Apa yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Disfungsi Seksual?


By Fery Irawan

Gangguan fungsi seksual seringkali disebut dengan disfungsi seksual, tapi seberapa banyak informasi yang Anda ketahui tentang topik ini? Beberapa orang merasa ragu dan malu untuk mencari tahu lebih banyak masalah seksual mereka.

Perasaan tersebut bisa timbul karena kebanyakan orang menganggap tabu atau pantang untuk membicarakan hal ini.

Penghalang mental ini tidak akan membantu Anda dalam mengatasi masalah yang berkaitan dengan seksualitas. Satu hal yang perlu Anda sadari bahwa kesehatan seksual adalah salah satu ciri manusia untuk tetap hidup, sama seperti; makan dan bernapas.

Seperti yang Anda ketahui, bereproduksi adalah hal penting agar manusia tetap hidup dan tidak punah. Jika Anda mengalami masalah seksual, tentu ini akan mempengaruhi setiap segi kehidupan Anda. Jadi apa itu disfungsi seksual?

Fakta yang mengejutkan!

Anda dinyatakan mengalami disfungsi seksual jika ada gangguan yang mempengaruhi kenikmatan, pilihan, keinginan, dan gairah dalam melakukan aktivitas seksual.

Gangguan seksual seperti ini dapat menimpa siapa saja, baik itu pria ataupun wanita. Perlu Anda ketahui, ini berbeda dengan penyakit seksual yang sering Anda dengar seperti; AIDS, gonorhea, dan sipilis.

Gangguan seksual pada pria dapat berupa; ejakulasi dini, disfungsi ereksi dan kondisi sperma yang tidak normal. Sedangkan pada wanita lebih sering mengalami penurunan gairah seksual dan nyeri saat melakukan aktivitas seksual (dyspareunia/vaginismus).

Penyebab gangguan fungsi seksual sering dihubungkan dengan masalah psikologis (emosi dan pikiran), kondisi fisik yang tidak stabil (lelah), komplikasi penyakit yang berkaitan dengan sistem peredaran darah (jantung), dan kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-hari (merokok).

Pengobatan yang di pilih pun bergantung pada masalah yang di alami pasien, ada yang mencoba untuk melakukan operasi (pembedahan pembuluh darah pada penis), beberapa mencoba untuk menggunakan obat-obatan tertentu (obat kuat), dan tak jarang juga yang mengonsumsi herbal.

    • Beragam pengobatan tersebut memang memiliki kelebihan, misalnya seseorang yang melakukan operasi tentu akan lebih cepat merasakan manfaatnya, namun resiko kesalahan dalam penanganan dapat menyebabkan seseorang mengalami masalah kesehatan lainnya.
    • Untuk penggunaan obat-obatan ada juga yang bereaksi langsung, namun sayangnya sifatnya hanya sementara. Obat-obat lainnya malah dapat menyebabkan komplikasi dan memicu timbulnya penyakit. Bagaimana dengan herbal?
    • Obat-obatan herbal dibuat dari bahan-bahan alami tanpa penambahan zat kimia buatan, sehingga dapat di konsumsi dengan aman. Salah satu herbal yang berkhasiat atasi masalah ini adalah Tongkat Ali.

Kelemahannya efek herbal tidak dapat langsung terasa, karena pengobatan herbal bekerja secara bertahap dalam mengembalikan fungsi seksual dan mencari akar permasalahannya, sehingga manfaatnya dapat bertahan lebih lama.

Semua ini bergantung pada pilihan Anda! Jika Anda memutuskan untuk menjaga kesehatan seksual, mulailah dari sekarang dengan mengonsumsi makanan yang menyehatkan seperti; bayam, cokelat, kacang-kacangan, tiram, daging, anggur merah, strawberry, semangka dan buah Noni.

Sama seperti buah jeruk yang mengandung banyak vitamin C, buah Noni yang sudah di olah menjadi Noni juice juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat memperbaiki kualitas dan kuantitas sperma.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}