Bagi yang Doyan Makan, Tak Perlu Khawatir, Anda Bisa Tetap Langsing!

479

Diedit:

Seorang editor kuliner pada situs kesehatan Health, Beth Lipton, wajib mencicipi berbagai jenis makanan dalam jumlah yang tak sedikit setiap harinya. Anda mungkin membayangkan ukuran badannya jauh dari kata ideal. Tapi ternyata, Lipton tidak kelebihan berat badan meskipun dia tidak diet mati-matian setelah mencicipi banyak makanan. Bagaimana bisa?

Berikut adalah tips-tips bagi Anda semua yang sebenarnya suka makan tapi ingin tetap langsing.

Harus Lebih Aktif

Ada cukup banyak orang yang sangat susah jika disuruh diet kurangi makan. Baru sekali mencoba menahan keinginan makan, tapi pikiran terus membayangkan berbagai jenis makanan yang menggiurkan. Pikiran seperti itu jelas-jelas bisa menggagalkan rencana diet Anda.

Kalau Anda adalah orang yang seperti itu, mungkin alternatifnya adalah dengan menjadi lebih aktif. Artinya, Anda harus mengimbangi kebiasaan banyak makan dengan lebih aktif berolahraga. Misalnya targetkan dalam seminggu minimal olahraga selama 150 menit.

Gunakan Strategi Crowding Out

Apa itu strategi crowding out? Ini adalah strategi untuk hanya menyisakan sedikit tempat bagi makanan tidak sehat. Caranya: penuhi piring makan dengan jenis makanan sehat, misalnya sayur-sayuran. Strategi ini sudah lazim digunakan oleh ahli gizi, atlet, dan pelatih kesehatan sebagai pengganti metode diet konvensional.

Supaya strategi crowding out berhasil, Anda wajib memaksakan diri menyukai makanan sehat. Caranya seperti ini; pelan-pelan coba ganti kebiasaan ngemil keripik kentang atau makan kue manis dengan makan alpukat yang dicampur saus salad yang rendah kalori.

Tambahkan Rasa Manis

Kalau Anda menambahkan sedikit cita rasa manis ke dalam masakan, itu akan membantu Anda melawan dorongan untuk menyantap makanan penutup yang manis-manis. Tambahkan sedikit saus manis atau lauk yang berasa manis ke dalam hidangan utama Anda.

Ada juga yang senang mengganti makanan penutup dengan yang lebih sehat tapi tetap manis. Misalnya salad dengan buah apel atau pir. Ini bisa jadi trik sederhana supaya Anda merasa lebih puas dengan makanan dan mengurangi dorongan untuk mengemil yang manis-manis.

Demikianlah 3 tips sederhana bagi Anda yang suka makan tapi ingin tetap langsing. Bagaimanapun juga, makan adalah salah satu sumber kesenangan hidup. Yang lebih utama, makanan adalah bahan bakar yang membuat tubuh berjalan dengan semesitnya. Menyiksa diri dengan diet ketat yang menahan rasa lapar malah membuat Anda jadi frustasi.

Baca juga:  Protein Hewani Tetap Berotot dengan Konsumsi Daging Benarkah

Daripada menyiksa diri dengan diet ketat, Anda bisa lebih bahagia jika lebih bebas mencicipi berbagai cita rasa makanan. Karena itu, cintailah makanan sehat sambil menerapkan 3 tips di artikel ini supaya tubuh bisa tetap langsing.

Advertisement
Alinesia