Bagaimana Cara Mengatasi Demam Ringan Pada Anak?

426
Google Image

Diedit:

Nah, apa yang bisa Anda lakukan jika suhu tubuh anak dan kondisinya mulai mengkhawatirkan?—terutama saat ia mengalami demam ringan. Memang demam ringan tidak begitu membahayakan dan merupakan cara tubuh melawan infeksi virus ataupun bakteri. Namun bila Anda masih merasa khawatir cobalah cara mengatasi demam ringan pada anak, berikut ini!

Cara Mengatasi Demam Ringan!

Pakaian—Sewaktu anak sakit, orang tua biasanya mengenakan pakaian yang cukup tebal pada anak. Namun, tindakan tersebut keliru. Ingatlah pada saat demam suhu tubuhnya meningkat atau menjadi semakin panas. Maka dari itu untuk menurunkan panas, ada baiknya mengenakan pakaian yang tipis dan menjaga kamar anak tetap sejuk. Kondisi panas yang berlebihan dapat memperparah demam yang di alami anak.

Makanan—Pada saat anak mengalami demam ringan, ia seringkali merasa dehidrasi (kehilangan cairan tubuh), maka ada baiknya agar anak banyak minum air, jus buah encer, maupun sup. Jika anak Anda masih menyusu, tak ada salahnya untuk terus memberikan ASI (air susu ibu). Hindari apapun yang dapat menyebabkan dehidrasi atau diuretik (zat yang mendorong produksi air seni), seperti: kola atau teh.

Obat—Jika kondisi demam anak meningkat lebih dari 38,9 derajat Celsius segera berikan obat penurun panas yang dijual bebas, dengan kandungan asetaminofen atau ibuprofen. Sewaktu memberikan obat tersebut sebaiknya ikuti petunjuk pada label dengan saksama.

Khusus anak usia dibawah 2 tahun, hendaknya mengonsumsi obat yang disarankan dokter. Hindari penggunaan aspirin pada anak usia dibawah 16 tahun, karena dapat memicu sindrom Reye—penyakit saraf akut yang terjadi pada anak setelah mengalami infeksi virus dan menyebabkan kematian. Ingatlah bahwa obat penurun panas tidak bekerja sebagai anti-virus, obat ini bekerja dengan cara mengurangi ketidaknyamanan yang dialami anak.

Baca juga:  10 Cara Meningkatkan Kecerdasan Bayi: Bagian 2

Mandi—Ada mitos yang mengatakan bahwa anak yang demam tidak boleh mandi, namun beberapa pakar justru menyarankan agar mereka tetap menjaga kebersihan pribadi agar virus dan bakteri tidak berkembang, sehingga menyebabkan komplikasi penyakit lainnya. Sewaktu memandikan anak, letakkanlah mereka dalam posisi duduk pada bak yang berisi air hangat, dan usap dengan spons. Hindari penggunaan alkohol antiseptik, karena dapat meracuni mereka.

Saat Anda Memerlukan Bantuan Medis atau Dokter!

Waspada jika demam tidak kunjung reda setelah 3 hari! Selain itu, perhatikan pula jika anak kejang-kejang, terlihat lemah, mengigau (berbicara tanpa sadar saat sedang tidur), sulit bernapas, mengalami diare, leher terasa kaku, dan muntah berulang-kali.

Suhu—batas peningkatan suhu mencapai 38° Celcius pada anak usia 3 bulan kebawah, 38,3° Celcius pada anak usia 3 hingga 6 bulan, 40° Celcius pada anak usia 6 bulan keatas.

Dehidrasi—berikut adalah ciri seorang anak yang mengalami kekurangan cairan, misalnya: menolak asupan cairan, mulut terlihat kering, kehausan, tidak ada air mata yang keluar saat menangis, sakit kepala, pusing, berkurangnya produksi urin dan sulit buang air besar.

Demikianlah cara mengatasi demam ringan pada anak dan sebagai tindakan pencegahan, ada baiknya agar Anda selalu memerhatikan dan mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan pribadi.

Advertisement
Alinesia