Berbagai Manfaat Alami dari Makanan Sehat


By Cindy Wijaya

Kesehatan itu selain dengan berolahraga, juga bergantung kepada apa yang Anda makan. Oleh karena alasan itu, Anda harus mengetahui jenis-jenis makanan apa yang menyehatkan dan jenis-jenis makanan apa yang tak sehat. Dengan begitu Anda akan mengetahui makanan apa yang sebaiknya Anda hindari. Apalagi jika Anda adalah ibu rumah tangga, yang harus menyiapkan makanan sehari-hari untuk keluarga Anda, tentu Anda harus mengetahui tentang hal ini.

Memilih makanan yang sehat itu termasuk gaya hidup atau gaya hidup bagus, apalagi di jaman sekarang ini, di mana banyak makanan siap saji dan makanan berbahan pengawet. Belum lagi banyaknya produk makanan palsu yang beredar, Anda harus semakin jeli dan berhati-hati ketika memilih makanan. Mari baca selengkapnya.

Makanan untuk Kelancaran Sirkulasi Darah

Darah merupakan salah satu cairan dengan fungsi yang tak boleh diremehkan, darah termasuk cairan yang memegang peranan vital pada tubuh manusia, juga makhluk hidup yang lain. Darah mengalir dalam tubuh bertugas membawa oksigen dan sari makanan menuju kesemua organ tubuh. Tanpa darah, maka semua itu tak akan terjadi.

Supaya cairan darah ini tetap bisa mengalir dengan lancar menuju kesemua bagian tubuh, maka Anda harus menjaga terus supaya proses sirkulasi darah bisa berlangsung dengan baik dan lancar. Untuk itu, Anda bisa memilih makanan yang tepat untuk membantu supaya sirkulasi darah dalam tubuh selalu lancar. Berikut akan kami bagikan beberapa macam makanan yang berperan untuk itu, berdasarkan kategori masing-masingnya:

Kategori Buah

  • Buah alpukat: Alpukat merupakan buah yang kaya akan serat, serat ini diperlukan oleh tubuh. Selain mengandung serat, buah berwarna hijau kehitaman ini juga memiliki kandungan asam lemak omega 3, di mana kandungan ini mempunyai fungsi dalam membantu agar aliran darah dalam tubuh senantiasa lancar tanpa gangguan.
  • Buah jeruk: Jeruk memiliki vitamin C yang tinggi. Vitamin C bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah dan membantu dalam memperkuat dinding kapiler juga mencegah pembentukan plak di arteri.

Kategori Rempah dan Umbi

  • Bawang putih: Bawang putih termasuk ke dalam jenis rempah yang sering dimanfaatkan dalam pelezat masakan, bahkan hampir semua masakan resepnya menggunakan campuran bawang putih. Entah itu digoreng atau hanya dikupas kulitnya. Bawang putih memiliki khasiat membersihkan darah Anda dan berperan dalam mencegah plak muncul atau menempel pada dinding arteri juga.
  • Jahe: Tanaman obat yang satu ini memang dipercaya sudah lama, sejak zaman dahulu. Khasiat dari jahe benar-benar luar biasa, cocok untuk obat herbal alami. Selain itu jahe juga memiliki kemampuan untuk membuat sirkulasi darah menjadi semakin lancar di tubuh.

Makanan untuk Kesehatan Tulang

Anda juga harus memperhatikan kesehatan tulang, selain makanan yang membantu memperlancar peredaran darah. Karena tanpa tulang yang kuat, hidup Anda tidak akan nyaman, begitu pula tulang keropos.

Makanan yang bagus bagi kesehatan tulang adalah sayur bayam. Kandungan kalsium di sayur bayam memiliki kegunaan positif supaya tulang menjadi lebih kuat.

Herbal Alami untuk Pelengkap Makanan Sehat

Selain konsumsi makanan sehat, Anda juga disarankan konsumsi herbal Noni Juice. Noni Juice memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan tubuh dan tentunya tanpa efek samping. Berbagai penyakit, mulai masalah kulit hingga rambut, sampai dengan pencernaan, semuanya bisa diselesaikan dengan Noni Juice.

Makanan sehat haruslah yang mengandung banyak serat, protein, lemak sehat, serta banyak kandungan airnya. Dan lagi, dengan mengonsumsi makanan sehat berarti Anda juga mencukupi kebutuhan vitamin serta mineral harian Anda. Lengkap manfaatnya, bukan?

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}