Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Obat Herbal Sinusitis Obat Herbal Sinusitis

Apa Obat Herbal Sinusitis Terbaik?

Tak banyak orang mengenal penyakit ini, padahal sebenarnya banyak orang yang diam-diam pernah mengalaminya. Karena dianggap sebagai keluhan flu biasa, mereka mengabaikannya sampai pada satu titik kondisi nyeri yang muncul menjadi memburuk sampai akhirnya disadari yang dialaminya bukan flu biasa, melainkan sinusitis.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai obat herbal sinusitisuntuk mengetahui solusi pengobatan alternatif dan pendamping dari pengobatan medis. Setidaknya dengan solusi alternatif ini, diharapkan bisa membantu Anda mencegah serangan sinusits kronis yang sifatnya kambuhan, atau komplikasi berat yang akan sangat menganggu kesehatan secara lebih fatal.

Pasalnya kalau sudah sampai di taraf ini, biasanya dokter akan melakukan pembedahan khusus untuk mengembalikan fungsi sinus yang sudah meradang. Dan meski hanya tindakan pembedahan hidung, namun ini termasuk operasi skala medium mengingat lokasinya yang dekat dengan otak.

Memahami Penyakit Sinusitis


Sebenarnya sinusitis adalah serangan radang pada area sinus di batang hidung. Sinus sendiri merupakan sebuah organ kecil yang berbentuk rongga udara dan berada di sekitaran wajah. Mulai dari di belakang dahi, dekat telinga dan tulang pipi, di belakang mata dan di pangkal batang hidung.

Di hidung sendiri fungsi sinus sebagai pengatur suhu dan kelembaban udara yang masuk menuju paru-paru. Sinus juga bisa berlaku sebagai bentuk lain dari tonsil yang pada area tenggorokan beralih bentuk menjadi amandel. Karena sinus juga berfungsi sebagai penyaring masuknya kotoran, virus dan bakteri dan kuman menuju area pernafasan. Biasanya sinus akan mengeluarkan lendir sebagai reaksi terhadap masuknya kotoran atau kuman.

Dan kerap kali ketika seseorang mengalami serangan flu, dengan gejala utama pilek yang berat, sinus ini akan sedikit membengkak disertai rasa linu ringan di area pangkal hidung dekat mata. Namun bila rasa nyeri ini sampai membuat kepala terasa sakit, terutama di area tepi dahi dan atas hidung, juga terasa seolah hidung diberi gantungan yang membuatnya terasa sangat berat serta nyeri serperti ditusuk-tusuk, bisa jadi Anda mengalami serangan sinusitis (atau radang sinus).

Radang ini biasanya efek dari ketidakmampuan sinus melawan serangan virus atau bakteri flu sehingga akhirnya malah virus/bakteri ini menyerang area sinus itu sendiri. Dalam taraf radang, biasanya sinus mengeluarkan lendir yang berwarna keruh kekuningan atau malah kehijauan yang kadang beraroma amis.

Bila serangan sinusitis hanya bersifat endemik biasa, maka dalam waktu beberapa minggu keluhan nyeri ini akan sembuh. Memang penyembuhan dari sinusitis tidak secepat penyembuhan pilek pada umumnya.

Kalau dalam 3 bulan rasa nyeri tak kunjung sembuh, Anda perlu khawatir. Karena bisa jadi masalah akan beranjak menjadi lebih serius. Seperti terjadinya kebocoran dinding sinus yang menyebabkan virus atau bakteri menyebar ke sel sekitar hidung, misalnya mata dan area sel wajah. Dan yang lebih berbahaya apabila menyerang area otak depan.

Selain itu, biasanya ketika terjadi sinusitis sampai bulanan, akan terjadi kerusakan sel permanen yang memicu melebarnya rongga udara dalam sinus sehingga area ini akan membesar secara permanen. Meski pembesarannya cenderung tipis karena tertahan tulang batang hidung. Ini akan membuat sinusitis menjadi masalah kambuhan yang menyerang Anda berkala.

Bagaimana Mengatasi Sinusitis dengan

Obat Herbal Sinusitis?


Biasanya secara medis, dokter akan memberikan resep obat antiinflamasi dan antibiotik untuk mengatasi peradangan, meredakan nyeri, dan membantu menyingkirkan virus atau bakteri yang menyerang area sinus. Tetapi kalau cara ini tidak jitu dan kondisi memburuk, kadang dokter harus menjalankan operasi pembedahan untuk membantu mengembalikan fungsi sinus.

Sesuai penjelasan di atas, operasi pembedahan sinus bukan jenis operasi kecil tanpa risiko. Risiko bisa mengancam mengingat lokasi hidung yang cukup rentan dekat dengan organ penting lain semacam mata dan otak depan.

Maka bila memungkinkan sebaiknya Anda perlu berupaya agar kondisi sinusitis ini tidak menjadi demikian berat sampai harus mendapat tindakan pembedahan. Dan salah satu caranya adalah dengan menjajal terapi obat herbal sinusitis. Berikut adalah sejumlah cara sederhana untuk mengatasi sinusitis.

Uap hangat
Banyak terapi tradisional menyarankan terapi uap dengan rempah hangat. Misalkan saja dengan uap daun mint, uap daun eucalyptus, uap jahe dan masih jenis-jenis serupa. Anda harus memasak rempah sampai mendidih dan membuat Anda menghirup uapnya dalam-dalam, uap ini akan menghangatkan hidung dan membantu lebih berlendir. Tambahkan daun sirihuntuk mendapatkan manfaat antibiotik alami.

Makanan pedas
Di Jepang, Anda akan disarankan memakan banyak wasabi yang memiliki rasa pedas tajam untuk membuat Anda lebih banyak menghasilkan lendir hidung. Ini akan membantu Anda meredakan rasa nyeri. Hal serupa bisa Anda dapatkan dengan memakan sambal atau rujak dengan rasa pedas yang kuat. Makanan pedas, selain mengandung minyak atsiri tinggi yang memicu lendir, juga mengandung vitamin C dan antibiotik alami yang efektif meningkatkan imunitas Anda.

Selain dengan dua cara sederhana di atas, Anda bisa meminum ramuan obat herbal sinusitis yang dirujuk dari resep dokter Hembing, salah satu pakar herbal Indonesia, sebagai berikut ini :

  • 1 buah belimbingmanis
  • 1 buah Noni mengkal (matang masih belum benyek)
  • 10 gram jahe
  • 75 gram kaktus
  • 7 buah cengkeh
  • 1 sendok makan madu

Cara Membuat:

  • Masukan blimbing manis, jahe, kaktus, Noni dan cengkeh ke dalam air 600 ml
  • Kemudian rebus hingga airnya tesisa setengah, kemudian minum hangat-hangat 2 kali sehari dengan tambahan madu secukupnya.

Itulah tadi beberapa informasi terkait penyakit sinusitis dan bagaimana cara tradisional mengatasinya dengan obat herbal sinusitis yang berbahan alami. Tak ada salahnya menjajal cara tradisional yang alami dulu sebelum Anda mencoba mengunjungi dokter. Karena bagaimanapun ramuan tradisional lebih alami dan biasanya tidak memiliki efek samping.

FOLLOW US:
instagramsms

Log In or Register