Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Kami buka kembali tanggal 3 Juli 2017. Pembelian produk tetap bisa dilakukan melalui Lazada.co.id. atau Tokopedia.com. Terima kasih untuk pengertiannya.
Manfaat Meniran Manfaat Meniran Shutterstock

Apa Saja Manfaat Meniran untuk Kesehatan?

Bisa dipastikan bahwa mayoritas masyarakat kita, terutama yang hidupnya di desa-desa, sudah mengetahui seperti apa wujud dari tanaman Meniran. Meniran memang jenis tanaman semak yang mudah ditemukan di sekitar pekarangan rumah, di tepi kampung atau di dalam hutan bersemak. Meniran memang mudah tumbuh di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia.

Meniran merupakan tumbuhan yang memiliki bentuk batang bulat dan basah, dengan tinggi yang kurang dari 50 cm. Daunnya berbentuk sirip genap, dimana dalam setiap tangkainya, memiliki daun majemuk dan berbentuk lonjong.

Bunga Meniran terdapat pada ketiak daun yang menghadap ke arah bawah. Nah, cukup mudah untuk mengidentifikasi tanaman Meniran ini, bukan?

Meskipun tergolong tumbuhan semak, namun jangan anggap enteng Meniran karena sejatinya, tanaman ini memiliki khasiat dan manfaat untuk pengobatan berbagai jenis penyakit.

Banyak sumber kesehatan yang menyatakan bahwa hampir semua bagian pada Meniran berkhasiat untuk pengobatan penyakit seperti anti-piretik atau penurun panas, peluruh batuk, peluruh air seni, dan anti-hepatotoksik.

Bahkan dalam penelitian terbaru, disebutkan bahwa Meniran ini memiliki aktifitas imunomodulator yang sangat berperan dalam memperkuat sistem imun tubuh.

Makanya, jika kita ingin mendapatkan sistem imun tubuh yang kuat, sebaiknya mengonsumsi Meniran secara teratur. Dengan sistem kekebalan tubuh yang terus terjaga secara optimal, kita pun akan luput dari serangan bakteri, virus, dan mikroba lainnya.

Ketika sistem imun di dalam tubuh bekerja berlebihan, maka Meniran akan mengontrolnya untuk menurunkan kerja sistem imun tersebut.

Dan sebaliknya, ketika sistem imun kinerjanya menurun, maka flavonoid yang terkandung di dalam Meniran akan mengirimkan sinyal intraseluler kepada reseptor sel yang dimaksudkan untuk dapat meningkatkan kinerjanya lagi. Flavonoid dalam Meniran juga memiliki efek anti-peradangan.

Sakit Kuning

Untuk mengobati penyakit kuning, maka Anda cukup menyiapkan belasan tanaman Meniran yang terdiri dari batang, daun, dan akar beserta 2 gelas air susu.

Cara membuat ramuannya, tanaman Meniran yang telah dicuci kemudian ditumbuk halus dan direbus dengan air susu yang sebelumnya telah dipersiapkan. Biarkan sampai mendidih. Setelah itu, dinginkan dan saringlah untuk kemudian diminum. Lakukanlah 2-3 kali sehari.

Sakit Malaria

Malaria juga bisa diusahakan penyembuhannya dengan air rebusan Meniran. Anda cukup menyiapkan beberapa batang Meniran, bunga Cengkeh dan Kayu manis. Cuci semua bahan tersebut. Kemudian, tumbuk sampai halus dan rebus sampai mendidih. Saring dan minumlah sebanyak 2 kali sehari.

Sakit Ayan

Kalau ada di antara keluarga yang sering terkena penyakit ayan atau bahkan Anda sendiri, Meniran bisa menjadi solusi pengobatannya. Caranya, cuci bersih belasan batang Meniran.

Kemudian, rebuslah dengan beberapa gelas air sampai akhirnya mendidih. Setelah itu, saringlah dan hasilnya diminum sebanyak ¾ gelas selama 3 hari berturut-turut.

Sakit Demam

Jika Anda atau keluarga sedang mengalami sakit demam, Meniran juga dapat digunakan untuk mengatasinya. Caranya, cuci Meniran yang sudah disediakan. Kemudian, seduh dengan menggunakan air panas. Setelah itu, saring dan minumlah sampai habis.

Beberapa penyakit lainnya juga bisa disembuhkan dengan ramuan Meniran ini seperti batuk, haid yang berlebihan, disentri, korengan, jerawat, dan masih banyak jenis penyakit lainnya. Bagaimana, apakah di antara Anda sudah ada yang pernah mencoba pengobatan dengan Meniran ini?

addfriends en 130
Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »

Log In or Register