Batuk Tak Kunjung Sembuh: Penyebab dan Cara Mengatasinya


By Cindy Wijaya

Batuk kronis adalah batuk yang tidak kunjung sembuh padahal sudah Anda alami sejak 8 minggu terakhir atau lebih. Batuk yang terus-terusan ada bukan hanya menjadi pengganggu, masalah ini bisa memotong waktu tidur dan menyebabkan Anda terus-terusan merasa lelah. Lebih parah lagi dalam beberapa kasus yang parah batuk kronis dapat menyebabkan muntah-muntah, pusing, dan bahkan patah tulang rusuk.

Meskipun kadang-kadang sulit untuk mengetahui apa penyebab dibalik batuk tak kunjung sembuh seperti ini, namun kebanyakan orang mengalaminya karena mereka adalah perokok aktif, akumulasi lendir di belakang hidung dan tenggorokan (post nasal drip), menderita asma, atau mereka yang asam lambung-nya sering naik. Kabar baiknya, batuk kronis ini biasanya sembuh total begitu penyebanya sudah diatasi.

Gejala-Gejala yang Menyertai Batuk Kronis

Batuk kronis yang Anda alami mungkin juga disertai gejala-gejala lain seperti:

  • Hidung meler atau tersumbat
  • Perasaan seperti ada cairan yang mengalir di belakang tenggorokan (post nasal drip)
  • Suara serak
  • Bengek dan sesak napas
  • Mulas atau rasa asam di mulut
  • Batuk berdarah (jarang terjadi)

Jika gejala-gejala diatas dan batuk tak kunjung sembuh selama berminggu-minggu, khususnya jika batuk mengeluarkan dahak atau bahkan darah serta mengganggu waktu tidur sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh

Batuk sesekali memang adalah hal yang normal, karena batuk merupakan reaksi alami tubuh untuk membersihkan partikel-partikel penyebab iritasi serta kotoran dari dalam paru-paru agar tidak terjadi infeksi.

Akan tetapi, batuk yang tak kunjung sembuh sampai berminggu-minggu bukanlah hal yang wajar. Jika Anda mengalaminya, bisa saja Anda mengalami masalah kesehatan dibalik gejala tersebut. Dalam banyak kasus, penyebab batuk tak kunjung sembuh adalah akibat lebih dari satu penyebab.

Berikut adalah sejumlah penyebab batuk tak kunjung sembuh yang bertanggung jawab atas sebagian besar kasus batuk kronis:

  • Postnasal drip. Ketika hidung atau sinus memproduksi kelebihan lendir (mukus), lendir tersebut bisa mengalir ke bagian belakang tenggorokan sehingga memicu reaksi batuk. Kondisi ini juga disebut sindrom batuk saluran pernapasan atas.
  • Asma. Batuk yang diakibatkan asma bisa datang dan pergi bergantung pada beberapa faktor seperti: pergantian musim, muncul setelah infeksi saluran pernapasan atas, atau menjadi lebih parah setelah terkena udara dingin atau bahan kimia tertentu atau wewangian. Salah satu jenis asma juga memiliki gejala utama berupa batuk-batuk.
  • Penyakit GERD. Ini adalah penyakit yang umum dialami orang-orang, terjadi akibat asam lambung yang mengalir kembali ke dalam saluran yang menghubungkan lambung dengan tenggorokan (esofagus). Iritasi berulang yang terjadi akibat GERB dapat menyebabkan batuk kronis. Batuk kronis tersebut juga kemudian memperparah GERD sehingga batuk menjadi semakin sulit disembuhkan.
  • Infeksi. Batuk tak kunjung sembuh bisa juga dialami setelah Anda sebelumnya sudah mengalami gejala lain dari pneumonia, flu, pilek, atau infeksi lain dari saluran pernapasan bagian atas. Penyebab batuk tak kunjung sembuh lainnya yang sering tidak terdeteksi ialah infeksi pertusis, yang juga dikenal sebagai batuk rejan.
  • Penggunaan obat darah tinggi. Obat-obatan yang sering diresepkan untuk pasien darah tinggi dan gagal jantung diketahui dapat menyebabkan batuk kronis pada beberapa pasien.
  • Bronkitis kronis. Penyakit ini menyebabkan peradangan pada saluran udara utama di paru-paru Anda (pipa bronkiolus) dapat dialami dalam jangka waktu lama sehingga memicu batuk dengan dahak yang berwarna. Bronkitis kronis ini kebanyakan diderita oleh perokok atau mantan perokok.
  • Penyebab lain. Bronkiektasis (rusaknya saluran udara), bronkiolitis, kista fibrosis, refluks asam lambung, kanker paru-paru, radang saluran napas yang tidak berkaitan dengan asma, sarkoidosis (akumulasi sel-sel inflamasi di berbagai bagian tubuh, khususnya di paru-paru).

Selain dari beberapa penyebab diatas, salah satu penyebab batuk tak kunjung sembuh yang paling sering adalah merokok (atau pernah menjadi perokok aktif). Berulang-kali menghirup asap rokok (menjadi perokok pasif) juga bisa menyebabkan batuk kronis dan bahkan kerusakan paru-paru.

Jika Anda seorang wanita maka Anda lebih sensitif terhadap partikel-partikel pemicu, sehingga Anda lebih mungkin mengalami batuk kronis dibandingkan dengan pria.

Komplikasi Batuk Kronis yang Harus Diwaspadai

Mengalami batuk yang tak kunjung sembuh sangatlah melelahkan. Di malam hari saat Anda seharusnya tidur, tetapi karena masalah ini Anda harus terbangun dan sulit kembali tidur. Bukan hanya kurang tidur, batuk tak kunjung sembuh juga menyebabkan berbagai masalah lain dan bahkan komplikasi.

Misalnya sakit kepala, pusing, keringat berlebihan, hilangnya kontrol kandung kemih, patah tulang rusuk, dan pingsan.

Meredakan Batuk Tak Kunjung Sembuh dengan Cara Rumahan

Mungkin Anda harus mendapatkan pengobatan dokter agar bisa lepas dari batuk yang tak kunjung sembuh selama berminggu-minggu. Namun beberapa orang bisa jadi memilih untuk mencoba cara rumahan sebelum pergi ke dokter. Untuk itu cobalah beberapa tips rumahan berikut untuk meringankan batuk kronis yang Anda alami.

  • Minum banyak air. Cairan membantu menipiskan lapisan mukus di tenggorokan. Karena itu minumlah cairan hangat, seperti kuah kaldu, teh, atau air hangat untuk meredakan masalah pada tenggorokan Anda.
  • Hisap obat batuk atau permen. Kedua hal ini bisa meringankan batuk kering dan meredakan tenggorokan yang teriritasi.
  • Melembapkan udara sekitar. Gunakan alat humidifier atau mandi air hangat.
  • Hindari asap rokok. Merokok atau menghirup asap rokok mengiritasi paru-paru serta memperburuk batuk yang disebabkan oleh faktor-faktor lain. Jika Anda seorang perokok, sebaiknya lakukan langkah-langkah yang membantu Anda berhenti merokok.

Ingatlah bahwa tips-tips diatas hanyalah cara untuk meringankan, bukan untuk mengatasi batuk kronis. Jika batuk tetap tak kunjung sembuh meskipun Anda sudah melakukan segala cara yang bisa dilakukan, Anda sangat dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Bagaimanapun juga, masalah ini hanya bisa diatasi secara total bila penyebabnya sudah terlebih dulu diatasi. Dengan memeriksakan diri ke dokter, Anda dibantu untuk mengetahui apa penyebab batuk tak kunjung sembuh dan bisa tahu cara terbaik untuk mengatasinya.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}