6 Cara Atasi Asam Urat Secara Alami

684
Cara Atasi Asam Urat Secara Alami

Apa saja ragam cara atasi asam urat secara alami yang akan dijelaskan di bawah ini? Tentunya hal ini dilakukan tanpa bahan kimia dan telah terbukti ampuh. Asam urat adalah penyakit yang terjadi di area persendian terutama di daerah sendi jari kaki, jari tangan dan pergelangan tangan.

Nyeri atau rasa sakit ini biasanya diakibatkan asam urat yang sangat hebat dan dapat membuat bagian yang diserang tampak menjadi bengkak dan meradang. Namun, Anda sebaiknya jangan langsung menyimpulkan bahwa rasa nyeri di persendian merupakan penyakit asam urat.

Cara Atasi Asam Urat Secara Alami

Dalam upaya mengatasi masalah ini sebenarnya telah banyak orang yang menjual obatnya dan telah terbukti ampuh dalam khasiatnya. Namun, terkadang kita mempunyai masalah dalam segi keuangan dan tentunya membuat kita berpikir dua kali untuk membeli obat tersebut. Tenang, apabila Anda mempunyai masalah ini, artikel ini akan menyajikan informasi mengenai cara atasi asam urat secara alami yang murah dan mudah.

6 Cara Atasi Asam Urat Secara Alami

  • Cuka madu. Cuka madu dapat Anda peroleh dari produk obat kesehatan yang bernama propolis. Konsumsilah cuka madu ini setiap hari, karena dapat menetralkan zat asam yang ada dalam tubuh. Selain itu, ini dapat mempermudah ginjal dalam mengeluarkan asam urat dan menghancurkan kristal-kristal asam urat.
  • Air putih. Merupakan cara atasi asam urat secara alami yang sangat murah dan dapat dengan mudah ditemukan ialah air putih. Minumlah air putih 8-10 gelas perhari agar dapat mengencerkan urin sehingga akan menghambat proses terbentuknya asam urat yang berlebih. Selain itu, mengonsumsi air juga dapat memperbaiki fungsi ginjal serta mempermudah pekerjaan ginjal dalam membuang atau mengeluarkan zat asam yang dihasilkan oleh zat purin.
  • Perbanyak konsumsi vitamin C. Perbanyaklah mengonsumsi vitamin C, karena ini dapat membantu dalam mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Banyak dokter menyarankan untuk mengonsumsi vitamin C 1000 mg per jam ketika awal serangan nyeri asam urat. Setelah itu 500-300 mg per hari sebagai langkah pencegahan.
  • Jus lemon dan jus buah cerry. Jus lemon atau buah lemon dapat merangsang tubuh dalam membentuk atau memproduksi kalsium karbonat yang dapat berfungsi dalam menetralkan asam urat. Selain itu, mengonsumsi jus buah cerry dapat membantu darah dan urin dalam mengimbangi sifat keasamannya. Buah cerry juga mengandung nutrisi dan kalium yang tinggi, sehingga dapat mengatasi rasa nyeri yang timbul karena asam urat.
  • Perbanyak konsumsi makanan bersifat basa. Makanan bersifat basa seperti buah-buahan, sayuran segar dan biji-bijian yang rendah lemak dapat menetralkan asam tubuh (darah dan urin), dan hal ini juga dapat membantu dalam mempermudah fungsi ginjal untuk mengeluarkan asam urat.
  • Konsumsi Noni Juice. Herbal yang dikenal dengan buah mengkudu atau pace ini efektif dalam mengatasi masalah asam urat tanpa efek samping yang membahayakan kesehatan Anda.

Itulah informasi mengenai cara atasi asam urat secara alami yang dapat ditemukan dengan mudah di lingkungan sekitar kita. Sebenarnya apabila kita memiliki pengetahuan yang cukup mengenai herbal-herbal di sekitar, kita bisa memanfaatkannya untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Jadi tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan kesehatan yang diidamkan. Selamat mencoba.