Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Obat Herbal Tetanus Obat Herbal Tetanus

Apa Obat Herbal Tetanus Terbaik?

Obat herbal tetanus bisa menjadi solusi pilihan tambahan untuk mereka yang mengalami serangan tetanus. Karena rupanya penyakit yang kerap dipandang sebelah mata oleh masyarakat modern ini ternyata bisa sangat mematikan bahkan dalam tempo yang relatif singkat.

Masyarakat modern sering mengira mereka sudah terbebas dari tetanus, karena di masa kecilnya sudah menjalankan vaksinasi DPT yang memberi imunitas terhadap bakteri Clostridium tetani, kuman penyebab Tetanus.

Padahal untuk bisa menjadi imun terhadap tetanus, seseorang perlu merampungkan paket vaksinasi tetanus sampai usia 10 tahun dan terus mengulang vaksin setiap 10 tahun sekali. Artinya tidak dapat dipastikan sebaik apa kualitas imun Anda terhadap bakteri C. tetani.

Sementara itu, tingkat risiko kematian dari tetanus relatif tinggi. Kadang kematian bisa muncul hanya dalam tempo beberapa minggu. Sehingga kerap kali kasus kematian terjadi hanya karena ketidaksadaran dan keterlambatan dalam pengambilan tindakan.

Itu sebabnya penting untuk Anda memahami apa saja gejala dan penyebab dari serangan tetanus. Serta memahami dengan baik apa tindakan terbaik untuk mengatasi tetanus termasuk solusi alternatifnya menggunakan obat herbal tetanus.

Apa Gejala dan Penyebab Tetanus?


Secara umum penyebab dari tetanus adalah serangan dari bakteri Clostridium tetani. Bakteri ini hidup secara bebas di berbagai media kotor, seperti pada tanah, debu, karat, besi, sampai pada gigi hewan. Itu sebabnya penting bagi Anda memastikan menjalani suntikan dengan alat suntik bebas steril, karena salah satu kasus tertinggi dari tetanus berasal dari proses tato dan penggunaan jarum suntik bergantian. Anda juga perlu waspada apabila tergigit hewan liar maupun peliharaan.

Kontak langsung antara darah dan luka dengan bakteri C. tetani ini kemudian menyebabkan bakteri masuk ke dalam aliran darah. Bakteri cenderung mencari area sel saraf sembari menyebarkan neurotoksin yang berbahaya bernama Tetanospamin. Neurotoksin ini akan menyebabkan terjadinya kejang otot karena fungsi-fungsi saraf dan otot bekerja secara abnormal.

Biasanya penyakit ini mengalami inkubasi selama 1 mingguan dalam tubuh untuk kemudian gejala awal terbaca, yakni demam disertai rasa kaku otot pada area yang terkena luka. Biasanya mereka yang sudah terlindungi oleh tetanus akan lebih kebal sehingga lolos dari masa inkubasi. Sekalipun bakteri masih mampu menerobos daya tahan tubuh, kemungkinan untuk selamat dan terhindar dari kematian masih sangat tinggi.

Namun kondisi akan memburuk ketika pasien mulai mengalami kekejangan pada area perut yang bisa jadi juga berarti adanya disfungsi otot pada area pencernaan. Atau kejang otot pada leher yang menyebabkan pasien tidak lagi bisa menggerakan otot lehernya untuk menelan dan bernapas. Hingga akhirnya terjadi lockjaw atau gejala dimana mulut mengalami kekakuan dan tidak bisa dibuka.

Dan pada akhirnya kondisi tetanus menjadi akut saat kejang mencapai pada area dada sehingga menghentikan detak jantung. Itu sebabnya, kebanyakan pasien akhirnya hanya mampu bertahan tak lebih dari 4 minggu, setelah masa inkubasi pertama.

Sementara itu, bagi mereka yang bisa melalui masa kritis 3 minggu, untuk bisa kembali pulih total dari serangan tetanus biasanya harus melalui proses penyembuhan sampai 16 minggu. Ini proses panjang yang kadang juga menyisakan cacat pada sel otot.

Adakah Obat Herbal Tetanus yang Efektif?


Salah satu masalah dari serangan tetanus adalah sumber masalahnya yang kerap kali berawal dari luka. Dan kadang luka yang muncul bisa saja terjadi ketika tengah berlibur atau dalam perjalanan sehingga menyulitkan seseorang menjalani perawatan intensif secara medis.

Pada beberapa informasi yang berhasil dihimpun, salah satu pertolongan pertama dalam menghadapi luka yang diduga rentan terhadap bakteri C. tetani adalah dengan mengusapkan Castor oil untuk mematikan serangan bakteri lebih dini. Upaya pemberian alkohol untuk mensterilkan luka juga bisa Anda lakukan. Sebelumnya, tekan luka supaya darah yang ada disekitar luka bisa keluar sehingga menekan risiko darah yang sudah terinfeksi bakteri akan meracuni darah di sekitarnya.

Namun bila gejala tetanus mulai muncul, perlu langkah intensif untuk mengatasi racun saraf dari bakteri ini menyebar dan mengacaukan fungsi saraf dan otot. Jadi di sini penting untuk memilih obat herbal tetanus yang memiliki dua manfaat, yakni sebagai anti bakteri yang mampu melawan secara aktif bakteri C. tetani juga memiliki sifat anti toksin untuk membantu membersihkan racun tetanospamin dari dalam aliran darah.

Beberapa informasi muncul mengenai manfaat akar mengkudu dalam mengatasi tetanus karena memiliki kemampuan penenang, rangsang saraf juga kandungan anti biotik alami memiliki khasiat baik mengusir bakteri C. tetani. Namun belum dapat kami temukan informasi mengenai resep ramuan dengan bahan baku akar mengkudu.

Selain akar mengkudu, terdapat juga bahan herbal lain yang dikenal berkhasiat untuk mengatasi tetanus yakni daun ngokilo. Berikut resep obat herbal tetanus tradisional yang menggunakan bahan baku daun ngokilo.

Solusi Obat Herbal Tetanus


Bahan baku:

Asam trengguli 3 rimpang, bangle ½ rimpang, kencur 2 rimpang, daun ngokilo 5 lembar, daun sembung 10 lembar, gula aren

Cara membuat:

Campur semua bahan yang sudah dikuliti, dicuci, dan dibersihkan ke dalam air sebanyak 4 gelas. Masak dengan api sedang sampai sisa 3 gelas. Saring dan minum sebanyak 3 kali

Dengan pemberian obat herbal tetanus, Anda bisa membantu mengatasi tetanus lebih cepat dan lebih efektif. Serta tentu saja membantu menurunkan risiko kematian dan kecacatan permanen yang menghantui pasien tetanus. Herbal dapat bermanfaat sebagai pendamping obat medis ataupun sebagai pengobatan tunggal pada stadium awal.

FOLLOW US:
instagramsms

Log In or Register