Apa Saja Jenis-Jenis Obat yang Menyebabkan Kecanduan?


By Fery Irawan

Pernahkah Anda bertanya, apa sebenarnya yang membuat beberapa orang menjadi ketagihan atau kecanduan obat? Lalu, bagaimana mereka dapat memperoleh obat resep dengan begitu mudah dan menyalahgunakannya? Apa alasan mereka melakukan hal ini? Obat jenis apa saja yang sering disalahgunakan? Mari kita ulas, satu persatu dalam artikel ini!

Ya, beberapa orang yang menyalahgunakan obat seringkali berupaya memperoleh sensasi high. Keinginan yang kuat ini membuat seseorang berupaya mendapatkan obat dengan cara apapun.

Mengapa penyalahgunaan obat resep ini menarik bagi kebanyakan orang?

Setidaknya, ada 3 hal yang membantu Anda menyadari alasan mereka melakukan tindakan tersebut. Pertama, obat-obatan yang mencandu ini sangat mudah didapatkan, bisa jadi di rumah Anda sendiri sudah tersedia. Kedua, banyak remaja yang menggunakan obat tanpa resep mengira bahwa ini bukanlah sesuatu yang dilarang. Ketiga, banyak remaja merasa bahwa obat ini aman sehingga mereka terus mengonsumsinya.

Jenis obat apa saja yang sering disalahgunakan oleh kebanyakan orang?

Ada 3 jenis obat, yaitu: Obat yang sering digunakan untuk meredakan nyeri. Obat yang memengaruhi sistem saraf pusat guna mengatasi rasa cemas atau sulit tidur, obat jenis ini sering disebut sebagai obat penenang. Stimulan yang digunakan bagi penderita hiperaktif (ADHD), bagi mereka yang mengalami gangguan tidur narkolepsi, atau mengalami obesitas.

Adakah, bahan-bahan lainnya yang juga memiliki sifat mencandu?

Sebenarnya tidak hanya obat-obat resep saja yang dapat mencandu, beberapa kandungan bahan kimia dalam produk rumah tangga atau kosmetik juga dapat menyebabkan ketagihan. Beberapa orang gemar menghirup cairan pembersih, cat kuku, pernis, bensin, lem, cat semprot, minyak angin dan bahan-bahan lain yang mudah menguap. Uap atau gas yang dihirup langsung terserap dalam darah dan segera menenangkan.

Selain itu, konsumsi obat bebas yang mengandung alkohol atau merangsang kantuk juga sering digunakan. Obat-obatan tersebut memiliki efek samping yang memengaruhi indera pendengaran dan penglihatan, juga menyebabkan pusing, halusinasi, mati rasa, dan bahkan nyeri lambung.

Cara aman menggunakan obat resep!

  • Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sewaktu hendak mengubah dosis obat atau menghentikan penggunaan obat resep. Begitu pula jika Anda pernah menyalahgunakan obat dengan kandungan tertentu.
  • Baca baik-baik petunjuk pemakaian, jangan melumatkan atau memecah pil seenaknya, sekalipun Anda sulit menelannya.
  • Beberapa obat dapat menyebabkan kantuk, oleh karena itu ada baiknya untuk berhati-hati dalam melakukan aktivitas setelah minum obat.
  • Ada baiknya untuk mencari tahu cara kerja obat atau reaksinya terhadap alkohol dan obat lainnya, ini berlaku bagi obat resep atau yang dijual bebas.
  • Ingatlah, kondisi Anda dan orang lain berbeda oleh sebab itu jangan gunakan obat yang diresepkan bagi orang lain dan jangan berikan obat yang Anda konsumsi kepada orang lain.
  • Jika Anda menggunakan obat-obatan untuk mengatasi masalah kesehatan, ada baiknya untuk mengikuti petunjuk yang diberikan dengan teliti agar tidak kecanduan.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}