Cara Menyembuhkan Telinga Gatal Yang Efektif


By Cindy Wijaya

Indera Pendengaran  Menyembuhkan telinga gatal memang perlu dilakukan, karena Anda tentu tak mau aktivitas keseharian Anda akhirnya terganggu karena masalah ini. Sudah bukan rahasia umum lagi apabila berkaitan dengan masalah kesehatan telinga dan hidung, semua masalah yang terjadi harus diselesaikan sesegera mungkin, Anda jangan menundanya. Bagaimana cara menyembuhkan telinga gatal dan apa penyebabnya?

Dalam artikel ini Anda akan memperoleh informasi mengenai cara menyembuhkan telinga gatal yang efektif. Tak hanya itu, Anda juga memperoleh informasi sehubungan dengan penyebabnya – sumber: healthline.

Cara Menyembuhkan Telinga Gatal

Apabila ditunda terus, pada akhirnya kondisi kesehatan dapat menjadi bertambah parah. Telinga gatal itu merupakan tanda bahwa banyak akumulasi dari kotoran telinga yang menumpuk di bagian dalam telinga Anda, mungkin dari luar memang tak terlalu terlihat.

Untuk beberapa orang, mungkin saja kondisi ini juga gejala awal terjadinya infeksi telinga. Apabila memang ini yang akan terjadi, Anda harus waspada. Di kesempatan postingan kali ini, Anda akan diajak mengenali bagaimana sebenarnya cara untuk menghilangkan gatal yang mengganggu di telinga secara terus menerus, juga apa sebenarnya faktor penyebab mengapa gangguan tersebut dapat muncul. Mari baca selengkapnya.

Penyebab Telinga Gatal?

Berikut beberapa penyebab mengapa telinga dapat menjadi gatal terus menerus.

Kotoran pada Telinga

Penyebab telinga gatal yang pertama adalah karena kotoran pada telinga, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Umumnya masalah kotoran yang menumpuk ini seringkali dialami oleh para perenang, saat mereka berenang otomatis kotoran yang tergenang pada air kolam bisa masuk telinga kemudian mengering. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini, khususnya bagi Anda yang memang memiliki hobi renang.

Penyakit Kulit

Penyebab kedua yaitu penyakit kulit. Jika seseorang terinfeksi penyakit kulit, misalnya saja penyakit kulit eksim, dermatitis seboroik, atau mungkin psoriasis. Kesemua macam penyakit kulit tersebut bisa menyebabkan munculnya rasa gatal di telinga, entah itu telinga bagian dalam juga bagian luar.

Sering Menggaruk

Penyebab ketiga adalah kebiasaan buruk, jadi yang ini dapat Anda hindari dengan mengubah. Kebiasaan buruk tersebut tak lain adalah sering menggaruk telinga. Jika Anda sering melakukan ini, suatu waktu bagian dalam telinga bisa rusak disebabkan oleh garukan yang dilakukan tersebut. Bagian itu lalu akan menjadi sensitif dan juga rentan terhadap infeksi telinga. Contohnya yaitu infeksi telinga otitis eksterna. Untuk gejalanya yaitu rasa gatal yang terjadi terus menerus di telinga Anda.

Jamur

Penyebab keempat adalah karena infeksi jamur. Sepertinya Anda sudah tidak asing lagi dengan jamur, di mana-mana jamur selalu menjadi biang kerok apabila terjadi gatal, khususnya pada kulit, termasuk di organ pendengaran Anda. Jamur dapat tumbuh subur pada tempat lembab, dan memang bagian dalam rongga telinga adalah tempat yang sempurna untuk jamur bertumbuh.

Apabila Anda cukup sering melakukan aktivitas renang, telinga yang sering kemasukan air akan meningkatkan risiko tumbuhnya jamur di bagian dalam dari telinga. Risiko akan bertambah tinggi. Inilah mengapa jika Anda sering berenang, disarankan untuk sering memeriksakan kebersihan telinga ke dokter THT, minimal satu bulan satu kali. Juga untuk menghindari terjadinya penumpukan kotoran dalam telinga.

Cara Menyembuhkan Telinga Gatal

Untuk menyembuhkan, Anda harus menghilangkan penyebab telinga gatal. Apabila karena jamur, maka Anda harus menghilangkan jamur tersebut. Juga sebaiknya Anda rajin-rajin membersihkan telinga, jangan memakai benda runcing ketika membersihkan telinga. Sebab benda runcing bisa menyebabkan luka goresan ketika Anda membersihkan telinga, jadi berbahaya. Lebih baik menggunakan yang aman saja.

Baca Juga:  Cara Mengatur Volume Suara Yang Nyaman

Sekian artikel tentang bagaimana menyembuhkan telinga gatal. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah yang menjengkelkan ini. Lalu, adakah cara aman membersihkan telinga yang bisa dilakukan? Nantikan info lengkap seputar gangguan kesehatan dan pengobatan herbal – hanya di deherba.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}