Minum Apa Agar Asam Urat Cepat Turun dan Cepat Redakan Nyeri Sendi?

DITULIS OLEH:
Cindy Wijaya 

Maret 27, 2023


Kadar asam urat yang berlebihan bisa bikin Anda mengalami nyeri sendi yang parah. Masalah muncul jika kadarnya di atas 7 mg/dl. Jika mengalaminya, Anda kemungkinan besar ingin tahu apa saja yang harus dilakukan untuk menurunkannya. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai minum apa agar asam urat cepat turun?

Tapi ingatlah bahwa tidak ada cara instan untuk menurunkan asam urat. Bahkan obat medis pun perlu waktu untuk menurunkan kadar asam urat. Dokter biasanya meresepkan obat medis tersebut untuk dikonsumsi selama beberapa waktu, dan meminta pasiennya untuk menjaga pola makannya.

Karena itu minuman penurun asam urat yang dibahas di artikel ini juga khasiatnya tidak instan. Anda perlu mengonsumsinya secara rutin dan dibarengi dengan pola makan dan gaya hidup sehat agar manfaatnya maksimal.

Minum Apa Agar Asam Urat Cepat Turun?

Minum apa agar asam urat cepat turun? Pilihan yang patut dipertimbangkan adalah minuman dari buah Noni (Mengkudu). Noni merupakan tanaman obat yang sudah sejak lama dimanfaatkan khasiat pengobatannya, termasuk dalam masalah asam urat.

Telah dilakukan berbagai penelitian untuk membuktikan khasiatnya tersebut. Contohnya suatu studi ilmiah berjudul Pengaruh Konsumsi Minuman Mengkudu (Morinda Citrifolia) terhadap Kadar Asam Urat Lansia Penderita Hipertensi oleh Immas Wahyu Fajarini dari Fakultas Kesehatan dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Penelitiannya melibatkan 36 orang lansia di atas 60 tahun yang mengonsumsi obat asam urat dan/atau obat anti-hipertensi, merokok, minum kopi atau peminum minuman keras, menderita penyakit ginjal, menderita penyakit jantung.

Mereka diberikan minuman Noni dengan dosis 500 mg per 1 gelas air (200 ml), diminum dua kali sehari, selama 30 hari. Kadar asam urat mereka diukur secara berkala setiap 3 hari sekali.

Di akhir penelitian didapati adanya penurunan rata-rata kadar asam urat sebesar 2,9 mg/dl. Dan terjadi juga penuruhnan jumlah lansia yang mengalami hiperurisemia (kadar asam urat tinggi) dari 13 orang menjadi 7 orang.

Berdasarkan penelitian itu, dapat dibuktikan bahwa Noni punya khasiat dalam menurunkan dan menstabilkan kadar asam urat dalam darah.

Cara Kerja Noni Menurunkan Asam Urat

Hal ini mendukung penjelasan-penjelasan penelitian lain yang sudah lebih dulu menunjukkan adanya khasiat penurun asam urat dalam buah Noni.

Salah satunya adalah penelitian berjudul Xanthine Oxidase Inhibiting Effects of Noni (Morinda citrifolia) oleh Palu, Deng, West, dan Jensen pada tahun 2009. Dijelaskan bahwa cara kerja penurun asam urat pada Noni adalah dengan menghambat aktivitas enzim xanthine oxidase.

Enzim itu berperan untuk melakukan katalis dalam proses oksidasi hypoxanthine menjadi xanthine, dan kemudian mengkatalis oksidasi xanthine menjadi asam urat. Cara kerja Noni dalam menghambat enzim xanthine oxidase diduga sama seperti cara kerja obat asam urat medis seperti allopurinol.

Cara kerja lainnya dari Noni yang juga diduga dapat mengurangi asam urat adalah karena Noni mengandung banyak antioksidan yang membantu mengatasi prooksidan dalam tubuh kita. Kandungan antioksidan itu antara lain senyawa quercetin dari golongan flavonoid, senyawa americanin A, americanol A, americanoic acid A, morindolin, dan isoprincepin dari golongan lignin, serta vitamin C.

Kondisi tingginya kadar asam urat adalah pengaruh dari banyaknya prooksidan dalam tubuh. Oleh sebab itu, berbagai kandungan antioksidan itu diduga bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat yang berlebihan.

Senyawa quercetin dari golongan flavonoid juga punya khasiat sebagai anti-inflamasi, yang diduga dapat menghambat kerja xanthine oxidase sebagai katalis dalam proses hidroksilasi oksidatid dari subtsrat pruin.

Meski penjelasan-penjelasan ilmiah tersebut masih berupa dugaan-dugaan, tetapi bukti-bukti penelitian sudah menunjukkan bahwa konsumsi buah Noni memang dapat menurunkan dan menstabilkan kadar asam urat dalam darah.

Cara Membuat Minuman Noni Penurun Asam Urat

Jadi, minum apa agar asam urat cepat turun? Salah satu yang wajib dipertimbangkan adalah minuman buah Noni. Minuman Noni ini dapat diolah sendiri di rumah, asalkan Anda memiliki buah Noni. Berikut cara membuat minuman Noni penurun asam urat.

  • Siapkan 1 buah Noni yang sudah matang (warnanya sudah memutih tapi masih mengkal).
  • Iris buah Noni tipis-tipis, lalu jemur di bawah terik matahari. Atau bisa dipanggang dengan oven sampai kering.
  • Lalu haluskan irisan buah Noni yang sudah kering menjadi bubuk, bisa dengan cara ditumbuk atau dengan food processor.
  • Seduh 500 mg bubuk Noni itu dengan 1 gelas air panas (200 ml).
  • Minumlah secara rutin dua gelas minuman Noni ini di pagi dan sore hari, sebelum atau sesudah makan.

Memang agak repot jika ingin membuat sendiri minuman Noni untuk penurun asam urat. Sebenarnya jika ingin lebih gampang, sudah tersedia produk olahan Noni siap minum, yaitu Noni juice (sari buah Noni).

Anda bisa membelinya di toko offline maupun online, namun pastikan memilih produk Noni juice yang terbuat dari 100% sari buah Noni agar mendapat manfaatnya yang maksimal.

Kesimpulan tentang Minuman Noni Penurun Asam Urat

Minum apa agar asam urat cepat turun? Minuman Noni atau sari buah Noni dapat membantu menormalkan kembali kadar asam urat Anda. Cara kerjanya dalam menurunkan asam urat mirip seperti obat resep dokter, allopurinol, yaitu dengan menghambat enzim xanthine oxidase.

Anda bisa membuat sendiri minuman Noni ini dari buah Noni yang sudah matang lalu diiris tipis-tipis dan dikeringkan. Buah Noni kering kemudian dihaluskan menjadi bubuk, dan diseduh dengan air panas untuk diminum secara rutin.

Jika Anda tidak ingin repot bisa membeli produk olahan Noni siap minum, yaitu Noni juice (sari buah Noni). Tapi pastikan produk itu dibuat dari 100% sari buah Noni murni, tanpa campuran jus buah lain.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang minum apa agar asam urat cepat turun. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar pemanfaatan herbal hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}