan hand sanitizer. Yang pertama adalah Anda perlu menggosokkannya ke kulit sampai tangan Anda kering. Dan yang kedua adalah jika tangan Anda berminyak atau kotor, Anda harus mencucinya dengan air dan sabun, bukan dengan menggunakan hand sanitizer.

Dengan mengingat dua hal penting tersebut, berikut adalah sejumlah tips cara penggunaan hand sanitizer yang efektif.

  • Semprotkan atau oleskan hand sanitizer ke telapak tangan.
  • Gosok tangan Anda dengan saksama. Pastikan Anda menggosokkannya ke seluruh permukaan tangan dan semua jari Anda.
  • Terus gosok selama 30 – 60 detik atau hingga tangan Anda kering. Dibutuhkan sedikitnya 60 detik, atau kadang lebih lama, untuk hand sanitizer membunuh sebagian besar kuman.

Anda bisa membaca lebih lengkap mengenai cara penggunaan hand sanitizer dan langkah-langkah mencuci tangan yang benar menurut WHO di artikel ini: Langkah-Langkah Mencuci Tangan Menurut WHO.

Cara Buat Hand Sanitizer Sendiri: Kuman yang Dapat Dibunuh

Menurut keterangan lembaga CDC, hand sanitizer berbahan dasar alkohol yang memenuhi persyaratan volume alkohol dapat dengan cepat mengurangi jumlah mikroba di tangan Anda. Hand sanitizer itu juga dapat membantu membinasakan berbagai agen penyebab penyakit atau patogen di tangan, termasuk virus corona baru (SARS-CoV-2).

Akan tetapi, hand sanitizer berbahan dasar alkohol yang terbaik sekalipun memiliki keterbatasan dan tidak mampu membersihkan tangan dari semua jenis kuman.

Menurut CDC, hand sanitizer tidak akan membersihkan tangan dari bahan kimia berbahaya. Itu juga tidak efektif membunuh kuman-kuman seperti norovirus, cryptosporidium, dan clostridium difficile.

Dan hand sanitizer mungkin tidak bisa membersihkan dengan baik apabila tangan Anda sudah terlihat kotor atau berminyak. Misalnya setelah Anda mempersiapkan makanan, melakukan kegiatan di taman, berkebun, atau bermain olahraga.

Jadi kalau tangan Anda terlihat kotor atau berminyak, jauh lebih baik membersihkannya dengan mencucinya menggunakan air mengalir dan sabun, daripada menggunakan hand sanitizer.

Ilustrasi Gel Hand Sanitizer
Credit Photo: Adobe Stock / tickcharoen04

Cara Buat Hand Sanitizer Sendiri: Hand Sanitizer vs Cuci Tangan

Mengetahui kapan sebaiknya mencuci tangan dan kapan bisa menggunakan hand sanitizer adalah kunci penting untuk melindungi diri dari virus corona serta penyakit pernapasan lainnya yang menular seperti flu, bronkitis, dan tuberkulosis.

Menurut CDC, meski keduanya bisa membersihkan tangan namun mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir harus selalu menjadi prioritas. Anda bisa menggunakan hand sanitizer hanya jika sabun dan air tidak tersedia dalam situasi tertentu.

Anda dianjurkan untuk selalu mencuci tangan saat:

  • Sehabis menggunakan toilet
  • Setelah membuang ingus, batuk, atau bersin
  • Sebelum makan
  • Sesudah menyentuh permukaan yang bisa jadi terkontaminasi

Cara Mencuci Tangan yang Efektif


Lembaga CDC memberikan petunjuk spesifik mengenai cara efektif untuk mencuci tangan. Berikut langkah-langkah yang direkomendasikan:

  • Selalu gunakan air bersih yang mengalir (tidak masalah air hangat atau dingin).
  • Basahi tangan terlebih dulu, lalu matikan airnya, dan oleskan tangan dengan sabun.
  • Gosok tangan bersama sabun selama setidaknya 20 detik. Pastikan menggosok punggung tangan, bagian di antara jari-jari, dan bagian di bawah kuku.
  • Nyalakan air dan bilas tangan. Gunakan handuk bersih untuk mengeringkan atau membiarkannya kering sendiri.

Kesimpulan tentang Cara Buat Hand Sanitizer Sendiri

Hand sanitizer adalah cara praktis untuk membantu menghambat penyebaran kuman apabila sabun dan air tidak tersedia. Hand sanitizer yang berbahan dasar alkohol dapat membantu menjaga Anda tetap aman dan terhindar dari penularan virus corona.

Jika Anda kesulitan untuk mendapatkan gel hand sanitizer di toko-toko, Anda bisa mencoba cara membuat hand sanitizer sendiri yang telah diterangkan di artikel ini. Cara bikin hand sanitizer ini sederhana dan bahan-bahannya juga hanya beberapa, seperti alkohol isopropil, gel lidah buaya, dan minyak esensial atau air perasan lemon.

Namun perlu diingat bahwa yang diprioritaskan untuk membersihkan tangan dari kuman adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Jadi apabila di sekitar Anda tersedia air dan sabun, pilihlah itu daripada hanya menggunakan hand sanitizer, untuk memastikan tangan Anda bebas dari virus atau kuman penyebab penyakit lainnya.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang cara buat hand sanitizer sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang berupaya mencegah penyebaran virus corona. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan dan penggunaan herbal hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Healthline. How to Make Your Own Hand Sanitizer. Reviewed: 2020-03-13. URL: https://www.healthline.com/health/how-to-make-hand-sanitizer. Accessed: 2020-03-16

Centers for Disease Control and Prevention. Show Me the Science – When & How to Use Hand Sanitizer in Community Settings. Reviewed: 2020-03-03. URL: https://www.cdc.gov/handwashing/show-me-the-science-hand-sanitizer.html. Accessed: 2020-03-17

Centers for Disease Control and Prevention. When and How to Wash Your Hands. Reviewed: 2019-10-03. URL: https://www.cdc.gov/handwashing/when-how-handwashing.html. Accessed: 2020-03-17