Obat Asam Urat di Apotik: Apa Pilihan yang Tepat untuk Anda?


By Cindy Wijaya

Penyakit asam urat menyebabkan gejala menyakitkan yang datang kambuh-kambuhan, dan sering kali dimulai dari jempol kaki. Karena tidak tahan dengan rasa sakitnya, orang cenderung langsung cepat-cepat membeli obat asam urat di apotik umum seperti K24. Ada beragam jenis obat yang diklaim bagus dan terampuh untuk menghentikan serangan asam urat, tapi mana yang tepat bagi Anda?

Artikel ini akan mengulas nama-nama obat asam urat yang umum dijual di apotik dan kisaran harga-harganya, seperti obat colchicine, allopurinol, dan meloxicam. Serta pilihan obat oles asam urat dan obat yang aman untuk ibu menyusui yang tersedia di apotik. Di bagian akhir artikel juga akan dijelaskan rekomendasi obat herbal yang bagus dan terampuh untuk menuntaskan asam urat.

Apa Saja Pilihan Obat Asam Urat di Apotik?

Obat-obatan asam urat dibuat untuk dua tujuan: untuk meringankan rasa sakit dan peradangan dari serangan asam urat serta untuk mengontrol kadar asam urat agar mencegah kekambuhan. Beberapa obat disarankan hanya digunakan saat terjadi serangan asam urat, sedangkan obat-obatan yang lain perlu dikonsumsi jangka panjang, meskipun Anda tidak mengalami gejala apapun.

Obat di Apotik untuk Meringankan Sakit & Peradangan Asam Urat


Berikut ini adalah nama sejumlah obat di apotik yang biasa diresepkan dokter untuk meringankan rasa sakit dan peradangan yang terjadi saat serangan asam urat, serta kisaran harganya.

Obat Colchicine

Colchicine adalah obat anti-peradangan (anti-inflamasi) yang biasa diresepkan dokter untuk mengatasi serangan akut (jangka pendek) atau untuk mencegah kekambuhan serangan asam urat. Obat ini paling efektif jika diminum pada saat tanda-tanda awal serangan asam urat.

Manfaat dan Risiko: Colchicine mengatasi rasa sakit dan peradangan saat serangan asam urat terjadi. Obat ini juga dapat diresepkan untuk dikonsumsi setiap hari dalam dosis rendah bagi orang-orang yang memiliki penyakit asam urat kronis. Namun Anda dianjurkan tidak mengonsumsi obat ini apabila mengidap penyakit hati atau ginjal.

Efek Samping: Efek samping umumnya antara lain diare, mual, dan kram perut.

Kisaran Harga: Di situs web apotik K24, obat asam urat ini dijual dengan kisaran harga Rp 55.440,- per strip untuk produk L-CISIN 0,5MG TAB 30S, dan Rp 6.999,- per tablet untuk produk RECOLFAR 0,5MG TAB.

Obat Kortikosteroid

Kortikosteroid adalah obat anti-inflamasi kuat yang dapat diresepkan dokter untuk mengendalikan rasa sakit dan peradangan akibat serangan asam urat akut. Ada juga jenis obat suntik hormon ACTH yang merangsang tubuh untuk memproduksi kortikosteroid secara alami.

Manfaat dan Risiko: Kortikosteroid bekerja secara cepat untuk mengurangi peradangan dan bisa diminum secara oral, disuntikkan ke dalam tubuh, atau disuntikkan langsung ke sendi yang meradang. Namun obat ini dapat menyebabkan masalah kesehatan serius jika digunakan dalam dosis tinggi atau untuk waktu yang lama. Suntikan langsung ke sendi dapat menyebabkan kerusakan ligamen dan tulang rawan jika sering dilakukan.

Efek Samping: Efek samping umumnya antara lain meningkatnya nafsu makan dan berat badan naik, gampang memar, rambut atau bulu di badan bertambah, dan berkurangnya kekebalan tubuh terhadap infeksi.

Kisaran Harga: Salah satu obat kortikosteroid yang sering diresepkan dokter untuk asam urat ialah prednisolone. Di apotik K24 harga obat prednisolone berada di kisaran Rp 200-an hingga Rp 3.000-an per tabletnya, tergantung pada produknya.

Obat Anti-Inflamasi Non-Steroid (OAINS)

OAINS adalah jenis obat yang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan peradangan. Pada asam urat, obat-obatan ini sering diresepkan untuk dikonsumsi selama serangan akut terjadi. OAINS dapat diresepkan bersama dengan obat penurun asam urat selama 6 minggu pertama hingga 12 bulan untuk mencegah kekambuhan.

Manfaat dan Risiko: OAINS dapat membantu meringankan rasa sakit akibat serangan akut dan mempersingkat serangan, terutama jika dikonsumsi selama 24 jam pertama. Namun ada sejumlah risiko serius dari obat-obatan ini, yang paling serius ialah pendarahan lambung, gagal ginjal, dan masalah kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).

Efek Samping: Efek samping umumnya antara lain mual dan muntah, sakit kepala, diare, pusing, ruam kulit, dan rasa kantuk.

Kisaran Harga: Salah satu obat OAINS di apotik yang sering diresepkan dokter untuk asam urat ialah meloxicam. Di apotik K24 harga obat asam urat meloxicam berada di kisaran Rp 700-an hingga Rp 25.000-an per tabletnya, tergantung pada produknya. Jenis obat OAINS lain yang sering diresepkan ialah ibuprofen, dan kisaran harganya adalah Rp 400-an hingga Rp 700-an per tabletnya, tergantung produknya.

Obat Oles Asam Urat di Apotik


Obat oles (seringnya dalam bentuk krim) dapat digunakan untuk membantu meredakan sakit di persendian yang diakibatkan oleh asam urat. Obat ini dapat langsung dioleskan pada bagian persendian yang terasa sakit.

Produk obat oles asam urat yang tersedia di apotik biasanya mengandung capsaicin dan natrium diklofenak. Meski dapat meringankan sakit di persendian, obat oles asam urat yang dijual di apotik juga memiliki sejumlah efek samping.

Obat oles yang mengandung capsaicin bisa menimbulkan reaksi pada kulit seperti rasa panas, perih, gatal, dan kemerahan pada awal penggunaannya, yang biasanya menghilang dalam 1-2 minggu penggunaan. Obat oles yang mengandung natrium diklofenak bisa menimbulkan iritasi lokal pada kulit, misalnya kulit kering atau dermatitis kontak, terutama jika digunakan dalam jangka panjang.

Obat di Apotik untuk Menurunkan Asam Urat


Berikut ini adalah nama sejumlah obat di apotik yang biasa diresepkan dokter untuk menurunkan atau mengontrol kadar asam urat, serta kisaran harganya.

Obat Allopurinol

Allopurinol adalah obat oral yang disebut xanthine oxidase inhibitor (XOI), yang diresepkan dokter untuk mengurangi produksi asam urat dalam tubuh. Obat ini pada awalnya sering diresepkan dalam dosis harian yang rendah, kemudian dosis secara bertahap ditingkatkan dari waktu ke waktu.

Manfaat dan Risiko: Allopurinol mengurangi kekambuhan serangan asam urat dan membuatnya tidak terlalu parah. Namun, Anda mungkin berisiko tinggi mengalami serangan asam urat segera setelah mulai mengonsumsi obat ini. Mengonsumsi allopurinol selama serangan sebenarnya bisa memperparah gejala-gejala. Dalam kasus yang jarang terjadi, obat ini juga dapat menyebabkan reaksi alergi yang parah.

Efek Samping: Efek samping dapat terjadi sesekali, misalnya ruam di kulit dan masalah perut. Masalah perut biasanya hilang saat tubuh Anda sudah menyesuaikan diri dengan obat ini.

Kisaran Harga: Di situs web apotik K24, obat asam urat ini dijual dengan kisaran harga antara Rp 200-an hingga Rp 5.000-an per tablet, tergantung pada produknya.

Obat Febuxostat

Febuxostat adalah obat oral xanthine oxidase inhibitor (XOI) yang diresepkan dokter untuk mengurangi produksi asam urat dalam tubuh. Jika terjadi serangan asam urat selagi Anda mengonsumsi obat ini, jangan hentikan konsumsinya sebelum Anda berkonsultasi dengan dokter. Obat ini tidak dianjurkan dikonsumsi bersamaan dengan obat azathioprine atau mercaptopurine.

Manfaat dan Risiko: Febuxostat dapat mengurangi kekambuhan serangan asam urat dan membbuatnya tidak terlalu parah. Namun Anda mungkin akan mengalami serangan asam urat ketika pertama kali mengonsumsi obat ini. Dalam kasus yang jarang terjadi, obat ini juga dapat menimbulkan ruam kulit yang parah.

Efek Samping: Efek samping umumnya antara lain mual, nyeri sendi, dan nyeri otot.

Kisaran Harga: Di Apotik, obat asam urat ini dijual dengan kisaran harga Rp 200.000-an ke atas per stripnya dengan nama produk Feburic.

Obat Probenecid

Probenecid adalah obat oral yang diresepkan dokter untuk membantu ginjal menyingkirkan asam urat dari dalam tubuh. Probenecid diresepkan untuk diminum setiap hari, bahkan sewaktu Anda tidak mengalami gejala-gejala asam urat. Anda harus minum air yang cukup selama mengonsumsi obat ini untuk mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal.

Manfaat dan Risiko: Probenecid mengurangi kekambuhan serangan asam urat dan membuatnya tidak terlalu parah. Akan tetapi, obat ini dapat meningkatkan kekambuhan serangan selama 6 hingga 12 bulan pertama mengonsumsinya.

Efek Samping: Efek samping umumnya antara lain batu ginjal, mual, ruam kulit, gangguan perut, dan sakit kepala.

Kisaran Harga: Di situs web Apotik K24, obat asam urat ini dijual dengan kisaran harga Rp 3.194,- per tabletnya dengan nama produk Probenid.

Obat Asam Urat di Apotik untuk Ibu Menyusui


Saat ini sedikitnya ada 6 jenis obat asam urat yang umum digunakan, yakni colchicine, kortikosteroid, OAINS, allopurinol, febuxostat, dan probenecid. Apakah jenis-jenis obat asam urat di apotik tersebut aman untuk ibu menyusui?

Colchicine:Beberapa laporan menyatakan bahwa tidak ada efek buruk pada bayi yang disusui selama ibunya mengonsumsi obat colchicine.

Kortikosteroid: Tidak ada efek buruk yang dilaporkan pada bayi yang ibunya mengonsumsi kortikosteroid selama menyusui.

Allopurinol: Jika ibu menyusui diresepkan obat allopurinol oleh dokter, ia tidak perlu menghentikan menyusui. Namun bayi yang disusui perlu terus dipantau kondisi kesehatannya oleh dokter jika obat ini digunakan.

OAINS: Obat asam urat ibuprofen di apotik umumnya aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui, asalkan dalam dosis terbatas. Namun belum ada cukup penelitian untuk memastikan apakah obat meloxicam aman dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Febuxostat: Obat febuxostat dapat masuk ke dalam ASI dan menyebabkan efek samping pada bayi yang disusui.

Probenecid: Informasi terbatas menunjukkan bahwa konsumsi probenecid oleh ibu menyusui dalam dosis hingga 2 gram setiap hari tidak menyebabkan efek buruk pada bayi yang disusui, terutama jika bayi berusia di atas 2 bulan.

Pengingat Sebelum Membeli Obat Asam Urat di Apotik

Anda harus membeli obat asam urat di apotik sesuai dengan resep dokter. Ikuti semua petunjuk dari dokter, termasuk hal-hal kecilnya, misalnya harus banyak minum air, hindari alkohol, atau tidak boleh diminum bersama makanan atau minuman tertentu. Jika petunjuk dokter tidak diikuti, obat tersebut justru bisa memperparah gejala atau bahkan menyebabkan kekambuhan serangan asam urat.

Dan khusus untuk obat colchicine, Anda tidak boleh mengonsumsinya untuk mengobati nyeri yang tidak ada hubungannya dengan asam urat.

Sama seperti jenis-jenis obat lainnya, obat asam urat yang dijual di apotik memiliki potensi efek samping, dan beberapa diantaranya bisa berbahaya. Jadi ada baiknya bertanya dulu pada dokter atau apoteker mengenai semua kemungkinan efek samping yang akan ditimbulkan oleh obat yang akan dibeli.

Ingatlah bahwa penggunaan obat-obatan medis untuk asam urat tidak boleh sembarangan. Tidak ada satu jenis obat yang dapat efektif untuk semua penderita asam urat. Dan ada jenis obat yang tidak boleh dikonsumsi oleh orang-orang tertentu. Jadi untuk dapat menentukan apa obat asam urat yang bagus dan terampuh bagi kondisi Anda, Anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter.

Rekomendasi Obat Asam Urat Herbal di Apotik

Ada jenis obat asam urat yang dapat dibeli tanpa resep di apotik, yaitu obat herbal. Obat asam urat herbal terbuat dari bahan-bahan alam sebagai kandungan utamanya sehingga relatif bebas dari efek samping, sekalipun dikonsumsi dalam jangka panjang.

Selain dianggap aman dari efek samping, banyak dari produk-produk obat herbal di apotik juga diklaim sebagai yang terampuh untuk mengatasi masalah asam urat. Namun Anda perlu berhati-hati dan jangan langsung percaya dengan klaim yang heboh itu, mengingat tidak semuanya didukung oleh cukup bukti.

Agar layak disebut “ampuh”, produk herbal tersebut haruslah sudah terbukti secara ilmiah maupun empiris. Secara ilmiah maksudnya sudah ada hasil penelitian yang mendukung manfaatnya, dan secara empiris maksudnya sudah banyak laporan positif dari para penggunanya.

Apa obat asam urat herbal yang bagus dan terampuh? Salah satu yang direkomendasikan adalah Noni juice, yang dibuat dari sari buah Noni (Morinda citrifolia). Produk Noni juice banyak dijual di apotik-apotik umum seperti K24, tetapi yang terutama direkomendasikan ialah yang 100% terbuat dari sari buah Noni, tanpa bahan tambahan apapun.

Noni Juice, Obat Herbal Asam Urat di Apotik
Noni Juice (Credit Gambar Noni: Sommai Larkjit / 123rf)

Manfaat Noni Juice untuk Menuntaskan Asam Urat

Secara ilmiah, Noni juice telah diteliti kemampuannya untuk mengatasi asam urat tinggi. Contohnya adalah penelitian yang dilakukan oleh 4 orang peneliti, yaitu Palu A. K., Deng S., West B. J., dan Jensen J. Mereka mendapati bahwa herbal ini punya cara kerja yang mirip seperti obat asam urat medis.

Melalui pengujian secara in vitro di laboratorium, Noni juice terbukti sanggup menghambat kinerja enzim xanthine oxidase (XO) yang kadarnya melebihi batas. Kelebihan enzim XO merupakan pemicu kadar asam urat tinggi.

Hasil penelitian ini dapat dibaca dalam artikel ilmiah berjudul “Xanthine oxidase inhibiting effects of noni (Morinda citrifolia) fruit juice” yang dirilis pada jurnal Phytotherapy Research.

Itu adalah bukti dari sisi ilmiah, bagaimana dengan dari sisi empiris atau laporan dari para penggunanya? Salah satu pembuktian empirisnya dapat terlihat dari sebuah survei besar dilakukan oleh Dr. Neil Solomon untuk meninjau manfaat Noni juice.

Dari total 1.675 penderita artritis yang diberikan Noni juice, sebanyak 1.292 dari mereka melaporkan telah terbantu terbebas dari penyakit artritisnya. Perlu diingat bahwa asam urat (gout) merupakan jenis penyakit artritis yang paling banyak diderita orang-orang.

Selengkapnya mengenai hasil survei oleh Dr. Neil Solomon dapat dilihat pada halaman berikut: Hasil Penelitian Dr. Neil Solomon.

Teliti Sebelum Membeli Obat Asam Urat

Apa saja nama-nama obat asam urat di apotik dan berapa kisaran harganya? Obat-obatan yang umumnya diresepkan dokter yaitu: colchicine, kortikosteroid, obat anti-inflamasi non-steroid (OAINS), allopurinol, febuxostat, dan probenecid. Kisaran harganya bervariasi mulai dari Rp 200-an hingga Rp 25.000-an per tabletnya, tergantung pada produk obatnya.

Sebelum membeli obat asam urat di apotik, ingatlah bahwa obat medis harus dibeli dan dikonsumsi sesuai dengan resep dokter. Jika tidak mengikuti petunjuk dokter, bisa jadi obat tersebut akan memperparah gejala atau bahkan memicu kambuhnya asam urat. Jadi selalu konsultasikan dahulu dengan dokter untuk menemukan obat asam urat yang bagus dan terampuh bagi kondisi Anda.

Apabila Anda ingin membeli obat asam urat tanpa resep dokter, disarankan untuk memilih produk herbal. Salah satu produk herbal yang direkomendasikan untuk menuntaskan masalah asam urat ialah Noni juice. Kemampuan herbal ini telah didukung oleh bukti empiris maupun ilmiah.

Namun pastikan Anda memilih produk Noni juice yang dibuat dari 100% sari buah Noni, tanpa tambahan bahan alami atau kimia apapun. Sebab dengan kandungan 100%, itu artinya Anda memperoleh manfaat penangkal asam urat yang sepenuhnya dari buah Noni.

Sumber

Sumber Referensi:

Arthritis Foundation. Medications for Treating Gout. URL: https://www.arthritis.org/about-arthritis/types/gout/treatments/medication.php. Accessed: 2019-12-16

Drugs.com. Allopurinol use while Breastfeeding. URL: https://www.drugs.com/breastfeeding/allopurinol.html. Accessed: 2019-12-16

Drugs.com. Colchicine use while Breastfeeding. URL: https://www.drugs.com/breastfeeding/colchicine.html. Accessed: 2019-12-16

Drugs.com. Prednisolone use while Breastfeeding. URL: https://www.drugs.com/breastfeeding/prednisolone.html. Accessed: 2019-12-16

Drugs.com. Febuxostat Pregnancy and Breastfeeding Warnings. URL: https://www.drugs.com/pregnancy/febuxostat.html. Accessed: 2019-12-16

Drugs.com. Probenecid use while Breastfeeding. URL: https://www.drugs.com/breastfeeding/probenecid.html. Accessed: 2019-12-16

Palu, Afa K, dkk.(2009). Xanthine Oxidase Inhibiting Effects of Noni (Morinda Citrifolia) Fruit Juice. Phytotherapy Research. 23(12): 1790-1

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}