Buah Naga: Eksotis, Kaya Gizi, dan Sangat Bermanfaat bagi Kesehatan!

516
anykitchenwilldo.com

Diedit:

Hampir kita semua sudah mengenal buah naga yang rasaya manis, mengandung banyak air, dan sangat lezat jika dijadikan campuran minuman manis. Tapi sayangnya belum banyak yang mengerti khasiat buah naga yang cukup menakjubkan bagi kesehatan kita.

Buah naga memiliki penampilan yang agak lain daripada buah-buahan lain karena bagian luarnya terlihat seperti api yang membara. Sekilas bentuk kulit buah ini menyerupai sisik dari naga, itulah sebabnya buah ini dinamakan “naga”. Bagian dagingnya berwarna merah atau putih bergantung pada jenisnya. Sedangkan bijinya kecil-kecil berwarna hitam dan tersebar di seluruh dagingnya.

Kandungan Berkhasiat Buah Naga

Buah naga mengandum fitonutrien dengan jumlah yang melimpah. Dengan kandungan antioksidan yang kaya, buah naga mengandung vitamin C, asam lemak tak jenuh ganda, juga sejumlah vitamin B untuk metabolisme karbohidrat, serta karoten dan protein.

Di dalamnya juga terkandung kalsium yang bagus untuk kekuatan tulang dan gigi, zat besi dan fosfor yang baik untuk kesehatan darah serta pembentukan jaringan. Kayanya kandungan-kandungan tersebut mewujudkan manfaat buah naga dalam beragam cara, mulai dari menguatkan sistem kekebalan, mempercepat penyembuhan memar dan luka, hingga mengurangi gangguan pernapasan.

Buah naga sama sekali memiliki karbohidrat kompleks, jadi bisa lebih mudah dipecah dalam tubuh, dengan bantuan vitamin B1 (tiamin) dan jenis vitamin B lainnya. Terkandung juga fitokimia kaptin di dalam buah ini—kaptin digunakan sebagai pengobatan untuk mengatasi gangguan jantung. Juga ada kandungan minyak buah naga yang bersifat sebagai pencahar ringan.

Biji-biji hitam kecil buah naga mengandung banyak asam lemak tak jenuh ganda (asam lemak omega-3 dan omega-6) yang berkhasiat menurunkan kadar trigliserida serta menekan risiko penyakit kardiovaskular (berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah).

Dengan mengonsumsi buah naga secara rutin akan membantu tubuh mempertahankan fungsi normalnya, karena mampu membantu membersihkan tubuh dari logam berat beracun serta meningkatkan fungsi penglihatan. Warna merah buah naga disebabkan oleh kandungan likopen di dalamnya—likopen diketahui berhubungan dengan penurunan risiko kanker prostat.

Di samping berbagai kandungan berkhasiat buah naga, Anda sebaiknya mengonsumsi secukupnya saja. Karena buah naga mengandung gula fruktosa yang dapat berbahaya bagi kesehatan apabila dikonsumsi berlebihan.

Sejumlah Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan

Karena mempunyai berbagai kandungan bermanfaat, tak heran bila terdapat juga bermacam-macam khasiat buah naga bagi kesehatan. Jadi sebelum mulai rutin mengonsumsi buah ini, ada baiknya kita kenali dulu apa saja manfaat buah naga tersebut.

1. Menguatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat buah naga yang paling utama adalah kemampuannya meningkatkan sistem pertahanan tubuh terhadap serangan penyakit. Kandungan tinggi vitamin C di dalamnya adalah salah satu aset berharga bagi kekebalan tubuh Anda, dan mereka menstimulasi aktivitas dari antioksidan lain di dalam tubuh.

Baca juga:  Manfaat Buah Naga Berdasarkan Kandungannya

Antioksidan bekerja dengan mencari serta menyingkirkan radikal-radikal bebas—hasil sampingan berbahaya dari metabolisme sel, yang telah dikaitkan langsung dengan beragam kondisi serius seperti kanker dan penyakit jantung.

2. Menyehatkan Jantung dan Pembuluh Darah

Buah naga bukan hanya unik penampilannya, tapi juga kandungan di dalamnya. Buah ini sama sekali tidak mengandung kolesterol dan hampir tidak ada kandungan lemak penghasil kolesterol. Dengan mengurangi jumlah kolesterol dalam darah, kecil kemungkinannya terbantuk plak yang menyumbat pembuluh darah arteri dan vena.

Karena itu berkurang juga kemungkinan Anda untuk menderita penyakit aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Dengan mengonsumsi buah naga secara rutin, dan dalam jumlah secukupnya tidak akan ada dampak negatif bagi tubuh Anda—karena itu buah ini disebut sebagai salah satu “superfood”.

Sejumlah kandungan lemaknya bermanfaat, dan biji-bijinya juga menyimpan lemak yang baik bagi kesehatan—yakni bermanfaat untuk menaikkan kadar kolesterol “baik” HDL. Kolesterol HDL secara aktif akan mengurangi kadar kolesterol “jahat” LDL dengan cara menghambat reseptor yang mengikat ke dinding arteri.

3. Melancarkan Pencernaan

Di samping manfaat buah naga untuk daya tahan tubuh, buah ini juga bisa mempertahankan bentuk tubuh ideal Anda. Buah naga mengandung sejumlah kandungan serat yang berarti mereka dapat membantu tubuh melancarkan BAB, memfasilitasi kelancaran saluran pencernaan, merangsang gerakan peristaltik, juga mendorong pelepasan cairan pencernaan.

Dengan mengoptimalkan fungsi pencernaan melalui serat makanan, Anda dapat menekan risiko masalah pencernaan seperti sembelit, irritable bowel syndrome (IBS), dan bahkan penyakit yang lebih serius semacam kanker kolorektal.

4. Mencegah Kanker

Bersamaan dengan kandungan vitamin C penghasil antioksidan, buah naga juga mengandung sumber antioksidan natural lainnya, yaitu karoten. Karoten telah dikaitkan dengan sejumlah kesanggupan anti-karsinogenik (bersifat menyebabkan kanker) sekaligus juga mampu mengurangi ukuran tumor.

Pada dasarnya, buah naga mendongkrak sistem kekebalan tubuh dalam berbagai cara. Jadi jika Anda merasa sering sakit atau tidak enak badan, atau bahkan berada pada risiko tinggi menderita kanker, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk rajin mengonsumsi buah naga.

5. Anti Bakteri dan Anti Jamur

Satu lagi dorongan dari buah naga untuk mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh ialah khasiat anti bakteri dan anti bakteri. Khasiat buah naga ini membantu menaikkan jumlah sel darah putih di dalam tubuh yang memberi perlindungan terhadap toksin/racun, juga menghambat masuknya atau pertumbuhan jamur atau bakteri di sistem-sistem organ. Anda juga akan memperoleh khasiatnya untuk menstimulasi regenerasi sel serta mempercepat penyembuhan, sehingga luka dan memar yang Anda miliki akan sembuh lebih cepat.

Baca juga:  Manfaat Buah Naga Berdasarkan Kandungannya

6. Memaksimalkan Metabolisme Tubuh

Salah satu asupan paling vital bagi tubuh kita adalah protein. Protein membuat tubuh kita bisa berfungsi dengan lancar, karena mereka adalah komponen penting dari setiap bagian gigi, rambut, dan tulang, bahkan juga organ, pembuluh darah, serta jaringan tubuh.

Sering kali protein yang kita peroleh dari buah, sayur, dan daging yang dimetabolisme oleh enzim-enzim dalam tubuh lalu diubah menjadi protein yang bisa digunakan untuk mempercepat perbaikan sel, meningkatkan kekuatan, mempercepat metabolisme, serta membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kepadatan otot.

Jumlah asupan protein yang sesuai dalam makanan kita akan memberikan banyak sekali manfaat kesehatan, dan buah naga merupakan salah satu sumber yang baik untuk memperoleh protein.

7. Membantu Pengobatan Diabetes

Kandungan serat di dalam buah naga bagus untuk pencernaan, tapi selain itu serat juga bisa membantu menstabilkan kadar gula darah serta mempertahankan kadar gula darah normal. Buah naga bermanfaat untuk mencega kelonjakan gula setelah mengonsumsi makanan yang tinggi indeks glikemiknya.

8. Mempercantik Kulit

Selain berguna untuk menjaga beragam fungsi tubuh berjalan lancar, antioksidan juga sangat bagus untuk kesehatan kulit. Antioksidan, dalam hal ini khususnya vitamin C, melakukan peran yang sangat baik untuk menjaga kulit tetap kencang—yang pastinya membuat Anda tampak awet muda dan cantik.

Sebagai tambahan, kandungan fosfor di dalamnya juga mewujudkan manfaat buah naga sebagai anti-aging. Fosfor merupakan mineral penting yang terdapat pada setiap sel dalam tubuh—mencangkup sekitar 1 persen dari total berat badan Anda. Karena ada di setiap sel, maka perannya untuk memperbaiki sel-sel tersebut penting dalam menjaga kulit tetap terlihat segar juga mencegah penuaan dini.

Amankah Buah Naga bagi Ibu Hamil & Menyusui?

Tidak ada risiko kesehatan yang terkait dengan buah naga, dan sejumlah penelitian juga bahkan telah memperlihatkan bahwa buah naga aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Jadi, Anda bisa menikmati kelezatan serta limpahnya manfaat buah naga tanpa perlu khawatir.

Boleh dibilang buah naga merupakan buah eksotis karena penampilannya yang aneh, atau unik, tergantung bagaimana kita memandangnya. Buah naga rendah kalori tapi mengandung berlimpah nutrisi penting, termasuk vitamin C, B, fosfor, protein, kalsium, serat, kaptin, dan antioksidan.

Kandungan di dalamnya memungkinkan khasiat buah naga untuk menjaga kadar gula darah, tekanan darah, memperkuat tulang dan gigi, menguatkan sistem kekebalan, menyembuhkan luka dan memar, juga mencegah masalah pernapasan.

Dan sama seperti buah warna merah lainnya, buah naga mengandung likopen yang membantu melindungi diri kita dari kanker serta penyakit jantung. Bagaimana caranya kita memperoleh manfaat buah naga yang istimewa ini? Paling enak buah ini dimakan dingin-dingin, dipotong menjadi kotak-kotak, ditambahkan ke salad buah, atau dicampurkan dengan minuman dingin.

Advertisement
Alinesia